10 Fakta Unik Astronomi Yang Wajib Diketahui

4 Likes Comment
fakta unik astronomi

Ada beberapa fakta unik astronomi sederhana yang mungkin belum anda ketahui atau belum pernah anda dengar. Mulai dari matahari, alam semesta, galaksi hingga bulan.

Pada dasarnya, astronomi memang sangat menyenangkan apalagi jika anda menggeluti bidang tersebut.

Pada dasarnya, ilmu astronomi berusaha mengamati langit, mengobservasi benda-benda luar angkasa, dan mempelajari terbentuknya alam semesta.

Semua hal ini tak akan pernah lepas dari keseharian seorang astronom. Namun, semuanya hanyalah sebuah profesi observatorial dan teoritis semata.

10 Fakta Unik Astronomi Yang Wajib Diketahui

Nah, tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 10 fakta unik astronomi yang wajib diketahui. Fakta unik apa saja itu? Berikut daftarnya:

1. Matahari bukan satu-satunya pusat tata surya

via agroteknologi.web.id

Matahari yang terdapat tata Surya hanyalah satu dari sekian banyak matahari lain. Diperkirakan ada sekitar 100 miliar pusat tata surya yang terdapat di Galaksi Bimasakti.

Baca Juga : Astronomi: Pengertian, Jenis dan Cabang

Disamping itu, galaksi Bimasakti hanyalah satu dari sekian banyak galaksi yang terdapat di alam semesta. Diperkirakan juga ada ratusan bahkan miliaran galaksi di luar sana.

2. Ada miliaran galaksi di alam Semesta

Gambar ilustrasi via thetanjungpuratimes.com

Setelah melakukan pengamatan selama puluhan tahun, Teleskop Hubble berhasil memberikan satu fakta mengenai alam semesta. Fakta itu adalah bahwa galaksi Bimasakti hanyalah satu dari setidaknya 100 miliar galaksi yang ada di alam semesta.

3. Matahari juga mengorbit

via dfrcollection.com

Bukan hanya bumi yang mengorbit. Pusat tata surya, yakni Matahari juga mengorbit. Matahari mengorbit pada galaksi bima sakti setiap 200 juta tahun sekali

4. Material alam semesta

energi gelap atau dark energy, salah satu misteri terbesar yang belum dipecahkan atau tidak akan pernah dipecahkan via smithsonianmag.com

Beberapa ilmuwan memperkirakan kalau alam semesta ini 5%-nya terdiri dari material normal, 25-% material gelap dan 70 % energi gelap. Material gelap dan energi gelap adalah dua hal berbeda.

Hingga kini, material gelap dianggap sebagai salah satu unsur yang berkontribusi menciptakan planet. Dan material ini terus bergerak hidup dan meluas seiring waktu berjalan.

5. Perhitungan jarak tempuh di alam semesta

gambar imajiner galaxi Andromeda via posta.com.mx

Satu tahun cahaya, yang merupakan jarak tempuh yang harus dilakukan dalam setahun, sebanding dengan 5.880 miliar mil.

Sejauh ini, Andromenda adalah galaksi terdekat ke Galaksi Bimaksakti adalah jarak terjauh yang pernah dihitung. Jaraknya adalah tiga juta tahun cahaya.

6. Arti kata dari Astronom

via pegipegi.com

Astronom adalah anagram dari bintang-bintang alam semesta. Astonom dianggap sebagai seseorang yang ahli tentang dunia astronomi. Konotasi kata ini mengarah pada orang-orang yang bekerja di luar angkasa.

7. Cahaya bulan purnama

via sains.me

Bulan purnama Sembilan kali lebih terang daripada bulan biasa. Hal ini disebabkan karena pantulan cahaya matahari total yang ditangkap oleh bulan sehingga membuatnya lebih terang dari biasanya.

8. Komposisi matahari

via okezone.com

Setiap detik matahari membakar sekitar 600 juta ton hidrogen tetapi ada cukup banyak hidrogen yang bertahan diluar sana dengan perkiraan sampai lima miliar tahun ke depan

9. Massa di luar bumi

via astro-even.blogspot.com

Ketika anda berdiri di bulan berat badan anda akan berkurang 5/6 dari bobot tubuh normal. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai Gravitasi, massa bulan dan juga anatomi tubuh.

10. Gerak bulan

via vamele.com

Sebagai satelit alami, posisi bulan ternyata tidak statis. Bulan bergerak menjauh dari bumi sekitar 1,5 inci (3,8 cm) setiap tahun.

Terkadang, posisi bulan sangat dekat dengan bumi yang disebabkan karena rotasi bulan, dan bahkan dalam waktu tertentu berada dalam posisi terjauh.

Penutup

Sebagai sebuah studi ilmiah tentang benda-benda langit, seperti bintang, planet, komet dan galaksi, dan juga studi mengenai fenomena atmosfer bumi seperti radiasi latar belakang kosmik, astronomi telah menjadi salah satu ilmu yang paling banyak berkembang akhir-akhir ini.

Karena perkembangan itulah banyak orang yang kemudian ingin menjadi seorang astronom, entah menjadi astronom profesional ataupun amatir.

Nah demikian artikel tentang 10 fakta unik astronomi. Jika artikel ini berguna, jangan lupa share agar orang lain bisa membaca artikel ini. Semoga bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *