9 TIPS Agar Postingan Tampil Sebagai Featured Snippet di Google

6 Likes Comment
Featured Snippet

Featured Snippet kadang disebut juga sebagai laman #0 atau ‘cuplikan unggulan’ adalah sebuah ringkasan artikel dari sebuah blog yang tampil di penelusuran organik Google.

Beberapa waktu lalu, di hasil penelusuran Google terdapat sebuah laman khusus yang menampilkan cuplikan unggulan atau featured seperti pada blog konvensional.

Cuplikan unggulan ini diperoleh dari hasil crawling google, yang ketika diperhatikan cukup berguna bagi pengunjung sebab artikel yang mereka cari sudah direkomendasikan secara khusus.

Bagi beberapa blogger, cuplikan ini dianggap merugikan. Alasannya karena orang-orang tidak perlu lagi membuka link untuk melihat isi lengkap artikel melainkan hanya pada bagian-bagian penting dari konten tersebut. Oleh karena itu, ini jelas merugikan bagi para blogger dari segi penghasilan.

Disisi lain, ada juga blogger yang ingin agar konten atau postingan di blog mereka muncul sebagai cuplikan unggulan karena berkolerasi pada trafik blog.

Untuk anda yang tidak ingin salah satu postingan anda muncul sebagai sebagai cuplikan unggulan di SERPS sebaiknya masukan tag khusus di template blog anda.

Sementara, untuk anda yang ingin agar postingan di blog anda muncul sebagai postingan unggulan atau Featured Snippet di hasil pencarian Google, berikut ada beberapa tips yang wajib anda coba.

Perlu saya ingatkan juga, tips-tips ini dipengaruhi oleh banyak hal, namun sebagian besar berputar-putar pada apa yang dibahas disini.

9 Cara Membuat Agar Postingan Tampil Sebagai Featured Snippet di Google

Lalu bagaimana cara agar postingan di blog tampil sebagai featured snippet di Google? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Baca ketentuan featured snippet

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membaca setiap ketentuan dan panduan webmaster dari Google terkait dengan cuplikan unggulan ini.

Ketentuan ini terdapat pada kolom tentang hasil ini, yang biasanya terletak di bagian bawah cuplikan tersebut. Gak mau ribet? Silahkan klik disini untuk membacanya.

featured snippet

Didalam ketentuan tersebut terdapat berbagai kebijakan artikel serta panduan webmaster yang mungkin bisa meningkatkan pengetahuan anda tentang pembahasan ini.

2. Sebaiknya perbanyak artikel blog

Semakin banyak artikel didalam blog anda maka semakin besar peluang bagi artikel-artikel tersebut untuk bisa muncul sebagai cuplikan unggulan.

Oleh karena itu, sebaiknya mulai tingkatkan frekuensi postingan blog alias rajin buat konten. Semakin rajin buat konten, semakin besar peluang blog anda untuk dikunjungi orang lain.

2. Buat standarisasi tulisan

Coba anda perhatikan artikel-artikel yang muncul di Featured Snippet ini? Rata-rata adalah postingan yang terdiri dari 500 karakter atau lebih.

Jika anda ingin agar postingan anda bisa muncul sebagai postingan unggulan di results page maka sebaiknya tingkatkan kualitas artikel anda.

Berapa sih idealnya standar tulisan itu? Menurut saya pribadi, idealnya adalah 500 karakter ke atas. Semakin banyak semakin bagus, itu berarti ada peluang yang lebih besar bagi anda untuk bisa tampil di halaman pertama Google.

Ingat, salah satu syarat agar postingan muncul di hasil Featured Snippet adalah blog harus bisa berada di halaman pertama pencarian Google untuk keyword yang sudah ditargetkan.

3. Artikel yang muncul sebagai Featured Snippet rata-rata fokus ke teks

Perhatikan juga Featured Snippet yang muncul sebagai postingan unggulan, rata-rata adalah postingan yang fokus ke teks.

Bahkan ada beberapa konten yang tidak memiliki gambar sama sekali. Mengapa demikian? Karena di SERPs hanya ditampilkan teks saja.

Jadi, kalau anda ingin agar postingan di blog anda bisa muncul sebagai Featured Snippet sebaiknya fokus ke teks.

Bisa saja tambahkan satu atau dua gambar pelengkap yang mungkin bisa meningkatkan visualisasi postingan tersebut.

4. Template AMP ?

Sebenarnya ini gak ada pengaruhnya, entah itu template non-amp dan template AMP tetap punya peluang yang sama.

Saya pernah melihat salah satu postingan yang masih numpang host di blogspot tetapi artikelnya sudah muncul sebagai Featured Snippet.

Setelah diperhatikan ternyata karena memang postingan tersebut layak tampil sebagai featured karena pembahasannya yang lengkap.

Sementara, template yang ia gunakan adalah template gratisan, dengan credit footer yang masih nempel dan bukan template AMP.

5. Fokus ke artikel yang menjawab pertanyaan

Coba pikirkan hal-hal apa saja yang biasanya ditanyakan oleh teman, pacar, keluarga atau diri anda sendiri kepada anda dalam kehidupan sehari-hari?

Google juga memegang prinsip seperti itu. Mereka ingin menjadi sebuah situs yang menyediakan jawaban bagi setiap orang yang bertanya.

Dengan demikian, saat ada orang yang bertanya tentang sesuatu, misalnya tentang bagaimana agar bisa lulus tes CPNS, mereka akan mencarinya di Google.

Oleh karena itu, manfaatkan hal ini. Caranya? Dengan membuat konten yang fokus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan.

6. Buat artikel diatas 1000 kata

Diatas saya sudah sebenarnya sudah saya singgung soal standarisasi. Tapi kembali lagi pada apa yang mau anda tulis di blog.

Apalah sekedar untuk mengejar standarisasi atau untuk mengisi waktu luang? Itu tergantung dari pribadi anda sendiri.

Tetapi jika sudah masuk ke bagian teknis seperti pembahasan ini, ada baiknya anda mulai membuat artikel yang panjang.

Karena menjadi blogger berarti menginginkan agar blog atau postingan yang ia buat bisa dibaca oleh orang lain atau pengunjung.

Disisi lain, agar bisa dibaca maka harus dioptimasi. Caranya? Dengan membuat konten yang berkualitas tinggi.

Bagi saya pribadi, konten yang berkualitas tinggi adalah konten yang terdiri dari 1000 karakter atau lebih. Dan konten ini biasanya ditargetkan untuk muncul di halaman pertama pencarian Google.

7. Artikel dalam bentuk listicle

Coba perhatikan artikel-artikel yang muncul sebagai Featured Snippet, rata-rata adalah konten yang dibuat dalam bentuk daftar atau listicle.

Nah bagi anda yang ingin agar postingannya muncul sebagai Featured Snippet, usahakan agar artikel-artikel didalam postingan blog dibuat dalam bentuk listicle.

Saran saya, usahakan listicle tersebut minimal terdiri dari 8 daftar. Mengapa? Coba perhatikan artikel-artikel yang muncul sebagai Featured Snippet di Google? rata-rata diatas dari 8 poin.

featured snippet

Tetapi memang tidak semua artikel yang tampil sebagai featured adalah artikel listicle. Sementara, untuk 8 poin itu adalah poin maksimal yang bisa muncul sebagai cuplikan unggulan.

8. Optimalkan SEO Blog

Ini juga tak kalah penting. Sebenarnya, kalau membahas SEO akan sangat panjang pembahasannya. Tetapi usahakan agar anda menargetkan kata kunci yang spesifik agar peluang blog tampil diperingkat pertama Google terbuka lebar.

Mengapa? Sebab rata-rata Featured Snippet yang muncul di halaman pertama pencarian Google sudah dioptimalkan SEOnya dengan baik.

Oleh karena itu, perhatikan soal unsur readibilitas konten seperti misalnya judul. Saran saya, usahakan judul postingan tak boleh lebih dari 10 kata atau 75 huruf. Jika lebih, sebaiknya ubah atau ganti saja.

9. Faktor pendukung lain

Sebenarnya jika diperhatikan, rata-rata artikel yang muncul sebagai Featured Snippet adalah artikel-artikel yang populer dengan kata kunci yang cukup kompetitif.

Jadi tidak mungkin bagi blog anda yang DA & PAnya masih kecil untuk ikut bersaing pada kata kunci yang tingkat persaingannya tinggi.

karena itu, targetkanlah kata kunci-kata kunci dengan volume pencarian rendah namun peluang untuk berada di halaman pertama Google terbuka lebar.

Kalau anda fokus pada konten maka hasilnya sudah tentu akan baik. Katakan bodo amat pada penghasilan jika orientasi ngeblog anda bukan pada uang.

QnA

Disisi lain, ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh para blogger terkait dengan Featured Snippet ini. Antara lain:

Q : Apakah ada artikel di blog paulipu muncul sebagai Featured Snippet?

A : Jawabannya ada. Lihat gambar dibawah ini. Sebenarnya, artikel yang muncul sebagai cuplikan unggulan ini bukanlah artikel terbaik melainkan artikel yang buat dalam keadaan kurang mood.

Sehingga masih ada beberapa kata yang typo. Namun entah kenapa muncul sebagai Featured Snippet.

featured snipped

Q :  Apakah Featured Snippet ini berkolerasi dengan peringkat halaman blog?

A : Berdasarkan pengalaman saya sendiri tidak. Alasannya, karena pada contoh diatas, artikel saya tidak berada di posisi pertama pencarian Google melainkan di posisi #3.

Q : Apakah berdampak pada DA dan PA blog?

A : Gak juga. Featured Snippet ini bisa saja diberikan pada blog-blog dengan DA dan PA yang lebih rendah. Asalkan, blog tersebut masuk di halaman pertama pencarian Google.

Penutup

Nah demikian artikel 9 Cara buat Agar Postingan Tampil Sebagai Cuplikan Unggulan Atau Featured Snippet di Google.

Jika anda punya masukan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *