10 Hal Penting Yang Harus Diketahui Tentang SEO

8 Likes Comment
hal penting tentang SEO

Dalam SEO, sebenarnya adalah banyak hal penting yang harus diketahui. Hal-hal inilah yang akan membantu anda untuk lebih memahami tentang SEO dan bagaimana menerapkannya.

Disisi lain, mempelajari SEO dan teknik-tekniknya adalah sebuah proses berkelanjutan. Proses sifatnya dinamis dan terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Perubahan ini bisa disebabkan oleh faktor perilaku pengguna, logaritma yang diterapkan mesin pencari, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, agar bisa memahami tentang cara kerja SEO, patut juga mengetahui poin-poin intinya. Poin-poin inilah yang akan membentuk pemahaman anda tentang apa itu SEO dan bagaimana menerapakannya.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan diulas tentang hal-hal yang perlu diketahui tentang SEO, yang mungkin bisa menambah pengetahuan anda seputar SEO dan bagaimana menerapkannya di Blog.

10 Hal Penting Yang Harus Diketahui Tentang SEO

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 10 hal penting yang harus diketahui tentang SEO. Fakta penting apa saja itu? Berikut daftarnya untuk anda.

1. Featured Snipped tidak secara otomatis menempatkan konten anda di peringkat pertama

Misalnya begini, pernah gak anda menelusuri sebuah keyword dimana search resultnya menampilkan sebuah cuplikan kaya yang berisi ringkasan artikel suatu blog?

Saya yakin pernah ya. Karena saya juga sering mendapati hal ini. Jika anda belum pernah lihat, saya berikan contohnya pada gambar dibawah ini:

Hal Penting tenang Seo

Sudah lihat gambar diatas? Itulah yang disebut dengan featured Snipped atau cuplikan kaya. Dan ternyata, cuplikan kaya ini tidak mempengaruhi peringkat halaman secara langsung.

Maksudnya gini, meskipun ada satu artikel anda yang berhasil masuk pada cuplikan kaya ini, namun secara umum, halaman lain di blog tidak terpengaruh.

Hanya saja, cuplikan kaya ini memungkinkan anda untuk memperoleh trafik yang lebih besar atau lebih tinggi dibanding sebelumnya, khusus pada artikel tersebut.

Dalam beberapa waktu kedepan, kemungkinan cuplikan kaya akan mengalami perubahan, terutama dari segi deskripsi dan tampilan.

2. Menepatkan video di beranda bisa meningkatkan peluang blog untuk memperoleh posisi yang lebih baik di SERPs

Dulunya saya tidak percaya soal ini karena saya hanya menganggap hal ini sebagai mitos SEO. Namun ternyata anggapan tersebut keliru dan sudah banyak pakar SEO yang membuktikannya.

Perlu saya tekankan lagi, video tersebut bukan didalam postingan ya, tetapi di beranda blog. Artinya, video tersebut harus muncul pada saat membuka menu Home.

Masih belum percaya? Coba baca riset SEO marketing yang dilakukan oleh AimClear, dimana mereka menemukan bahwa video dapat meningkatkan peringkat halaman.

Alasan juga cukup sederhana, karena video bisa meningkatkan respon pengunjung pada konten, dan juga menambah waktu tunggu saat berada di blog.

3. Kedekatan adalah faktor utama SEO

Pada poin ketiga ini, saya lebih menekankan pada SEO lokal. Dimana, pemilik bisnis harus bisa memaksimalkan hal ini untuk memperoleh pelanggan.

Ini juga yang menjadi alasan mengapa harus memilih wilayah Demografi di Search Console sekaligus untuk memantapkan target demografi keyword yang ditargetkan.

Kan gak mungkin juga anda menargetkan keyword Makanan khas Makassar justru yang muncul Spaghetti di Guadalupe sana.

Oleh karena itu, pengoptimalan kata kunci harus menyesuaikan dengan faktor kedekatan. Faktor kedekatan ini lebih mengarah pada wilayah demografi secara nasional atau wilayah teritorial resmi.

4. Salah satu indikator peringkat adalah popularitas

Saya punya analogi untuk hal ini. Misalnya, anda menggunakan Google untuk mencari konser Amal terbaik pada bulan ini.

Search result akan menampilkan beberapa hasil konser amal, namun, pada hasil pertama yang ditampilkan merupakan acara konser yang paling populer.

Sinyal popularitas ini didapat dari banyaknya orang yang akan hadir pada acara tersebut, respon orang lain, jumlah share dan lain sebagainya.

Kasus ini juga berlaku untuk konten anda di mesin telusur. Jadi semakin populer konten anda, dalam artian semakin banyak di kunjungi oleh orang, peluangnya untuk tampil di peringkat pertama Google semakin tinggi.

Jadi, sebagai blogger, jangan pernah remehkan faktor promosi. Faktor ini sangat penting untuk mendukung popularitas blog.

Anda bisa promosi di media sosial, lewat backlink, bergabung ke forum, berkomentar dan lain sebagainya.

5. Ada tim profesional yang akan mengevaluasi kualitas hasil pencarian

Kebanyakan orang berpikir bahwa semua keyword yang ditargetkan itu, baik yang populer atau tidak, ditentukan oleh mesin dan bukan manusia.

Hal ini keliru besar. Karena, Google punya tim profesional yang akan melakukan evaluasi secara berkala untuk terus meningkatkan kualitas hasil pencarian.

Jadi, biarpun blog anda berada di posisi pertama pencarian Google, setelah di evaluasi oleh tim dan blog anda disebut tidak layak, maka anda sudah tahu kan dampaknya?

Dan Google sangat serius untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian ini, Salah satu faktor pendukungnya adalah mereka sudah merekrut hampir 40.000 orang untuk melakukan pekerjaan ini. Evaluasi biasanya akan dilakukan per triwulan. Paling lama per tahun.

6. Konten duplikat tidak akan dapat sanksi dari Google

Banyak yang mengatakan bahwa apabila membuat konten duplikat atau copy paste, maka bisa saja blog anda di black list di search engine.

Faktanya tidak seperti itu. Google gak setega itu juga. Mereka hanya tidak memprioritaskan konten duplikat ini untuk masuk ke halaman 1, 2, dan 3.

Baca Juga : Cara Blokir Backlink Spam Yang Masuk Ke Blog

Yang berarti, blog anda bisa saja berada di posisi terakhir search result untuk keyword yang sudah anda targetkan sebelumnya.

Juga, tidak semua konten duplikat sifatnya manipulatif. Itulah sebabnya, meskipun ada konten duplikat, anda tidak akan mendapat teguran, saksi, hukuman, penalti, hingga black list dari mesin telusur.

Jadi kalau ada blogger lain yang bilang ini itu, sebaiknya jangan percaya. Karena bisa saja hanya asumsi atau pendapat pribadi dari blogger tersebut.

7. Semua file yang ada di postingan bisa di deteksi oleh Google

Di search result Google, semua hanya ditampilkan dalam bentuk teks saja. Mulai dari judul, tautan atau link serta deskripsi singkat postingan.

Sebenarnya, Google sendiri punya tools untuk mengidentifikasi semua file yang ada didalam postingan, seperti misalnya gambar dan juga video.

Untuk gambar misalnya, Google punya API Cloud vision yang dikembangkan dengan tujuan untuk melakukan analisis bagian teks yang terdapat pada sebuah gambar.

Baca Juga : 8 Hal Yang Harus Segera Diatasi Jika Ingin Menjadi Blogger Yang Sukses

Singkatnya, fitur ini memungkinkan Google untuk mendeteksi title dan alt text pada gambar, metadatanya, ukurannya, formatnya dan lain sebagainya.

Semua data-data ini kemudian terakumulasi menjadi nilai apakah blog anda bisa dan layak masuk di halaman pertama atau tidak. Kira-kira begitu!

8. Selain video, Google+ juga bisa meningkatkan posisi blog di search engine

Sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan menunjukan bahwa tautan share dan saham di Google+ memiliki korelasi untuk meningkatkan posisi artikel di Serps.

Hal ini disebabkan karena interaksi platform media sosial yang populer seperti Facebook, LinkedIn, Pinterest tidak berdampak pada posisi SERPs, selain Google+.

Per April 2019, Google+ sudah tidak lagi beroperasi lagi. Layanan ini telah dihentikan oleh Google karena rasio penggunaan yang rendah dan bocornya jutaan data pengguna.

9. Peringkat tanpa backlink

Pernah gak anda berpikir, bisa kah blog saya memperoleh peringkat di halaman pertama tanpa backlink, tautan dan lain sebagainya? Bisa dan Google sudah mengarah ke sana.

Sebenarnya, ide ini dipopulerkan oleh Yandex, salah satu Search Engine paling populer di Rusia. Yandex tidak mempertimbangkan tautan ini untuk faktor peringkat, melainkan kualitas.

Meski demikian, mungkin Google masih butuh waktu lama untuk menerapkan hal ini. Dan hingga kini, backlink masih menjadi salah satu faktor penentu untuk perolehan peringkat di SERPs.

10. Hanya dua situs berbasis konten yang masuk dalam daftar 10 situs terpopuler di dunia

Dua situs berbasis konten tersebut adalah Wikipedia dan juga Youtube. Sisanya, diisi oleh mesin pencari, platform e Commerce, media sosial dan lain sebagainya.

Daftar 10 situs terpopuler di dunia itu antara lain:

  • Google
  • Youtube
  • Facebook
  • Baidu
  • Wikipedia
  • Qq
  • Amazon
  • Taobao
  • Yahoo
  • Tmall

Dari sini ada gak yang terpikirkan di benak anda? Kalau saya sendiri, daftar situs ini seolah hendak mengatakan bahwa situs yang paling sering dikunjungi ini merupakan jejaring sosial, interaksi, alat dan terakhir konten.

Jadi, apabila situs anda fokus ke konten, coba buat lebih bernilai lagi. Seperti misalnya membuat tools dan mungkin juga forum komunitas khusus untuk pengunjung.

Penutup

Seperti yang sudah dijelaskan pada kalimat pembuka diatas, SEO bukanlah ilmu pasti. Dengan demikian, fakta-fakta diatas juga bisa berubah.

Demikian artikel tentang 10 hal penting yang harus diketahui tentang SEO. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *