Fisika Memang Selalu Bikin Pening Apalagi Setelah Baca 6 Hal Dibawah Ini

2 Likes Comment
Fisika Memang Selalu Bikin Pening Apalagi Setelah Baca 6 Hal Dibawah Ini

Ilmu fisika sudah lama dikenal sebagai salah satu ilmu yang paling sulit dipelajari. Beberapa diantaranya sukses bikin pening kepala orang, terlebih bagi orang-orang awam.

Penerapan ilmu fisika juga tidak terbatas pada fisika itu sendiri tetapi juga ilmu lain seperti statistika, ekonomi, geologi dan lain sebagainya.

Fisika juga termasuk bidang ilmu yang penelitiannya selalu ketat. Selama ratusan tahun, sudah banyak fisikawan yang berhasil mengungkap berbagai fenomena aneh dalam kehidupan manusia.

Bukan cuma fenomena aneh, tetapi juga fenomena benda-benda fisik lain baik di dalam bumi ataupun diluar bumi.

Setiap penemuan itu memilik dampak yang luar biasa terlebih pada cara pandang manusia tentang hidup, benda-benda yang ada disekitarnya dan alam semesta.

Dari setiap penemuan itu, mungkin yang paling fenomenal adalah teori relativitas yang dikemukakan Einstein. Teori ini hampir mengubah sudut pandang manusia soal fisika.

Selain Einstein, ada juga ilmuwan-ilmuwan yang pemikirannya sangat masyur dan tetap diterima hingga kini, seperti Issac Newton, Hawking, Galileo dan lain sebagainya.

Fisika Memang Selalu Bikin Pening Apalagi Setelah Baca 6 Hal Dibawah Ini

Lalu, hal-hal apa saja yang bisa bikin pening dari ilmu fisika? Secara umum ada banyak. Beberapa diantaranya ada dalam daftar dibawah ini.

1. Bintang Pulsar

6 Hal Yang Menjadi Bukti Kalau Fisika Sudah Berkembang Pesat
via id.youpost.info

Bintang neutron adalah satu-satunya bintang di alam semesta yang memiliki rotasi sangat cepat. Bintang ini terbentuk akibat runtuhnya medan gravitasi yang ada didalamnya.

Bintang ini sendiri dapat menghasilkan sekaligus memancarkan sinar radiasi yang disebut dengan nama denyut cahaya.

Baca Juga : 5 Misteri Terbesar Dalam Fisika Yang Berhasil Di Ungkap

Dari laju denyut cahaya inilah para fisikawan berusaha menghitung rotasinya. Untuk jenis bintang pulsar dengan rotasi paling cepat yang pernah dikenal manusia adalah PSR J1748-2446ad yang berputar dengan kecepatan 70.000 kilometer per detik.

2. Singularitas

6 Hal Yang Menjadi Bukti Kalau Fisika Sudah Berkembang Pesat
via giphy

Saat bintang mati, ia akan menciptakan lubang hitam. Para ilmuwan percaya bahwa lubang ini terbentuk akibat medan gravitasi yang sangat kuat, yang memungkinkan bintang untuk terjebak didalamnya.

Bahkan, cahaya pun tidak bisa keluar dari medan tersebut. Disekitar lingkaran lubang hitam, ilmuwan menyebutnya dengan istilah horizon momentum

Untuk bintang yang berukuran kecil, saat bahan bakar nuklirnya sudah habis perlahan-lahan ia akan memudar menjadi serupa katai.

Baca Juga : 7 Pertanyaan Seputar Fisika Yang Akhirnya Terjawab

Sementara, untuk bintang yang berukuran besar, yang minimal 20 kali ukuran matahari kita, saat nukirnya habis, gravitasi akan menguasai seluruh bidangnya.

Setelah itu, ia akan melumpukan sementara inti lapisan lain sebelum akhirnya terbuang ke angkasa. Proses pembuangan ini disebut supernova.

Inti yang tersisa dari bintang tersebut kemudian mengalami singularitas, dimana titik masa padat berada pada titik tanpa batas dan hampir tidak memiliki volume. Btw, itulah yang disebut dengan nama lubang hitam.

3. Prinsip kesetaraan

6 Hal Yang Menjadi Bukti Kalau Fisika Sudah Berkembang Pesat
Via behance.net

Sebenarnya, jika menelaah lebih jauh teori Stephen Hawking, dialah yang akan menemukan teori relativitas andaikata ia menggunakan prinsip kesetaraan dalam analisisnya.

Hakwing menyebutnya sebagai massa inersia, dan menggunakan gravitasi untuk analisis prinsip kesetaraan, yang akhirnya hampir mirip dengan relativitas umum yang dikemukakan Einstein.

Penalaran logis yang dikemukakan oleh Einstein ini disebut hawking sebagai pemikiran yang tak pernah tertandingin dalam sejarah pemikiran umat manusia.

Pujian semacam ini sangat jarang antar ilmuwan, terlebih orang-orang yang paling mazhur zamannya. Dalam hal ini pujian Hawking kepada Einstein.

4. Sifat alam semesta

6 Hal Yang Menjadi Bukti Kalau Fisika Sudah Berkembang Pesat
via medium.com

Sejak dulu, para ilmuwan selalu berupaya menjawab setiap fenomena fisik yang dialami dan dilihat oleh manusia termasuk juga alam semesta.

Namun, ada satu hal yang selalu menjadi pertanyaan terpenting dari setiap proses penalaran tersebut, yakni sifat alam semesta itu sendiri.

Dan pencarian atas jawabannya mungkin tidak akan ditemukan dalam waktu dekat. Menjelaskan sifat alam semesta bukanlah tugas yang mudah tapi mulia.

Bahkan Bill Bryon, penulis A Short History of Nearly Everything menjelaskan bahwa upaya mustahil yang dilakukan manusia sudah berlangsung ribuan tahun lamanya.

Meski pada akhirnya ia berkata bahwa ‘Fisika sebenarnya tidak lebih dari pencarian akan kesederhanaan, tetapi sejauh ini, dari semua yang kita punya [ilmu fisika] saat ini hanyalah kekacauan yang elegan‘.

6. Perpetual Motion

6 Hal Yang Menjadi Bukti Kalau Fisika Sudah Berkembang Pesat
via futurism.com

First Law of Motion atau hukum gerak adalah salah satu hukum yang termasuk dalam mekanika klasik yang ditemukan Issac Newton.

Hukum ini pada dasarnya menjelaskan bagaimana proses inersia yang terjadi akan mempengaruhi objek yang bergerak dan tidak bergerak menjadi harus tetap diam atau bergerak dengan kecepatan yang konstan dalam garis lurus kecuali diteruskan oleh kekuatan yang seimbang.

Agar lebih mudah paham soal penjelasan saya itu, coba lihat deh gambar diatas. Kira-kira cara kerja hukum ketiga Newton seperti itu.

6. Salah paham tentang perkataan Einstein

6 Hal Yang Menjadi Bukti Kalau Fisika Sudah Berkembang Pesat
via Gifer.com

Selain pemikirannya yang sangat di hargai, ternyata ada beberapa pernyataan yang dikeluarkan Einstein dianggap telah melukai Agama-agama.

Salah satunya adalah pernyataan bahwa Tuhan tidak bermain dadu. Hingga kini, kutipan ini banyak yang salah paham secara radikal.

Ada yang mengatakan bahwa pernyataan ini mengasumsikan bahwa pernyataan tersebut mengacu pada Tuhan yang dikenal oleh umat manusia.

Padahal, bukan itu maksudnya. Kalimat lengkap dari pernyataan ini sebenarnya berbunyi, Tuhan tidak bermain dadu dengan alam semesta.

Pernyataan ini bukan ditujukan untuk kaum Agawaman, melainkan sebagai sanggahan atas prinsip ketidakpastian yang dikemukakan Heisenberg.

Prinsip ini sedari awal sudah ditolak mentah-mentah oleh Einstein. Karena menurutnya ada hukum dasar atas alam semesta yang dapat menentukan partikel untuk menghitung kecepatan dan posisi partikel tersebut.

Namun hingga kini, belum ada bukti eksperimental yang mendukung pernyataan Heisenberg ini, yang secara tidak langsung membuktikan mekanika kuantum itu nyata.

Meski pada dasarnya mekanika kuantum juga berangkat pada prinsip ketidakpastian ini, dimana ketidakpastian dianggap sebagai raja.

Mekanika kuantum mungkin di dukung oleh banyak bukti tetapi tepat menjadi salah satu misteri terbesar yang tetap butuh penelitian lebih lanjut.

Penutup

Bagi beberapa orang, mempelajari fisika adalah hal yang menyenangkan sementara yang lainnya mengatakan sebaliknya.

Bahkan, ada orang yang benar-benar gak suka dengan ilmu ini. Kalau mendengarnya, bisa bikin kepala pening dan langsung mual-mual pengen muntah.

Ada teman SMP saya begitu. Namun ironisnya, saat masuk kuliah ia justru mengambil jurusan Geologi, yang didalamnya juga mempelajari fisika.

Mungkin ia sedang bermain dadu waktu itu, dan tingkah itu ekspresif sebagai bentuk ketidaksukaan pada mata pelajaran karena tingkat kesulitannya yang tinggi.

Demikian artikel tentang Fisika Memang Selalu Bikin Pening Apalagi Setelah Baca 6 Hal Dibawah Ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *