Baru Tahu! Ternyata Ini Fungsi SWDKLLJ Yang Ada Di STNK

5 Likes Comment
fungsi SWDKLLJ

Meski fungsinya cukup penting, ternyata ada sebagian masyarakat yang belum tahu fungsi SWDKLLJ yang ada di STNK baik untuk kendaraan bermotor atau mobil.

Sebenarnya, setiap pengguna kendaraan bermotor ada asuransinya dan itu dilimpahkan langsung kepada Jasa Raharja.

SWDKLLJ diperuntukkan bagi korban atau pasien yang mengalami kecelakaan sementara mereka gak punya BPJS kesehatan atau BPJS ketenagakerjaan.

Pernah dengar istilah SWDKLLJ? Saya yakin pernah jika anda punya kendaraan bermotor dan punya STNK. Jika tidak pernah dengar istilah itu, coba buka STNK anda sekarang lalu lihat tulisan seperti gambar sampul diatas.

Perlu anda tahu bahwa setiap kali anda membayar pajak kendaraan bermotor, otomatis akan ada biaya untuk SWDKLLJ. Mengapa demikian? Apa kegunaannya? Berikut artikelnya.

Pengertian SWDKLLJ

SWDKLLJ adalah singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. SWDKLLJ dibayar saat anda membayar pajak kendaraan bermotor.

Pembayaran juga akan dilakukan secara otomatis, dengan kata lain nama anda tercatat pada program asuransi yang dikelola BUMN Jasa Raharja. BUMN ini adalah salah satu perusahaan negeri yang fokus pada pengelolaan asuransi warga negaranya.

Baca Juga : Jual Foto Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Untuk besaran tarif SWDKLLJ tergantung dari tipe kendaraan yang digunakan. Jika anda punya kendaraan bermotor tentu tarifnya tidak terlalu tinggi tapi jika mobil tarifnya agak tinggi.

Untuk motor dengan kapasitas mesin 50 sampai 250 cc akan dikenai tarif sebesar Rp. 35.000. Sementara, kendaraan roda empat jenis sedan, station wagon, Jip, Mini bus dan lain sebagainya, besaran tarifnya mencapai Rp. 143.000.

Fungsi SWDKLLJ

Lantas apa kegunaannya sih? Seperti yang disebutkan diatas berarti anda memperoleh asuransi yang dapat diklaim apabila anda mengalami kecelakaan lalu lintas.

Kegunaan dari SWDKLLJ secara umum adalah pengendara atau pemilik kendaraan akan memperoleh perlindungan asuransi bila terjadi kecelakaan dijalan raya. Besaran santunan yang diberikan oleh Jasa Raharja telah diatur dalam ketetapan Menteri Keuangan RI.

Ketetapan itu terletak dalam peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 15 dan 16/PMK.10/2017 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 13 Februari 2017.

Pada peraturan tersebut  ada beberapa poin besaran santunan bagi peserta asuransi SWDKLLJ antara lain:

  1. Meninggal dunia. Ahli waris akan menerima santunan sebesar Rp. 50.000.000,-.
  2. Cacat tetap. Ahli waris akan menerima santunan sebesar Rp. 50.000.000,-. Dengan biaya perawatan luka-luka maksimal Rp. 20.000.000
  3. Penggantian biaya P3K Rp. 1.000.000
  4. Penggantian biaya Ambulans Rp. 500.000
  5. Biaya penguburan (jika tidak ada ahli waris) Rp. 4.000.000
Lantas bagaimana cara klaim atau memperoleh santunan SWDKLLJ ini?

Untuk anda yang ingin mengklaim asuransi ini untuk memperoleh santunan, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan, antara lain:

  1. Menghubungi kantor Jasa Raharja terdekat
  2. Isi formulir ajuan dengan memasukkan Laporan Kecelakaan dari pihak kepolisian/pihak berwenang juga lampirkan Surat keterangan Sehat dari Dokter, Jati Diri (KTP), korban dan ahli waris korban.
  3. Jika korban mengalami luka-luka dilampirkan dengan kwitansi biaya perawatan dan pengobatan asli. Sedangkan jika meninggal dunia, dibutuhkan kartu keluarga atau surat nikah jika sudah menikah.
  4. Hak santunan menjadi tidak berlaku bila waktu mengajukannya lebih dari enam bulan, sejak mulai terjadi kecelakaan atau tidak dilakukan penagihan dalam kurun waktu tiga bulan sejak mulai hak santunan disetujui oleh pihak Jasa Raharja

Penutup

Perlu dicatat juga bahwa santunan ini tidak hanya diberikan pada seseorang atau pengemudi tapi juga berlaku bagi korban atau penumpang yang turut menjadi korban kecelakaan.

Jadi, anda harus tahu hak anda selama berkendara ditengah jalan dan jangan pernah terlambat untuk memprosesnya.

Anda wajib tahu karena anda memiliki hak ketika membayar pajak kendaraan anda. Maka dengan itu, wajib juga untuk membayar pajak secara rutin.

Demikian artikel tentang Fungsi SWDKLLJ, Asuransi Bagi Korban Kecelakaan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *