Aneh Tapi Nyata! Inilah 11 Fakta Unik Fisika Yang Jarang Diketahui

6 Likes Comment
12 fakta menarik tentang fisika

Meskipun ilmu fisika adalah salah satu ilmu wajib yang dipelajari di Sekolah-sekolah, ternyata ada banyak fakta unik fisika yang Jarang diketahui oleh masyarakat.

Bahkan, beberapa orang takut untuk mempelajarinya. Dengan alasan, misalnya, fisika merupakan salah satu ilmu yang sulit, yang mengandung banyak rumus dan permainan matematis yang bikin pening.

Disisi lain, ada beberapa orang yang sangat kagum pada ilmu yang satu ini, sehingga mereka ingin mempelajarinya lebih dalam lagi.

Beberapa diantara orang-orang tersebut kemudian menjadi terkenal dikalangan akademisi dan masyarakat. Misalnya, Stephen Hawking, Thomas Edison, Albert Einstein hingga Yohanes Surya.

Sebenarnya, ingin belajar soal fisika atau tidak adalah pilihan setiap orang. Apalagi, pandangan orang kini tentang fisika yang dianggap punya pesona geeky yang dikagumi banyak orang.

Sebelum anda belajar lebih jauh tentang fisika, apalagi mengambil jurusan fisika di perguruan tinggi, atau bergumul dengan teori Big Bang yang mahal membingungkan itu, sebaiknya anda baca dulu beberapa fakta menarik tentang fisika dibawah ini.

11 Fakta Unik Fisika Yang Jarang Diketahui Masyarakat

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 11 fakta unik fisika yang jarang diketahui Masyarakt. Fakta unik apa saja itu? Berikut daftarnya:

1. Arti kata fisika

12 Fakta Menarik Tentang Fisika
via evrymatheia.com

Fisika berasal dari bahas Yunani yang secara harafiah berarti pengetahuan tentang alam. Fisika merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan atau sains tertua yang mulai dipelajari sejak tahun 650 SM. Orang-orang Yunani adalah masyarakat pertama yang belajar fisika secara langsung.

2. Cara kerja GPS menggunakan rumus fisika

12 Fakta Menarik Tentang Fisika
via 123rf.com

Mungkin sebagian dari anda tidak tahu fakta yang satu ini. Aplikasi modern seperti GPS bekerja dengan cara menunjukan rute atau jalan dengan cukup akurat.

Namun, cara kerja GPS tersebut menggunakan prinsip dan rumus yang ditemukan oleh Albert Einstein  yakni E=MC2.

Agar mudah memahami, begini penjelasannya. Sistem navigasi satelit bekerja dengan cara Geostasioner yang akan menentukan lokasi seseorang.

Sembari menentukan lokasi, terjadi pertukaran data dengan cara mengumpulkan gelombang radio titik yang lain. Jadi teori relativitas membantu GPS untuk bekerja secara akurat.

3. Penjelajah waktu akan terlihat lebih muda karena relativitas

12 Fakta Menarik Tentang Fisika
via jatengpos.com

Hal ini diketahui setelah para astronot yang berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional [ISS] mengalami perlambanan waktu karena kecepatan dan gravitasi yang ada.

Gravitasi tersebut secara langsung mempengaruhi kecepatan waktu. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa para astronot tampak lebih mudah dibanding teman sebayanya saat kembali ke Bumi.

4. Laut mati

12 Fakta Menarik Tentang Fisika
via tribunnews.com

Fisika telah berhasil menjelaskan berbagai fenomena alam yang terjadi, salah satunya adalah Laut Mati. Mengapa disebut laut Mati? Karena orang-orang dapat mengembang dan tak akan tenggelam.

Berbagai penelitian yang dilakukan oleh Ilmuwan ditemui satu sifat yang sama, yakni sifat padat molekul air dan juga garam yang terdapat disana.

Hal ini kemudian membuat material lain, seperti tubuh manusia, dapat mengambang tanpa tenggelam. Jadi, kalau anda gak tahu cara berenang, namun pengen sekali berenang, coba ke laut Mati.

5. Alam semesta sangat gelap

12 Fakta Menarik Tentang Fisika
via openaccessgovernment.org

Percaya atau tidak, apa yang anda lihat di TV tentang alam semesta tidak sepenuhnya benar. Alam semesta sangat gelap dan hanya 5% saja yang dapat diteliti oleh manusia.

Sisa dari alam semesta berisikan Energi gelap dan materi Gelap. Dua material ini dipercaya terus mengembang dan melakukan ekspansi alam semesta.

Yang berarti, alam semesta tubuh dan berkembang layaknya manusia. Selain itu, dua material ini dipercaya sudah ada sejak Big Bang terjadi.

6. Soal kecepatan cahaya

12 Fakta Menarik Tentang Fisika
via laporanpenelitian.com

Sebenarnya, saya sendiri agak pusing jika membicarakan hal ini. Tapi akan saya jelaskan berdasarkan apa yang saya dapat di kuliah.

Dasar teori kecepatan cahaya itu berupa tetapan, yakni 299792458 meter per detik atau dengan aproksimasi 3×10(8) MS-1.

Dengan kata lain, benda yang memiliki massa, tidak akan pernah bisa mencapai kecepatan cahaya, karena energi yang ada menjadi tak terhingga.

Tetapi, banyak yang mengatakan kecepatan cahaya memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan luar biasa. Tapi itu agak keliru ya.

Kecepatan cahaya akan melambat apabila melewati ruang hampa. Yang berarti, kecepatan yang ada sifatnya konstan. Sementara, ketika cahaya melewati air dan proton, ia juga akan melambat sekitar ¾ dari kecepatan awal.

7. Ada gak ya, kecepatan yang terus-terusan meningkat tanpa henti?

12 Fakta Menarik Tentang Fisika
ilustrasi

Mungkin, beberapa dari anda menjawab itu tidak ada. Dan, jawaban itu sepenuhnya benar, untuk saat ini. Karena, energi yang dibutuhkan bagi suatu objek yang dapat bergerak dengan kecepatan yang terus meningkat sifatnya tidak terbatas.

Karena massa dan energi sifatnya setara maka saat kecepatan meningkat, maka massa benda juga meningkat. Agar tidak bingung, saya berikan contohnya untuk anda.

Baca Juga : 7 Pertanyaan Seputar Fisika Yang Akhirnya Terjawab

Menurut anda, siapa orang paling berat di dunia? Mungkin, anda akan menjawab Rober Earl Hughes. Padahal, itu salah, menurut fisika.

Orang paling berat di Dunia adalah Usain Bolt, yang merupakan pelari tercepat di dunia. Mengapa? Coba teliti lagi deh kalimat saya diatas.

Jadi, saat anda mendekati kecepatan cahaya, massa akan meningkat secara drastis. Namun, mobil dan pesawat tidak termasuk dalam kategori ini karena peningkatan kecepatan pada dua benda tersebut sifatnya sementara.

8. Lubang hitam sebenarnya tidak berwarna hitam

12 Fakta Menarik Tentang Fisika
via alphacodrs.com

Stephen Hawking dalam proposalnya tentang Black Hole mengusulkan agar pembelajaran mengenai lubang hitam diubah secara menyeluruh.

Alasannya bahwa, dalam lubang hitam ada radiasi yang kelak dikenal dengan radiasi Hawking. Radiasi ini membuat lubang hitam bersinar dan menciptakan cahaya di selurh spektrumnya.

9. Soal touchscreen pada smarphone anda

12 Fakta Menarik Tentang Fisika
via theandroidportal.com

Touchscreen pada ponsel anda juga bekerja menggunakan prinsip-prinsip fisika. Rumus yang digunakan adalah resistensi gerakan, dimana elektron tubuh manusia dapat menggerakkan layar ponsel.

Apabila sirkuit [touchscreennya] ini rusak, akan ada potensi drip pada titik yang disentuh dan dapat dirasakan oleh sensor untuk mengimplementasikan tindakan yang diperlukan. Cara kerja inilah yang mendasari ponsel touchscreen sekarang ini.

10. Quantum Foam

12 Fakta Menarik Tentang Fisika
via dailygalaxi.com

Fisika berhasil menemukan bahwa semua ruang angkasa yang terlihat kosong sebenarnya tidaklah kosong. Yang berarti, setiap saat partikel-partikel akan keluar dari eksistensinya.

Kejadian ini dikenal dengan istilah partikel virual. Partikel ini memecah diri dalam ukuran nanodetik, seolah bertolak belakang dengan beberapa hukum fisika dasar yang selama ini dikenal.

Fakta ini disebut dengan Quatum Foam. Partikel ini bekerja seperti saat anda meniup gelembung pada gelas yang berisikan bir.

11. Waktu itu relatif

12 Fakta Menarik Tentang Fisika
via hiveminer.com

Waktu itu memang relatif. Yang berarti, tidak ada batasannya dan tidak akan pernah berhenti. Dan manusia, atau lebih kerennya disebut anda, terikat dalam ruang dan waktu tersebut.

Selain itu, waktu yang berlaku bagi setiap orang itu berbeda-beda. Karena, setiap orang bergerak dengan kecepatan yang tidak sama.

Artinya, setiap orang punya waktu sendiri, meski terikat didalamnya. Ini adalah salah satu fakta fisika paling luar biasa yang saya ingin pelajari terus menerus. Mungkin untuk dibuatkan puisi untuk gebetan, yang jauh di seberang sana.

Penutup

Karena artikel ini berbicara mengenai fakta unik fisika, sebenarnya ada ribuan fakta unik lain yang belum diulas. Yang berarti, ulasan ini tidak lengkap, dan mungkin tidak akan pernah lengkap.

Jika ada dari anda yang ingin membantah beberapa kalimat diatas, silahkan tinggalkan di kolom komentar. Terutama soal kecepatan cahaya, karena penjelasan diatas masih sangat sedikit.

Demikian artikel tentang 11 fakta unik fisika yang jarang diketahui publik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *