Inilah 5 Gua Yang Dianggap Sakral Dan Dijadikan Tempat Ibadah

6 Likes Comment
Gua Yang Dijadikan Tempat Ibadah

5 Gua Yang Dianggap Sakral – Banyak alasan mengapa seseorang ingin melancong ke luar negeri salah satunya adalah melakukan wisata religi.

Beberapa orang tersebut bahkan rela mengeluarkan duit hingga ratusan juta rupiah hanya untuk memenuhi kebutuhan spiritual, untuk menemukan peneguhan iman dan mendekatkan diri dengan sang pencipta.

Untuk tujuan yang terakhir ini, beberapa pelancong pun harus mengumpulkan dana untuk pergi ke gua-gua yang dianggap sakral. Dan inilah yang akan dibahas dalam artikel kali ini.

Inilah 5 Gua Yang Dianggap Sakral Dan Dijadikan Tempat Ibadah

Nah berikut disajikan 5 gua yang dijadikan tempat beribadah pelancong yang sudah dirangkum khusus untuk anda. Gua apa saja itu? Ini daftarnya.

1. Gua Longmen, China

5 Gua Yang Dijadikan Tempat Beribadah
via amazingsphere.blogspot.com

China adalah salah satu negara dengan sejarah panjang. Wilayah ini mulai dibangun sejak 5.000 tahun silam. Meski negara ini telah berubah menjadi negara modern yang maju, tetapi ada beberapa tempat di china yang dianggap sacral untuk tujuan spiritual.

Baca Juga : 5 Bangunan Aneh Yang Dipercayai Buatan Alien

Satu diataranya adalah gua Longmen. Gua ini mempunyai patung-patung mengagumkan serta berbagai antik yang diakui telah ada selama beratus-ratus tahun disitu.

Gua longmen ini sesungguhnya merupakan rangkaian gua-gua kecil yang bertempat di satu kompleks tunggal di rengeng bukit Xiangshen serta Longmen Shan.

Gua ini dipercaya sebagai gerbang naga. Secara keseluruhan ada 2,345 gua disini, ditambah 43 pagoda yang mengelilingi gua ini dan terdapat 2.800 lebih ukiran disekitar dinding gua. Gua ini adalah gua yang dikeramatkan oleh umat Buddha di China sejak lama.

2. Gua St. Paul’s Grotto, Malta

5 Gua Yang Dijadikan Tempat Beribadah
via anehdankonyol.blogspot.com

Gua ini terletak di lereng bukit Bulbuldag, Ephesus, Malta. Gua ini dianggap sakral oleh jemaat Kristen karena didalamnya terdapat banyak sekali dokumen antik tentang perubahan agama Kristen pada waktu gereja-gereja perdana.

Setiap tahun gua ini selalu sesak dipenuhi para pelancong yang datang untuk berkunjung, walaupun mereka tidak diizinkan masunk.

Di Malta, St. Paul’s grotto merupakan rumah untuk Santo Paulus, seorang tahanan bangsa Romawi pada tahun 60 Masehi. Ia dikenal sebagai salah satu rasul yang menyebarkan agama Kristen di wilayah tersebut.

Baca Juga : 5 Penemuan Paling Aneh Sepanjang Sejarah

Selain itu, St. Paul juga sangat berjasa bagi masyarakat Malta sebab sejak ia tinggal disana, ia banyak mengobati masyarakat dari berbagai penyakit-penyakit kronis dengan mukjizat yang ia peroleh. Sampai-sampai ia dipanggil sebagai dewa oleh masyarakat setempat.

Banyak jemaat yang datang berkunjung ke sini lalu mendaraskan doa atas nama St. Paul untuk keselamatan dan kesehatan.

3. Gua Minoan, Crete, Yunani

5 Gua Yang Dijadikan Tempat Beribadah
via okezone.com

Tak lagi diragukan jika Yunani merupakan salah satu pusat spiritual dan juga negeri para dewa-dewa sejak dulu. Di Crete misalnya, terdapat 3.000 gua suci yang dibuka untuk umum bagi para pelancong. Gua-gua itu dipersembahkan untuk dewa-dewi dalam mitologi Yunani kuno.

Salah satu gua yang cukup populer adalah gua Minoan, yang disebut sebagai representasi suku Mionoan yang telah menyembah dewi-dewi pada tahun 2.600 hingga 1.100 SM.

Baca Juga : 5 Misteri Sains Modern Yang Belum Dipecahkan Oleh Ilmuwan

Ada satu gua yang paling populer yakni gua Dikteon, tidak jauh dari Munoan. Bagi pengunjung yang baisa menyaksikan film-film Hollywood dengan latar cerita mitologi Yunani seperti Troy, Hercules dan Perseus maka anda harus berkunjung ke gua dikteon ini.

Sebab, menurut legenda, disinilah Zeus dilahirkan oleh Rhea. Zeus sendiri adalah dewa petir yang merupakan dewa tertinggi dalam mitologi Yunani.

4. Gua Candi Dambulla, Sri Lanka

5 Gua Yang Dijadikan Tempat Beribadah
via archaeology.lk

Gua yang terdapat di Sri Lana ini terbagi dalam beberapa patung-patung Buddha seluas 1.950 meter persegi. Candi ini dibuat pada abad ke-20 serta memiliki lima ruang untuk beribadah.

Selain memiliki patung-patung Budha, Candi ini juga terdapat patung-patung Dewa Hindu seperti Dewa ganesha serta Dewa Wisnu.

Baca Juga : 5 Kayu Yang Sering Dijadikan Bahan Dasar Furniture

Bagi umat Budha di Srilanka, gua Dambulla adalah salah satu gua yang keramat dan merupakan salah satu gua yang tiap tahun di padati ratusan ribu umat Buddha dan pelancong.

Didalam duga ini terdapat 5 kuil Buddha. Gua ini diketahui di bangun pada tahun 1 Masehi. Patung-patung didalam gua ini sangatlah cantik dan estetis karena dihiasi dengan emas bercahaya.

5. Actun Tunichil Muknal, Belize

5 Gua Yang Dijadikan Tempat Beribadah
via lapinterest.eu

Mungkin anda hanya mendengar Belize karena Pantainya, tetapi sebenarnya, pulau selain menjadi destinasi wisata pantai juga sebagai tujuan wisata religi yakni Actun Tunichil Muknal.

Tempat ini dipakai oleh Suku Maya untuk memberikan pengorbanan kepada dewa-dewi kepercayaan mereka.

Salah satu gua di Belize, yakni gua Tunichil Actun Muknal tersembunyi cagar alam tapir Nasional, di dekat penggunungan San Ignacio.

Gua ini ditempati oleh ribuan kelalawar ini dikenal sebagai makam batu, yang menjadi tempat bagi Suku Maya untuk mengorbankan diri.

Baca Juga : 5 Hewan Dengan Bulu Paling Lebar Dari Seluruh Dunia

Disini ditemukan tulang-belulang seorang gadis remaja suku Maya yang mati beberapa ribu tahun lalu tetapi sudah menjadi mumi. Sementara, tulang-tulangnya sudah mengkristal dan tak seperti tulang manusia umumnya.

Jika anda melancong ke tempat ini, anda harus bersedia masuk keluar hutan. Sebab, untuk sampai ke gua ini, anda harus melewati rimba, lalu berenang menyusuri pintu masuk gua yang terdapat dibawah tanah.

Gua ini diakui oleh suku Maya sebagai gerbang menuju Dunia Bawah. Salah satu daya tarik gua ini adalah tulang belulang manusia yang masih lengkap yang dikenal sebagai the Crystal Maiden.

Demikian artikel tentang 5 Gua yang dijadikan sebagai tempat beribadah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *