8 Fitur Rahasia Google Play Store Yang Jarang Digunakan

17 Likes Comment
Fitur Rahasia Google Play Store

Mungkin, beberapa dari anda tidak tahu keberadaan fitur rahasia Google Play Store yang akan diulas pada artikel kali ini. 

Google Play Store adalah salah satu toko aplikasi terbesar di dunia milik Google. Penggunaan Google Play Store sudah sangat umum ditengah masyarakat apalagi jika anda doyan mendownload aplikasi.

Fitur ini pada dasarnya merupakan fitur yang secara default ada dan dapat dilihat pada kolom menu yang tersedia. Juga, ada fitur lain sebagai pengujian beta yang dapat digunakan untuk menguji suatu aplikasi.

Sebenarnya, pengujian semacam ini sangat penting bagi developer. Sebab, mereka dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan pada aplikasi yang mereka buat.

8 Fitur Rahasia Google Play Store Yang Jarang Digunakan

Nah berikut disajikan 8 fitur rahasia Google Play Store yang jarang digunakan. Fitur apa saja itu? Ini daftarnya:

1. Pembaharuan aplikasi Google Play store

fitur rahasia google play store

Sebenarnya Google Play Store juga adalah sebuah aplikasi yang menjadi tempat berkumpulnya jutaan aplikasi. Karena merupakan sebuah aplikasi maka sudah pasti anda juga harus memperbaharuinya.

Baca Juga : 13 Cara Buka Situs Web Yang Terblokir

Untuk memperbaharui Aplikasi Google Play Store, silahkan klik Pengaturan atau gambar Roda Gigi> lalu klik Play Store Version. Pembaharuan Google Play Store akan terjadi di latar belakang smartphone dan terkadang terjadi pembaharuan secara instan.

2. Mengecualikan Pencarian untuk aplikasi tertentu

fitur rahasia google play store

Jika anda ingin mencari aplikasi tertentu di Google Play, anda dapat mengecualikan pencarian terhadap aplikasi yang sudah pernah anda install sebelumnya atau telah diinstal.

Untuk menggunakan pengecualian pencarian ini masukan tanda hubung [] diikuti nama aplikasi yang ingin anda kecualikan saat mencari aplikasi Google Play Store.

3. Nonaktifkan Pintasan Otomatis

fitur rahasia google play store

Saat anda menginstal aplikasi baru di gadget anda, Play Store akan membuat pintasan di beranda tapi terkadang mengganggu. Karena itu, Google play memungkinkan anda untuk menonaktifkan pintasan ini.

Baca Juga : Cara Menggunakan 4 WhatsApp Sekaligus di Satu Android

Untuk menonaktifkannya silahkan buka Pengaturan> lalu hapus centang ikon Tambahkan ke Opsi layar Awal.

Setelah anda menonaktifkannya, maka tiap kali anda menginstal aplikasi yang baru dari Google Play Store pintasan tersebut tidak akan lagi ditampilkan.

4. Menginstal Aplikasi untuk ponsel dari PC atau Laptop

fitur rahasia google play store

Google PlayStore memungkinkan anda untuk menginstal aplikasi tertentu tanpa harus menggunakan smartphone atau tanpa harus menyentuhnya.

Sebelum menggunakan fitur ini ada baiknya anda mengkonfigurasi pengaturan email di PC atau Laptop anda dengan email dari ponsel anda.

Maksudnya adalah anda harus masuk di email yang sama baik di PC/Laptop dan di Smartphone Android yang anda gunakan saat ini.

Setelah itu, kunjungi play.google.com di laptop atau desktop kemudian cari aplikasi yang ingin anda instal lalu klik tombol instal.

Baca Juga : Pengen Belajar Fotografi? Baca Panduan Lengkapnya Disini

Disitu akan ditunjukkan perangkat apa saja yang pernah anda masuk di akun email tersebut. Silahkan pilih seri smartphone yang ingin anda instal lalu klik tombol instal.

Maka secara otomatis aplikasi akan terunduh di latar belakang perangkat android yang digunakan tanpa harus ribet masuk ke Google Play.

5. Menggunakan aplikasi tanpa instalasi

fitur rahasia google play store

Di Google Play Store memungkinkan anda untuk menggunakan aplikasi tanpa perlu menginstalnya. Beberapa waktu lalu Google telah meluncurkan fitur baru Play Store sehingga siapapun dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan tujuan pengujian.

Untuk bisa mengunakan fitur ini sebelumnya anda harus memperbaharui versi Play Store yang digunakan. Selain Google Play Store anda juga harus memperbaharui Browser Chrome termasuk layanan Google Play yang lain.

Baca Juga : Menguak Rahasia Google Maps Yang Jarang Diketahui

Jika sudah, silahkan buka Pengaturan Google Play maka anda akan melihat opsi baru muncul disana yakni Google Play Instan. Silahkan aktifkan opsi tersebut dengan cara mengklik Ya dan masuk.fitur rahasia google play store

Sekarang, setiap kali anda ingin menginstal aplikasi baru, ada opsi disamping aplikasi dengan nama Coba Sekarang atau Try Now. Dari sini sebenarnya anda sudah bisa menggunakan aplikasi tanpa harus menginstallnya diperangkat anda.

Catatan: Karena ini adalah fitur baru dari Google Play Store, maka tidak semua aplikasi mendukungnya.

6. Melihat semua aplikasi yang pernah di instal di Google Play

fitur rahasia google play store

Fitur ini memungkinkan anda untuk melihat semua jenis aplikasi yang telah anda instal sejak hari pertama anda menggunakan ponsel Android anda.

Untuk melihat fitur ini, silahkan masuk ke Google Play Store> Aplikasi & Game Saya lalu klik Pustaka. Maka akan muncul semua daftar aplikasi yang pernah anda instal di perangkat anda.

7. Indie Corner

fitur rahasia google play store

Ini merupakan salah satu fitur tersembunyi dari Google Play Store dimana anda bisa melihat aplikasi versi terbaru yang telah dibuat oleh para pengembang baru.

Baca Juga : Cara Buat Sticker Sendiri di WhatsApp

Opsi ini tidak ada di aplikasi Google Play Store, hanya ada di Browser. Jika anda ingin melihatnya silahkan buka Browser lalu search Indie Corner di Pencarian Google.

fitur rahasia google play store

Sebenarnya ini adalah fitur percobaan untuk aplikasi yang hendak di taruh di Google Play Store selain itu anda dapat membantu pengembang untuk membuat aplikasi lebih baik lagi kedepannya.

8. Play Protect

fitur rahasia google play store

Ini adalah fitur yang cukup unik yang dapat anda temui di Google Play Store yang berfungsi seperti perangkat lunak antivirus untuk Android.

Play Protect akan memindai semua aplikasi yang anda instal di perangkat anda dan memberi tahu anda tentang aplikasi yang mungkin berbahaya. Untuk mengaktifkannya silahkan buka Google Play Store> Pengaturan> Play Protect.

Setelah mengaktifkannya maka semua aplikasi yang akan di pindai, dan mendapatkan perlindungan tambahan untuk aplikasi dari sumber yang tidak dikenal alias aplikasi yang gak ada di Google Play store.

Penutup

Nah demikian artikel tentang 8 Fitur Rahasia Google Play Store Yang Mungkin Belum Kamu Tahu. Kedepannya mungkin akan ada fitur-fitur baru yang dirilis oleh Google Play Store. Jika ada maka akan diulas di tambahkan didalam artikel saya. Semoga bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *