5 Fakta Mengenai Bumi Yang Jarang Diketahui Orang

5 Likes Comment
Fakta Mengenai Bumi

Fakta mengenai bumi jika dibahas akan sangat luas dan diartikel ini hanya membahas satu bagian kecil mengenai fakta itu. Karena itu, dalam pembahasan kali ini kita akan membahas fakta-fakta mengenai apa yang ada di bumi, yakni tumbuhan yang hidup diatasnya.

Setelah dikumpulkan, 5 fakta ini menjadi refleksi bersama bagi umat manusia. Selama ribuan tahun, manusia telah melompat ke posisi terasa dari rantai makanan.

Lompatan yang ekstrem ini membuat manusia serakah dan tak pernah puas untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca Juga : 5 Negara Dengan Umat Katolik Terbesar Di Dunia

Berbagai sumber daya dieksploitasi, anda yang dapat di daur ulang ada yang sebaliknya. Melindungi bumi adalah tugas bersama seluruh umat manusia.

Tapi, rasa tidak puas tadi berhasil mengarahkan kita untuk menjadi lebih liar dan ganas mengambil sumber daya yang tersedia.

5 Fakta Mengenai Bumi Yang Jarang Diketahui Orang

Dan fakta-fakta mengenai bumi saat ini harus diterima dengan besar hati. Lalu apa saja fakta itu? Ini daftarnya.

1. 80% hutan asli sudah ditebang

5 Fakta Mengenai Bumi Yang Harus Anda Ketahui
via Visitestonia.com

Hutan yang tumbuh di bumi telah mendominasi tanah selama kurang lebih 8.000 tahun terakhir, namun kini sebagian besar telah ditebang.

Sekitar 4/5 hutan ludes akibat eksploitasi besar-besaran yang dilakukan oleh manusia tanpa ada usaha sadar untuk menanamnya kembali. Pikirkan saja berapa banyak spesies, vegetasi, dan sebagainya yang hilang akibat penebangan tersebut?

2. Hanya 10 persen area di muka bumi yang dilindungi

5 Fakta Mengenai Bumi Yang Harus Anda Ketahui
via forestholidays.co.uk

Diantara banyak daerah-daerah di muka bumi ini, hanya 10 persen yang dilindungi secara resmi. Hal itu bertujuan untuk menjaga kelangsungan spesies disana dan juga manusia.

Baca Juga : 7 Aplikasi Kesehatan Paling Terpercaya di Indonesia

Lebih buruk lagi, banyak daerah yang seharusnya dilindungi namun dilakukan dengan cara minimal saja, yakni dengan meninggalkan tanaman yang terancam oleh faktor eksternal lain, seperti tanaman yang dilindungi.

3. Separuh spesies yang ada di dunia berasal dari satu negara saja

5 Fakta Mengenai Bumi Yang Harus Anda Ketahui
via sciencemag.org

Faktanya adalah, tanaman yang anda temukan dibagian dunia lain, saat ini tidak tumbuh ditempat-tempat lain. Karena habitat tanaman tersebut telah rusak, dan tidak usah berharap agar tanaman yang mati dapat dengan mudah ditemukan atau dihidupkan lagi.

4. 68% tanaman yang ada di dunia terancam punah

5 Fakta Mengenai Bumi Yang Harus Anda Ketahui
via asmenvis.nic.in

Beberapa ilmuwan ketika melakukan penelitian menegaskan bahwa ada sekitar 68 persen tanaman yang ada diseluruh dunia terancam punah.

Baca Juga : Apa Yang Terjadi Jika Bumi Berputar Ke Arah Sebaliknya?

Karena tanaman tersebut tidak lagi hidup akibat dari perbuatan manusia. Lebih ironis lagi, tanaman-tanaman yang terancam punah tersebut lebih rentan daripada kelompok hewan.

5. Spesies yang terancam punah selalu ada campur tangan manusia

5 Fakta Mengenai Bumi Yang Harus Anda Ketahui
via asmenvis.nic.in

Lebih ironis lagi fakta bahwa spesies yang terancam punah selalu ada campur tangan manusia didalamnya. Sisanya, disebabkan oleh perubahan iklim, penggundulan hutan, faktor eksternal lain seperti gunung meletus.

Untuk itu, para ahli percaya bahwa spesies yang punah di satu tempat 1.000 hingga 10.000 kali lebih cepat daripada kepunahan alami.

Penutup

Masihkah kita tidak peduli? Untuk itu, dari sekarang kita harus lebih peka lagi terhadap kehidupan alam dan manusia.

Supaya, apa yang kita lihat sekarang ini, mulai dari lingkungan, vegetasi, alam dan lain sebagainya masih dapat dilihat oleh anak cucu kita 1000 tahun mendatang.

Menjaga bumi agar tetap bisa ditinggali oleh manusia adalah tugas setiap manusia, tanpa terkecuali. Oleh karena itu, ada baiknya anda berusaha menjaga bumi dari sekarang.

Cara paling sederhana adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Nah demikian artikel tentang 5 fakta mengenai bumi yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *