8 Fakta Tersembunyi Bintang Yang Biasa Anda Saksikan Saat Malam

4 Likes Comment
fakta bintang yang kamu saksikan

Beberapa dari anda mungkin belum tahu bahwa ada fakta tersembunyi bintang yang biasa anda saksikan saat malam hari. 

Bintang sendiri merupakan salah satu benda eksoplanet dengan ukuran besar, bahkan melebihi ukuran matahari. Bintang tersebut memiliki jarak yang variatif.

Bagi manusia, bintang sering di ekspresikan manusia sebagai cara untuk menggambarkan betapa berbakatnya seseorang di bidang yang ia geluti.

Bintang juga sering digunakan oleh sastrawan untuk menggambarkan perasaan suka terhadap sesuatu atau terhadap seseorang.

8 Fakta Tersembunyi Bintang Yang Anda Saksikan Saat Malam

Seperti dilansir dari infoastronomi.org (01/05/2018) ada 8 fakta tersembunyi bintang biasa anda saksikan saat malam hari. Fakta apa saja itu? Berikut daftarnya:

1. Bintang mengandung helium dan hidrogen

8 Fakta Bintang Yang Kamu Saksikan Saat Malam
via plenetorium.com

Dua unsur kimia tersebut merupakan bagian utama dari proses penciptaan sebuah bintang. Sejak Big Bang terjadi (bagi orang yang percaya tentang teori ini), dua unsur itu dapat dengan mudah ditemui di sebuah planet.

Baca Juga : 10 Bintang Paling Terang Di Alam Semesta

Dengan begitu, bintang-bintang yang anda lihat saat malam hari, semuanya terdiri dari Helium dan Hidrogen. Masing-masing menyumbang 75 persen dan 24 persen.

2. Matahari adalah bintang yang paling tidak bercahaya saat malam

8 Fakta Bintang Yang Kamu Saksikan Saat Malam
via infoastronomy.org

Ya tentu, karena saat malam tempat kita mengamati membelakangi bumi. Menurut beberapa ilmuwan, ada sekitar 9.096 bintang yang bisa kita lihat dengan mata telanjang namun hanya sekitar 2.000 saja yang bisa kita lihat dalam satu malam.

3. Ada sekitar 100 oktolium bintang yang terdapat di semesta

8 Fakta Bintang Yang Kamu Saksikan Saat Malam
via astronomytrek.com

Galaksi Bimasakti diketahui terdiri dari 200 miliar bintang. Itu belum ditambah dengan bintang-bintang di galaxy yang berbeda.

Tetapi diperkirakan ada sekitar 100 oktolium di Alam semesta. Oktolium adalah perkiraan angka 100 diikuti 27 angka 0. Bisa anda bayangkan banyaknya?

4. Banyak bintang yang berhasil diamati tergabung dalam skala binner

8 Fakta Bintang Yang Kamu Saksikan Saat Malam
via astronomytrek.com

Saat menatap bintang malam hari, pasti kita melihat bintang yang hanya tampak satu saja, tetapi pada faktanya, yang kita amati tersebut ternyata hanya 35 persen dari semua bintang tersebut.

Baca Juga : 10 Fakta Tentang Astronomi Yang Wajib Kamu Ketahui

Banyak bintang penyendiri yang bisa kita amati, seperti Mars misalnya. Sistem binner pada dasarnya adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih bintang dan mengorbit satu dengan yang lain.

Jadi, ketika kita mengamati sebuah bintang yang ternyata penyendiri, itu sebenarnya ada banyak bintang lain di sekitarnya namun kita hanya dapat melihat satu saja.

5. Bintang terbesar yang bisa kita amati adalah bintang merah

8 Fakta Bintang Yang Kamu Saksikan Saat Malam
via space.com

Untuk lebih mudah menggambarkan soal ini, para astronom menganalogikan dengan massa matahari demi menghitung massa bintang lain.

Lewat perhitungan itu, dapat diketahui jenis suatu bintang, apakah bintang tersebut merupakan bintang raksasa, pusat tata surya atau bintang biasa.

Baca Juga : Bintang Di Alam Semesta Lebih Banyak Dari Pasir di Bumi?

Tetapi ketika anda mengamati sebuah bintang yang terlihat besar dibanding yang lainnya, bintang tersebut adalah bintang merah, yang ukurannya mungkin lebih besar dari Matahari.

6. Bintang terbesar ternyata bukan berwarna merah namun berwarna biru

8 Fakta Bintang Yang Kamu Saksikan Saat Malam
via deviantart.com

Saat mengamati, bintang yang besar ternyata bukan berwarna merah, namun biru. Jika sobat  menyaksikan suatu bintang, dan ia berwarna biru, maka bintang tersebut adalah bintang yang sangat besar.

Ratusan kali besarnya daripada matahari kita. Tapi, mengapa ia berwarna biru? Itu karena kandungan dari bintang tersebut lebih panas daripada warna merah. Seperti kompor api yang berwarna biru karena unsur panas yang dimilikinya.

7. Tidak ada bintang berwarna hijau

8 Fakta Bintang Yang Kamu Saksikan Saat Malam
via astronomytrek.com

Adakah yang kalian amati bintang berwarna Hijau? Mungkin ada. Tetapi, bintang tersebut ternyata berwarna lain. Ia berwarna hijau karena spectrum cahaya yang di pancarkannya dan bukan warna aslinya.

Menariknya, banyak bintang berwarna hijau yang kita saksikan ternyata hanyalah ilusi. Artinya warna yang dimiliki bintang tersebut bukan warna asli melainkan karena frekuensi lain dari spectrum cahaya yang kemudian muncul sebagai warna hijau dalam penglihatan kita.

8. Neutron adalah bintang terpadat yang bisa dilihat manusia

8 Fakta Bintang Yang Kamu Saksikan Saat Malam
via infoastronomy.org

Bintang neutron sebenarnya adalah sisa pecahan bintang yang sudah habis masa baktinya di alam semesta.

Untuk itu, bintang neutron tidak dapat lagi memancarkan cahaya, karena sifat padat yang ada dalam massanya. Diameternya mungkin hanya kecil, namun massanya bisa berjuta-juta kali dari matahari.

Uniknya, meski tidak lagi mengeluarkan cahaya, bintang ini tidak bisa lagi kita saksikan di bumi dengan mata telanjang.

Penutup

Fakta-fakta bintang seperti yang sudah diulas diatas mungkin hanya sebagian kecil saja fakta sebenarnya bintang yang biasa anda saksikan saat malam hari.

Hal itu tidak mengherankan, karena setiap hari ada saja penemuan bintang yang dilakukan oleh para astronom, baik bintang baru ataupun bintang lama dengan fakta baru.

Demikian artikel tentang 8 fakta tersembunyi bintang yang biasa anda saksikan saat malam hari. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *