Inilah 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

5 Likes Comment
hacker paling berbahaya sepanjang sejarah

Menurut anda siapakah hacker paling berbahaya saat ini? Mungkin anda punya jawaban yang berbeda-beda. Tapi, bagaimana dengan hacker paling berbahaya dalam sejarah? daftar dibawah adalah jawabannya. Mereka di kenal dunia sebagai peretas paling berbahaya dalam sejarah.

Aktivitas Hacker mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda. Biasanya Aktivitas ini menujukan suatu kegiatan manusia untuk membobol sebuah jaringan komputer dengan tujuan-tujuan tertentu atau untuk memperoleh informasi sensitif lainnya. Tak heran, banyak dari mereka yang berakhir dipenjara dalam waktu yang lama.

Tapi, pernahkah terlintas dibenak kita pertanyaan tentang siapa hacker paling berbahaya? Mungkin kita punya jawaban yang berbeda soal ini, namun jika dilihat dari segi kerugian hingga aktivitas hacking yang dilakukan, daftar dibawah ini mampu mewakili pertanyaan diatas.

10 Hacker Paling Berbahaya Dalam Sejarah

Lalu siapa saja hacker paling berbahaya dalam sejarah? Pasti penasaran kan? Nah berikut disajikan daftar 10 hacker paling berbahaya sepanjang sejarah.

10. Sven Jaschan

Perkenalkan, 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah
via trello.com

Urutan Ke 10 ini diisi oleh seorang pembuat Virus beraman Sven Jaschan. Ia membuat virus bernama Netsky dan Sasser pada tahun 2004 ketika ia masih remaja. Virus yang dibuatnya itu menginfeksi 70% jaringan komputer melalui internet.

Meski di vonis bersalah, hukuman Jaschan ditangguhkan oleh pengadilan dan mendapat perlindungan dengan berbagai alasan yang sampai hari ini sulit diketahui secara pasti.

9. David L. Smith

Perkenalkan, 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah
via nakedsecurity.shophos.com

Sama seperti Jaschan, urutan ke-9 juga diisi oleh seorang pembuat virus. Smith adalah pembuat virus Melissa yang merupakan virus pertama di dunia yang sukses didistribusikan di grub diskusi Usenet.

Baca Juga :  10 Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

Bentuk asli virus dikirim lewat email lalu disebarkan di internet. Akibat dari ulahnya itu, Smith ditangkap oleh polisi dan di vonis bersalah oleh pengadilan lalu dipenjara. Virus melissa telah merusak rangkaian jaringan nirkabel yang ketika dijumlahkan kerugiannya mancapai 80 Juta US Dollar.

8. Master of Deception (MOD)

10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

MOD atau dalam bahasa Indonesia berarti Para Master Penipuan merupakan salah satu kelompok peretas elit asal New York. Skandal utama mereka adalah mampu meretas jaringan telepon seluler.

Sampai hari ini, semua anggota MOD mereka tidak diketahui dengan jelas. Aksi mereka dimulai pada tahun 1980-an dan baru terungkap 12 tahun kemudian, yakni pada tahun 1992. Banyak dari anggota MOD terbukti bersalah dan di penjara.

Setelah aksi mereka terungkap, beberapa anggota MOD kemudian membentuk grup baru bernama Legion of Doom (LOD). Beberapa dari mereka masih aktif hingga hari ini.

7. Robert Tappan Morris

10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah
via limn.it

Pada november 1998 sebuah virus komputer menginfeksi sejumlah komputer di Universitas Cornell, setelah di telusuri virus tersebut telah menginfeksi sekitar 6.000 mesin UNIX utama, memperlambat kinerja mesin tersebut sampai menyebabkan kerusakan total yang ketika diperkirakan kerugiannya mencapai jutaan US Dollar.

Baca Juga : 8 Jenis Hacker Yang Wajib Kamu Ketahui

Setelah ditelusuri virus tersebut di buat oleh Robert Tappan Morris. Virus ini merupakan generasi baru di zamannya. Akibatnya, Robert Tappan Morris menjadi orang pertama yang dipenjara karena virus komputer dengan alasan penyalahgunaan dan penipuan.

Meski sebenarnya, tujuan Morris membuat virus tersebut untuk mengukur batasan internet tidak menyelamatkan Morris dari hukuman penjara.

6. Michael Calce

Perkenalkan, 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah
Via globalne.ws.ca

Saat masih 15 tahun, Calce telah berhasil meretas beberapa situs web komersial seperti EBay, Amazon dan Yahoo. Situs tersebut ia retas pada 14 Februari 2000 tepat di hari valentine dengan nama alias MafiaBoy.

Tindakan tersebut membuat Calce di penjara selama 8 bulan, 1 tahun masa percobaan, denda dan tidak boleh menggunakan internet dalam waktu yang ditentukan oleh Pengadilan.

5. Loyd Blankenship

Perkenalkan, 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah
via soldierx.com

Blankenship merupakan anggota dari kelompok elit hacker yang terkenal pada tahun 1980-an, Legion of Doom (LOD), yang berjuang untuk supremasi online melawan para master penipuan atau MOD.

Ia menulis manifesto hacker, yang berisi ungkapan hati seorang hacker setelah ia ditangkap pada tahun 1986. Manifesto ini menyatakan bahwa satu-satunya kejahatan hacker adalah rasa ingin tahu dan merupakan panduan moral hacker hari ini. Manifesto ini juga merupakan filosofi bagi para peretas.

Baca Juga : Perbedaan Antara Hacker dan Cracker

Majalah Phrack kemudian mengangkat kisah Blankenship, yang merupakan inspirasi dari film Hacker. Film Hacker ini di bintangi oleh Angelina Jolie dan sukses menyita perhatian pencinta film sains fiksi pada tahun 1995. Hingga hari ini, film tersebut masih sering diputar di layar kaca.

Sebagai anggota dari Legion of Doom (LOD), ia merupakan generasi kedua dari kelompok tersebut, LOD merupakan kelompok hacker yang berdiri pada tahun 1984, yang sering melakukan pengalihan jaringan telepon, menyalin informasi–informasi milik berbagai perusahaan dan menyebarkan panduan hacking di kalangan hacker itu sendiri. Ia juga dikenal dengan sebutan ‘the mentor’.

4. Steve Wozniak

Perkenalkan, 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah
via bittmint.com

Siapa yang tidak kenal dengannya? Pengguna telepon seluler Apple pasti tak asing lagi dengan nama ini. Bagaimana tidak? Wozniak merupakan salah satu pendiri Perusahan Apple selain Steven Jobs.

Wozniak memulai karirnya sebagai hacker dengan meretas telepon seluler, melakukan candaan telepon atau ‘prank‘, sampai Phreaking atau menggunakan jaringan telepon tanpa membayar sepeser apapun.

Baca Juga : Apa itu Retas, Peretas Dan Peretasan?

Saat masih berstatus sebagai mahasiswa, ia membuat perangkat seluler untuk teman-temanya bernama Blue Box (BB) yang memungkinkan para pengguna BB dapat melakukan panggilan secara gratis. Bahkan, menurut penuturan beberapa orang, Wozniak menggunakan BB untuk menghubungi Sri Paus melalui telepon.

Meski tergolong mahasiswa yang cerdas, Wozniak memilih keluar dari universitas dan mulai bekerja secara mandiri. Tak lama kemudian, Ia dan Steven Jobs dipertemukan, lalu membuat Apple Komputer generasi pertama.

3. Adrian Lamo

Perkenalkan, 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah
via zdnet.com

Ia dikenal sebagai ‘Hacker Tunawisma’ karena gemar merates sebuah jaringan komputer di Kedai Kopi, Perpustakaan, Kafe Internet (Warnet). Uniknya, setelah berhasil meretas.

Lamo kemudian melaporkan kepada perusahaan tentang kerentanan sistem komputer milik mereka. Terakhir, Lamo bekerja sebagai seorang Jurnalis di New York Times, dan menjadi tokoh yang disegani disana.

2. Kevin Poulsen

10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah
via kepplerspeakers.com

Di urutan ke-2 diisi oleh Poulsen. Poulsen dikenal karena berhasil meretas jalur telepon salah stasiun radio Los Angeles, Kiss-FM hanya untuk memastikan ia menjadi penelepon ke-102 dan menjadi pemenang sebuah kompetisi dari Radio tersebut dengan hadiah utama adalah satu unit mobil Porsche.

Baca Juga : 5 Aplikasi Chat Dengan Tingkat Keamanan Paling Tinggi

Saat melakukan aktivitasnya, Poulsen menggunakan nama alias Dark Dante. Polisi mulai mengejar Poulsen setelah ia meretas database polisi.

Keseriusan polisi mengejar Poulsen terlihat setelah wajahnya muncul di Televisi Amerika Serikat sebagai Buronan. Poulsen berhasil ditangkap, lalu di penjara. Setelah keluar penjara, Poulsen memilih menjadi Jurnalis.

1. Kevin Mitnick

Perkenalkan, 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah
screenshoot Youtube

Urutan 1 sebagai hacker paling berbahaya di isi oleh Kevin Mitnick. Mitnick mungkin merupakan hacker paling berbahaya di generasinya. Departemen Kehakiman AS bahkan menyebut Mitnick sebagai ‘Penjahat Komputer Paling Di Cari Dalam Sejarah Amerika Serikat‘.

Ia memiliki Julukan ‘Hacker Poster Boy’. Mitnick diduga meretas sejumlah sistem komputer beberapa perusahan telekomunikasi seperti Nokia, Fujitsu dan Motorola.

Mitnick ditangkap FBI pada tahun 1995 dan dipenjara selama 5 tahun setelah terbukti bersalah. Meski demikian, ia tak mau disebut sebagai Hacker, malah ia menyebut aktivitas hackernya sebagai ‘Rekayasa Sosial’.

Penutup

Meretas sistem komputer adalah suatu kegiatan ilegal tidak lantas menutup kemungkinan tindakan ini tidak dilakukan di kemudian hari.

Hacking adalah kemampuan yang jarang dimiliki oleh manusia, dalam beberapa kasus meretas justru memberikan keuntungan dari sisi intelektual dan ekonomi, tetapi bagaimanapun meretas komputer orang lain adalah suatu tindakan ilegal yang tidak boleh dilakukan oleh manusia.

Pertanyaan siapa hacker paling berbahaya mungkin kita punya jawaban yang berbeda-beda, tetapi beberapa orang sepakat bahwa daftar diatas merupakan daftar paling relevan sejauh ini.

Nah demikian artikel tentang 10 Hacker paling berbahaya sepanjang sejarah. Punya tanggapan terkait dengan postingan ini? Silahkan tinggalkan di kolom komentar.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *