Fakta Tersembunyi Dibalik Search Engine Optimization (SEO)

6 Likes Comment
search engine optimization

Artikel tentang fakta tersembunyi dibalik Search Engine Optimization ini sebenarnya mirip dengan artikel yang sudah saya ulas sebelumnya. Pembahasannya saja yang agak sedikit berbeda.

Seabad yang lalu, jumlah informasi yang diterima setiap orang cukup berimbang dan setara. Memasuki tahun 1990-an, terjadi sebuah ledakan informasi yang mengakibatkan perolehan informasi setiap individu jauh lebih besar meski terkadang timpang.

Ledakan informasi itu terjadi setelah internet muncul. Google kemudian hadir sebagai sarana untuk mengumpulkan setiap inci informasi yang ada, begitu juga dengan Yahoo!.

Munculnya internet telah membawa manusia pada satu titik perolehan informasi yang mudah, gratis, instan, tak terkendali dan dalam beberapa kasus cenderung tidak relevan.

Yang berarti, selain menjadi harta karun informasi yang dapat diakses dengan bebas juga menjadi toxic bagi setiap upaya untuk memenuhi kebutuhan informasi itu sendiri.

Karena, dengan tersedianya data kolosal di internet telah membawa manusia pada salah satu masalah yang paling sulit diatasi di dunia yakni misinformasi dan asimilasi informasi terkait.

Mesin pencari seperti Google, Yandex, Baidu, Bing dan Yahoo memainkan peranan penting didalamnya. Semua jenis informasi tersebut, entah yang kredibel, hoax, tidak berimbang atau setengah-setengah tersedia disana.

Meski demikian, secara sadar, manusia sangat butuh mesin pencari. Oleh karena itu, search engine kemudian berupaya mengatasi berbagai tantangan dan misinformasi tadi dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengoptimalkan metode pencarian, yang kelak disebut dengan nama SEO.

Mengapa mesin pencari sangat penting?

Ketersediaan informasi tersebut tak lepas dari peran mesin pencari. Search engine adalah penyedia informasi yang memungkinkan orang untuk mencari informasi yang diinginkan.

Informasi yang disediakan juga sangat plural dan tersedia dalam format apapun. Disisi lain, orang yang menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi tertentu mungkin tidak tahu situs web mana yang menyediakannya secara akurat.

Baca Juga : Cara Menghitung Skor SEO Blog Dengan Mudah

Akurat berarti bisa dipercaya, bisa dipertanggungjawabkan dan isinya sesuai dengan apa yang dicari oleh orang tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, mesin pencari kemudian membantu pemilik situs web atau blog untuk mendaftarkan situsnya.

Pemilik situs web dan blog adalah pemilik informasi, sementara mesin pencari menjadi penghubung antara Pemilik situs web dan pencari informasi.

Sebagai contoh, misalnya anda membuat sebuah blog atau website tentang bisnis atau sebagai berita online, lantas bagaimana anda bisa menjangkau pengunjung kalau mesin pencari tidak ada?

Mesin pencari juga menjadi cikal bakal pengumpulan informasi, bisnis online, internet marketer, media sosial yang lebih terpersonalisasi dan lain sebagainya.

Untuk menjangkau pengunjung, anda perlu mendaftarkan situs web atau blog anda di mesin telusur sehingga memungkinkan pencarian informasi yang dilakukan pengguna lebih mudah dan gratis.

Disisi lain, search engine optimization [SEO] memainkan peran penting didalamnya. Dengan tujuan, agar pengguna atau orang yang mencari informasi, bisa memperoleh informasi yang sesuai, akurat, otentik dan relevan sesuai yang ia harapkan.

Karena faktor inilah yang menjadi alasan mengapa SEO menjadi salah satu faktor pemeringkat situs web di mesin pencari seperti Google.

Apa itu SEO?

Jika membahas SEO dari sisi ilmu, praktek dan fungsinya, pembahasan akan sangat panjang dan tidak akan pernah selesai. Karena SEO adalah ilmu yang dinamis. Penerapannya juga bergantung pada logaritma yang diterapkan oleh search engine.

Oleh karena itu, saya berusaha mempersingkat pembahasannya pada artikel ini. Agar anda bisa paham dan mengerti tentang apa itu SEO.

SEO adalah suatu metode pengoptimalan mesin pencari. Pengoptimalan ini bertujuan untuk menjawab masalah disisi pengguna, seperti yang sudah dijelaskan dibagian atas.

Karena modelnya melibatkan optimasi sebuah situs, blog atau platform web lain seperti Aplikasi, maka SEO memungkinkan terjadinya lalu lintas yang organik.

Yang berarti, Google, Bing, Ask, Yahoo!, Yandex dan mesin pencari lain seperti DuckDuckGo menyaring konten teks, video, audio, gambar berdasarkan SEO.

SEO ini ditujukan untuk mengarahkan pemilik situs web untuk memperoleh lebih banyak lalu lintas atau trafik ke situs web atau blog mereka sendiri. Disisi lain, karena melibatkan model optimasi, terdapat dua jenis SEO. Antara lain:

a. On page SEO

Ini adalah model pengoptimalan dalam blog itu sendiri yang mencakup pengoptimalan konten yang terarah dan relevan, tema yang responsif, unsur visual pendukung lain serta pengoptimalan kata kunci.

b. SEO off page

Model pengoptimalan mesin telusur dari luar situs web. Cara kerjannya berlainan dengan dari SEO on page. Salah satu faktor penentu dari SEO off page ini adalah Backlink.

Dilain pihak, SEO juga memiliki sisi pengoptimalan, yang merujuk pada model pengoptimalan yang dilakukan oleh pemilik blog.

Yang berarti, meskipun mesin telusur sudah memberikan arahan dan ketentuan tenang model pengoptimalan yang baik, ada juga pemilik situs web atau blog yang nakal. Oleh karena itu, dalam cara kerja penerapan SEO ini, terdapat dua bagian. Antara lain:

a. SEO Etis

SEO etis, kadang juga dipahami sebagai White Hat SEO adalah model pengoptimalan mesin telusur berdasarkan panduan yang diberikan oleh mesin telusur seperti Google.

Strategi dan tekniknya ini bisa diterima dengan luas dan berlaku secara umum. Yang berarti, SEO etis tidak bekerja dengan cara-cara diluar dari ketentuan mesin pencari.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Dengan Bayaran Tinggi

Model penerapannya juga mudah dan gratis serta bisa diterapkan pada semua jenis situs atau blog yang memiliki konten.

SEO etis juga menjadi elemen dasar untuk memperoleh lalu lintas organik yang datang dari mesin telusur itu sendiri. Dengan SEO etis, pengguna bisa mendapatkan informasi yang dicari dengan mudah, akurat dan relevan.

Sementara, disisi lain, ada juga yang menerapkan strategi SEO yang bertolak belakang dengan ketentuan layanan tadi yang dikenal dengan istilah Black Hat SEO.

b. Black Hat SEO

Black hat SEO berbanding terbalik dengan white hat SEO yang sudah dijelaskan diatas. Lalu lintas yang diperoleh pun rendah dan bahkan bisa mendapatkan penalti.

Terkadang, apabila pemilik blog menerapkan Black Hat SEO ini, lalu lintas yang diperoleh cenderung banyak dalam kurun waktu tertentu.

Yang berarti, black hat SEO dapat disebut sebagai skema pengoptimalan mesin telusur yang dirancang untuk memaksakan cara kerja SEO lebih maksimal lagi.

Dengan kata lain, Black Hat SEO menerapkan strategi SEO yang sangat agresif. Ini dapat dilihat dari penggunaan teks atau kata-kata yang tak terlihat, kepadatan kata kunci yang tidak normal, kata kunci yang tak terkait, halaman indeks yang tak relevan dan lain sebagainya.

Sepanjang yang saya tahu, teknik black hat SEO termasuk teknik berbayar, yang biasanya digunakan oleh blogger yang mengikuti Lomba SEO [dalam beberapa kasus] untuk memperoleh peringkat teratas di mesin pencari.

3 Fakta Tersembunyi Dibalik Search Engine Optimization (SEO)

Karena pada judul saya berbicara tentang fakta menarik, dan untuk melengkapi pembahasan ini, berikut saya sajikan 5 fakta tersembunyi dibalik Search Engine Optimization [SEO] yang mungkin tidak anda ketahui. Apa saja faktanya? Berikut daftarnya:

1. 75% persen pengguna tidak pernah lewati halaman pertama

Saya pikir anda juga pasti melakukan hal yang sama, kan? Ternyata bukan anda sendiri, tapi hampir seluruh pengguna mesin telusur.

Maksudnya bagaimana ya? Maksudnya gini. Misalnya, anda mencari keyword tentang kanibalisasi kata kunci di blog, maka anda mungkin tidak akan membuka halaman berikutnya.

Setiap hasil pencarian di Google terdiri dari beberapa laman. Biasanya, laman pertama akan menyajikan informasi yang relevan dan sesuai.

Itu berarti, pengguna kemungkinan tidak membuka lagi halaman berikutnya untuk mendapatkan informasi seputar kanibalisasi kata kunci yang dicari.

Karena mereka sudah mendapatkan informasi yang dicari pada halaman pertama tadi. Sampai disini ngerti, kan?

2. Pengguna sering hindari untuk mengklik tautan iklan di search results

Pada kueri tertentu, di peringkat pertama sampai tiga, anda akan disajikan iklan AdSense yang mengarahkan anda pada blog atau situs web lain.

Kueri tertentu ini biasanya yang dibidik oleh pengiklan, sehingga bisa muncul di search result. Iklan ini sendiri, setahu saya, hanya muncul di hasil pencarian Google.

Menariknya, 70% pengguna enggan klik tautan iklan ini. Yang berarti, meskipun blog anda berada di posisi ke 5 search result, sementara posisi 1 sampai 4 berisikan iklan, blog anda tetap akan di klik pengguna.

3. SEO sangat penting untuk memperoleh peringkat di search engine

Tahu gak, 18% klik tautan organik berasal dari situs web yang berada di peringkat pertama pada halaman pertama search results?

Saya yakin anda sudah tahu. 18% adalah angka yang sangat tinggi, dan perolehan ini juga semakin menurun untuk peringkat selanjutnya. Misalnya, untuk peringkat kedua, hanya di klik sebesar 10% saja dan untuk ketiga sebesar 7%.

Inilah yang menjadi alasan mengapa anda harus menerapkan SEO blog dengan baik, agar blog anda bisa muncul diperingkat pertama hasil pencarian Google, agar jumlah trafik meningkat.

Penutup

Sebenarnya, ada banyak fakta tersembunyi lain dari Search Engine Optimization ini. Soal ini, saya sudah membahasnya pada dua artikel saya sebelumnya.

Itulah yang menjadi alasan mengapa saya hanya membagikan 3 fakta search engine optimization saja pada artikel kali ini. Artikel tersebut antara lain:

Demikian artikel tentang fakta tersembunyi dibalik search engine optimization. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *