20 Fakta Menarik YouTube Yang Jarang Diketahui Publik

9 Likes Comment
fakta menarik youtube

Sebenarnya, ada banyak sekali fakta menarik YouTube yang jarang diketahui publik meskipun anda sudah sering menggunakan aplikasi yang satu ini.

YouTube kini telah menjadi salah satu situs berbagi video paling populer di Dunia. Setiap hari, pengguna YouTube terus bertambah begitu juga dengan konten yang ada didalamnya.

Disisi lain, YouTube juga telah menjadi salah satu situs pencarian paling populer dibawah Google. Data pencarian di YouTube mengalahkan gabungan dari Bing dan Yahoo.

YouTube juga telah menjadi salah satu lahan penghasilan yang menjanjikan bagi banyak orang, entah itu personal ataupun bisnis. Dimana, setiap orang bisa mendapatkan uang dari YouTube.

20 Fakta Menarik YouTube Yang Jarang Diketahui Publik

Dan mungkin beberapa dari anda belum mengetahui fakta-fakta menarik tentang Youtube. Artikel kali ini akan membahas tentang 20 fakta menarik Youtube yang mungkin kamu belum ketahui. Apa saja fakta menarik tentang Youtube? Ini daftarnya.

1. YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim

18 Fakta menarik tentang Youtube
Para pendiri Youtube dari kiri ke kanan, Chad Hurley, Steven Chen, dan Jawed Karim via entrepreneur

Domain Youtube didaftarkan pada Februari 2005 dan secara resmi diluncurkan pada Desember 2005. Awalnya, Youtube difokuskan sebagai sebuah situs pacaran (dating).

Dan, nama domain Youtube.com tersebut didaftarkan tempat hari Valentine. Ini adalah fakta menarik Youtube yang paling pertama.

Sebenarnya ada sebuah perusahaan dengan nama Tube and Rollform Equipemnt di Ohio mempunyai nama yang sama jika di ucapkan yakni Utube dan membingungkan banyak orang.

Klaim kemudian dimenangkan oleh YouTube dan sekarang Utube.com berubah nama menjadi UtubeOnline.com Versi awal Youtube diberi nama Tune in Hook Up, yang sedikit mirip dengan nama situs populer pada masa itu, Hot or Not.

Setelah itu, pendiri YouTube memutuskan bahwa situsnya tidak ingin fokus pada satu jenis video pacaran atau marketing saja tetapi ingin menampilkan semua jenis video.

Baca Juga : 8 Fakta Menarik Tentang Pekerja Tambang

Dalam sebuah Laporan, ide awal Pendirian Youtube datang saat Pendirinya Chend dan Hurley sulit menshare foto pesta makan malam ke teman-temannya.

Ada juga yang mengatakan kalau ide awal Youtube muncul saat ketiga pendiri YouTube mengadakan pesta dan ngobrol tentang sulitnya mendapatkan video Clip kejadian-kejadian seperti Tsunami yang terjadi di Aceh dan Asia Tenggara pada tahun 2004 lalu ataupun video salah kostum Janet Jackson.

2. Latar belakang pendidikan para pendiri Youtube

fakta menarik Youtube
via history-computer.com

Steven Shih Chen lahir di Taipei, Taiwan, pada tahun 1978. Dia pindah ke Amerika saat berusia 8 tahun. Ayahnya mempunyai perusahaan perdagangan yang cukup sukses di Taipei lalu pindah ke Amerika untuk meluaskan bisnisnya.

Chen drop out dari perguruan tinggi beberapa bulan sebelum kelulusan untuk bekerja di Confonity, sebuah perusahaan di California yang mengawali PayPal.

Sementara itu, salah satu pendiri Youtube, Chad Maredith Hurley lahir di Birdsboro, Pennsylvania tahun 1977. Ayahnya adalah seoarang konsultan keuangan sementara ibunya adalah seorang Guru.

Chat Hurley sebenarnya adalah seorang atlet sekaligus seniman di masa SMA. Ia pernah memenangkan dua kali kejuaraan nasional lintas alam pada tahun 1992 dan 1994.

Setelah lulus SMA, Chad Hurley melanjutkan ke Indiana University di Pennsylvania. Awalnya dia memilih jurusan ilmu komputer tetapi kemudian pindah ke seni yang fokus pada desain dan cetak. Selama kuliah Chad biasa berjualan pisau dapur dari pintu ke pintu.

Baca Juga : Dari Masa Ke Masa, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Persija

Setelah lulus dari perguruan tinggi, Chad Hurley melamar ke Confinity, yaitu perusahaan yang mendirikan PayPal. Dia mendesain logo PayPal sebagai syarat dari wawancara kerjanya, yang kemudian menjadi logo resmi PayPal.

Dia adalah desainer pertama perusahaan dan karyawan ke-10. Selama hari-hari pertamanya bekerja sebagai karyawan Confinity, Chad tinggal dan tidur di lantai kamar temannya.

Dilain pihak, Jawed Karim lahir pada Mei 1979 di Mersburg, Jerman Timur dan kemudian pintah ke Jerman Barat. Karim pindah ke Amerika pada tahun 1992 ke Maplewood, di pinggiran kota St. Paul, Minnesota.

Kedua orang tua Karim adalah seorang ilmuwan. Ayahnya bernama Naimul, seorang ahli kimia Bangladesh dan ibunya, Christine, adalah seorang profesor biokimia Jerman di University of Minnesota.

Saat di SMA St. Paul, Karim menciptakan sistem email khusus untuk sekolahnya. Awalnya Jawed Karim ditolak masuk program ilmu komputer di University of Illinois di Urbana-Champaign.

Tetapi kemudian dia mengirim surat yang menerangkan bahwa dia berbakat dalam program ilmu komputer.

Dia kemudian diterima, meski akhirnya ia tidak selesai kuliah dan kemudian bekerja di PayPal. Gelar sarjananya ia terima pada pada tahun 2004.

3. Sebelum YouTube, situs sharing video pertama adalah ShareYourWorld.com yang muncul pada tahun 1997

18 Fakta Menarik Tentang YouTube
via crunchbase.com

Namun karena teknologi pada masa itu belum cukup untuk mengirim dan menonton video lewat internet, maka situs tersebut kemudian di tutup.

Baca Juga : 5 Fakta Mengenai Bumi Yang Harus Kamu Ketahui

YouTube bermula di garasi rumah Chad Hurley. Pada tahun 2006, mereka mampu memindahkan ke kantornya di bawah pizzeria dan restoran Jepang di dekat San Mateo, California, dan pertama kalinya mempekerjakan 20 karyawan.

18 Fakta Menarik Tentang YouTube
Garasi rumah Chad Hurley via fossbytes.com

Hurley sebagai chief executive officer dan Chen sebagai chief technology officer. Karim bertindak sebagai advisor. Pada waktu itu, Karim baru saja lulus dari program ilmu komputer di Stanford University.

Di markas YouTube, karyawan bisa memilih elevator, tangga, atau tempat meluncur besar. Wanita yang menyewakan garasi rumahnya kepada Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998 saat mereka mendirikan Google, wanita tersebutlah yang kemudian menjadi CEO YouTube.

4. Pada oktober 2006, Google membeli saham YouTube senilai $1,65 miliar

fakta menarik youtube
via thestreet.com

18 bulan setelah YouTube berdiri. Karim memperoleh $66 juta saham Google, Chen memperoleh $310 juta dan Hurley mendapatkan $334 juta saham di Google.

Pada tahun 2006, saat Google membeli YouTube, YouTube menghabiskan uang $500.000 setiap bulannya meski popularitasnya meningkat. Namun Google melihat potensi iklannya yang sangat besar.

Baca Juga : Inilah 13 Ciri Psikopat Paling Mengerikan

Sebulan setelah berdiri, YouTube memperoleh 3 juta pengunjung. Pengunjungnya bertambah tiga kali lipat pada bulan ketiga (Februari 2006).

Kemudian bertambah tiga kali lipat lagi pada bulan Juli hingga mencapai 30 juta pengunjung. Akhirnya pada tahun pertama berdiri, pengunjung YouTube sudah mencapai lebih dari 38 juta orang.

5. YouTube adalah search Engine terbesar kedua setelah Google, dan lebih besar dari gabungan Bing, Yahoo, dan Ask

18 Fakta Menarik Tentang YouTube
via forrealtraffic.com

Selain itu, YouTube juga berada di posisi kedua sebagai situs yang paling banyak di cari di search engine setelah Google.

Lebih banyak dibandingkan gabungan dari Bing, Yahoo! dan Ask. Hal yang paling banyak di cari di Youtube adalah tutorial How To Kiss.

6. Pada tahun 2013, YouTube menjadi situs paling banyak dikunjungi keempat setelah Google, Facebook dan Yahoo!

18 Fakta Menarik Tentang YouTube
via naturalnews.com

Pengunjung YouTube jika di bulatkan secara rata-rata 44% perempuan dan 56% laki-laki. Kebanyakan pengunjung berusia antara 12-17 tahun.

7. Pada tahun 2007, YouTube diperkirakan menggunakan bandwidth sebesar bandwidth yang digunakan seluruh internet pada tahun 2000

18 Fakta Menarik Tentang YouTube
Youtube Go via dailysocial.id

Nama “YouTube” dan mottonya “Broadcast Yourself” menunjukkan harapan pendirinya agar semua orang dapat menikmati situs ini secara gratis.

Baca Juga : 9 Tanda Yang Menunjukan Bahwa Kamu Punya Pengagum Rahasia

Pada tahun 2007, salah satu pendiri YouTube, Hurley, mengatakan kepada BBC News bahwa salah satu tujuan YouTube adalah untuk menghibur, menginformasikan dan memperkuat hubungan dunia lewat video.

8. YouTube telah menjadi fenomena budaya yang sudah dikaji di beberapa perguruan tinggi

18 Fakta Menarik Tentang YouTube
via Getty Images

Pada tahun 2007, Pitzer College di California memberikan kuliah yang dinamakan “Learning from YouTube”. Dosen menyuruh mahasiswanya menganalisa tentang peran YouTube di masyarakat. Selain itu, Pada Mei 2008, polisi L.A. menangkap Cyrus Yazdini karena aksi vandalisme.

Baca Juga : 7 Fakta Mengenai Starbucks Yang Wajib Kamu Ketahui

Dia mengunggah banyak aksi grafitinya di YouTube diiringi soundtrack musik rap. Unggahan di YouTube nya membantu polisi untuk menemukan dengan cepat lalu menangkapnya.

9. YouTube berisi sekitar 1/3 dari pertunjukan multimedia Amerika

Video pertama yang diunggah di YouTube berjudul “Me at the Zoo” yang menampilkan Jawed Karim, salah satu pendiri YouTube, sedang bercerita tentang panjang belalai gajah. Video ini di unggah pada 23 April 2005 dan hanya berdurasi 20 detik.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Edit Foto Terbaik Saat Ini

Hingga kini, Video tersebut telah ditonton lebih dari 11 juta kali dan memperoleh komentar lebih dari 80.000. Sementara, Kata pertama yang diucapkan di dalam video di YouTube adalah “All right, so here we are in front of the elephants”.

10. Video pertama dengan jutaan penonton

Pada September 2005, iklan sepatu Nike oleh bintang sepak bola Brazil Roaldinho “Touch of Gold” menjadi video pertama di YouTube yang ditonton sebanyak 1 juta kali.

Sementara video tertua yang ada di Youtube adalah Video tentang kucing yang dibuat pada tahun 1894.

Saking banyaknya video yang diunggah di YouTube, maka untuk menonton semua unggahan video sampai tahun 2010 akan menghabiskan waktu 1700 tahun.

11. Setiap menit terdapat ratusan video yang diunggah dengan durasi total mencapai 72 menit

fakta menarik youtube
via mozilla.net

Pada tahun 2013, YouTube memiliki lebih dari 72 jam video yang diunggah setiap menitnya. Lebih dari 4 miliar jam video (butuh waktu 450.000 tahun untuk melihat) ditonton setiap bulannya di YouTube. Setiap detiknya ada 46.296 video YouTube yang ditonton di seluruh dunia.

Baca Juga : 6 Fakta Gerbang Neraka Di Turkmenistan

Pada Oktober 2009, YouTube mencapai 1 miliar video yang ditonton setiap harinya, atau 11.574 video ditonton setiap detiknya.

Pada Mei 2010, video YouTube yang ditonton setiap harinya mencapai 2 miliar video, atau 23.148 video setiap detiknya.

Pada tahun 2012, video yang ditonton mencapai 4 miliar setiap harinya, atau 46.296 setiap detiknya. Dan Setiap bulannya lebih dari 6 miliar jam video ditonton di YouTube. Berarti masing-masing orang menonton satu jam di seluruh dunia dalam sebulannya.

Dalam setiap menitnya ada lebih dari 100 jam video yang diunggah ke YouTube. Kebanyakan trafik YouTube lebih dari 70% berasal dari luar Amerika.

Setiap harinya ada 1 miliar orang yang melihat YouTube melalui ponselnya. Dan Tidak semua video YouTube bisa dilihat melalui ponsel.

12. Kualitas video terus mengalami peningkatan

18 Fakta Menarik Tentang YouTube
via alexandrajuhasz.com

Fakta menarik YouTube yang ke-10 adalah soal kualitas. Pada tanggal 21 Juli 2009, YouTube mengumumkan bahwa pengguna YouTube sudah bisa mengunggah video 3D

Video 3D bisa ditonton dengan beberapa cara, misalnya dengan menggunakan lensa anaglyph (kaca mata berwarna merah atau biru).

Pada Januari YouTube mengumumkan bahwa YouTube akan support dengan video 360°.Video 360° bisa ditonton di Google Cardboard VR Headsets.

Pada Juni 2007, BBC melaporkan bahwa “dalam satu harinya, YouTube mengirim data yang sama dengan 75 miliar email”.

Pada tahun 2007, perdana menteri Inggris, Tony Blair, menjadi pemimpin dunia pertama yang mempunyai channel di YouTube. Pada tahun 2006, Kongres Amerika dan Presiden meluncurkan chamnelnya di YouTube.

Video Full HD di YouTube dirilis pada bulan November 2009. Pada 12 November 2014, YouTube meluncurkan layanan premiumnya yang pertama, yang awalnya bernama “Music Key”, tetapi kemudian pada 20 Oktober 2015 diluncurkan kembali dengan nama “YouTube Red”.

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Online Terbaik Tahun 2018

YouTube memiliki 800 juta lebih pengunjung khusus setiap bulannya, yang sebagian besar berasal dari orang Eropa. Yang membuat video viral di YouTube belum diketahui dengan pasti.

Video tentang humor, mengaduk emosi dan pengalaman manusia adalah yang nampak menarik. Seorang peneliti menyatakan bahwa “menjadi viral adalah bukan strategi, tetapi hasilnya”.

13. Kunci keberhasilan Youtube

18 Fakta Menarik Tentang YouTube
via blog.securly.com

Menurut penelitian, kesuksesan YouTube terletak pada empat kunci, yaitu (1) rekomendasi video melalui daftar “related video”, (2) adanya link email untuk berbagi video, (3) komentar (dan tampilan media sosial lain), dan (4) pemutar video embedded atau langsung dapat diputar.

Sequoia Capital membantu mendanai YouTube. Di samping YouTube dia juga membantu PayPal, Apple, Likedln, Yahoo!, dan Zappos.

Ada beberapa negara yang memblokir YouTube seperti Afghanistan, Bangladesh, Brazil, Jerman, Cina, Korea Utara, Iran, Libya, Pakistan, Suriah, Tajikistan, Turkmenistan, dan Turki.

Baca Juga : 10 Fakta Astronomi Yang Wajib Kamu Ketahui

Iran memblokir YouTube pada tahun 2009 karena video memprotes pemilihan presiden. Sebagai gantinya, pada tahun 2012 Iran meluncurkan pengganti YouTuber dengan nama Mehr.

YouTube diblokir di Libya pada tahun 2010 karena menayangkan protes anti pemerintah dan keluarga Gaddafi saat pesta mewah.

Kemudian YouTube diperbolehkan lagi pada tahun 2010 setelah Revolusi Libya. YouTube pernah diblokir selama 5 bulan pada tahun 2007 karena video berdurasi 44 detik tentang gambaran jelek raja Thailand.

14. Promosi dengan gadis aktraktif

18 Fakta Menarik Tentang YouTube
Video gangnam style merupakan video yang paling banyak di tonton di Youtube sampai pada tahun 2012 via fossbytes.com

Pada awal untuk mempopulerkan situsnya, YouTube menawarkan $100 bagi gadis atraktif yang bisa mengunggah 10 atau lebih video. Tetapi tidak ada satupun yang tertarik dengan tawaran tersebut.

Menurut Google, demokrasi Barat berusaha menyensor konten politik di YouTube, termasuk agen pemerintah di Kanada, Spanyol, dan Amerika.

Sejak tanggal1 April 2008, YouTube setiap tahunnya mengunggah tayangan humor April Fool. Video yang paling banyak ditonton di YouTube adalah “Charlie Bit My Finger”.

Video ini diunggah pada tanggal 22 Mei 2007 dan telah ditonton oleh 500 juta pengguna YouTube. Ini adalah satu dari sekian fakta menarik tentang youtube yang bersinggungan dengan kehidupan politik.

Baca Juga : 10 Fakta Menarik Tentang Fisika 

Pada tahun 2013, video yang paling banyak ditonton di YouTube adalah “Gangnam Style” yang diunggah pada tahun 2012.

Gangnam Style adalah video pertama yang mendepatkan 1 miliar hits, mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, yaitu video musik Justin Bieber, “Baby” yang diunggah pada 24 November 2012.

Video di YouTube yang paling banyak mendapat like adalah “See You Again” oleh Wis Khalifa bersama Charlie Puth, yang mendapat 12,59 juta like.

Video debut Rebecca Black, “Friday” di YouTube adalah video yang paling banyak mendapat “dislike”. Video ini mendapat 3,1 juta dislike sebelum akhirnya dihapus.

Video sebelumnya yang paling banyak mendapat dislike adalah video Justin Bieber, “Baby”, yang mendapat 2 juta dislike.

Dan Justin Biber adalah artis yang terkenal berawal dari channel di YouTube nya. Justin Bieber mempunyai 4 lagu dengan pemirsa lebih dari 1 miliar pada Juni 2017.

Channel Vevo Justin Bieber sekarang memegang paling banyak subscribernya untuk jenis music. Dari 63 video yang mencapai 1 miliar pemirsa, 56 diantaranya adalah berjenis video musik.

15. Video dengan miliaran pemirsa

18 Fakta Menarik Tentang YouTube
via gadgets.ndtv.com

Sampai Juni 2017, hanya ada 63 video YouTube yang mampu mencapai 1 miliar pemirsa. Batman adalah video superhero yang paling populer di YouTube, yang telah ditonton oleh lebih dari 3 miliar orang.

Video YouTube yang jumlah penontonnya paling cepat mencapai 1 miliar adalah video “Hello” dari Adele.

Baca Juga : 10 Fakta Menarik Hewan Yang Wajib Kamu Ketahui

Adelle meraih 1 miliar penonton hanya dalam waktu 88 hari. Video kedua paling cepat memperoleh 1 miliar penonton adalah video “Sorry” dari Justin Bieber, yang butuh waktu 123 hari untuk mencapai 1 miliar pemirsa.

Video ini mencapai 2 miliar penonton setelah 360 hari. Video YouTube yang paling banyak ditonton dalam 24 jam pertama diunggah adalah Star Wars: The Force Awakens Official Teaser #2, yang mencapai 112 juta penonton dalam waktu 24 jam.

16. Video paling panjang

18 Fakta Menarik Tentang YouTube
via smartshow-software.com

Video terpanjang di YouTube adalah video slide show cerita perjalanan Jonathan Harchick (pencipta video tersebut) ke Chili pada tahun 2009. Durasi video ini 571 jam, 1 menit, dan 41 detik.

Orang yang mendapat bayaran tertinggi dari YouTube adalah Felix Arvid Ulf Kjelberg AKA PewDiePie. PewDiePie diperkirakan mendapat $12 juta per tahunnya dari channel YouTube.

PewDiePie juga merupakan channel YouTube yang paling banyak mempunyai subscriber, sebanyak 80 juta subscriber sebelum akhirnya dikalahkan oleh Channel T-Series, sebuah industri musik berbasis di India.

Baca Juga : 10 Situs Penyedia Gambar Gratis di Internet

Channel YouTube yang berbahasa non Inggris yang paling banyak subscribernya sekarang adalah HolaSoyGerman, yaitu channel komedi berbahasa Spanyol milik komedian dari Chili, German Alejandro Garmendia Aranis. Channel ini sekarang memegang peringkat paling banyak kedua subscribernya setelah PewDiePie.

17. Rata-rata terdapat lebih dari 400 tweet per menit yang berisi link YouTube

18 Fakta Menarik Tentang YouTube
via twitter @nba

Jika pengguna YouTube terkena pelanggaran copyright, maka account nya akan dihentikan dan seluruh video yang diunggah akan dihapus.

Seorang yang account-nya dihentikan tidak diperbolehkan membuat account baru. Pelanggaran copyright terjadi ketika pengguna mendownload materi yang mempunyai hak cipta tanpa ijin terlebih dahulu.

Beberapa perusahaan menggugat YouTube karena mereka yakin YouTube tidak cukup mampu mencegah pelanggaran hak cipta.

Baca Juga : 7 Aplikasi Kesehatan Paling Terpercaya di Indonesia

Pada tahun 2008, Viacom, yang memiliki MTV, VH1, Comedy Central, dan Nickelodeon, memenangkan gugatan ke pengadilan yang mengharuskan YouTube menangani lebih dari 12 terabyte video yang dilihat setiap pengguna YouTube.

Pada tahun 2010, tuntutan hukum sebesar $1 miliar oleh Viacom ditolak berdasar Undang-undang Copyright Digital Millennium.

Saat kasus ini dikembalikan pada tahun 2012, pada tahun 2013 YouTube mengalahkan Viacom lagi berdasar peraturan “safe harbor” dari DMCA.

Jika ditemukan video berhakcipta, maka YouTube akan menawarkan kepada pemilik copyright antara videonya dihapus atau menambahkan iklan di videonya. Pemilik copyright kemudian akan mendapat penghasilan dari iklan tersebut.

18. Punya miliaran pengguna

18 Fakta Menarik Tentang YouTube
via thewimn.com

YouTube mempunyai lebih dari satu miliar pengguna, yang jumlahnya mencapai sepertiga dari pengguna internet

Pilihan bahasa di YouTube yang bisa kamu pilih mencapai 75 bahasa di dunia. Rata-rata pengguna YouTube mengakses situs ini selama 15 sampai 25 menit. Rata-rata pengunjung YouTube mengakses situs tersebut 14 kali dalam sebulan.

YouTube mempunyai program Automated Content ID, yang mendeteksi konten duplikat di YouTube untuk menghindari pelanggaran hak cipta.

Baca Juga : 10 Kegiatan Produktif Saat Berada di Rumah

Program ini menscan seluruh video yang berdurasi 100 tahun setiap harinya. Pada tahun 2008, YouTube mendapat Peabody Award karena dianggap telah mempromosikan demokrasi dengan tindakannya sebagai “Speaker’s Corner”.

Banyak pakar industri memperkirakan bahwa YouTube sangat memakan biaya, terutama penggunaan bandwidthnya yang setiap bulannya sebesar $5 – $6 juta.

19. Laba Youtube

18 Fakta Menarik Tentang YouTube
via cbc.ca

Meski Google tidak memberikan laporan penghasilan YouTube secara detail, teapi pada bulan Juni 2008, majalah Forbez melaporkan bahwa laba YouTube pada tahun 2008 mencapai $200 juta.

YouTube mempunyai tempat atau ruang produksi di Los Angeles yang gratis digunakan jika kamu mempunyai 10.000 subscriber. Anne Frank ada di YouTube.

Dia tampak di film sedang berada di jendela untuk mencari pose yang menarik dari foto pernikahannya. Video Kucing galak marah-marah di YouTube menghasilkan uang yang lebih banyak dibandingkan pendapatan artis pemenang Oscar, Gwyneth Paltrow, pada tahun 2014.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Mengirim Tulisan Dengan Bayaran Tertinggi

Jika kamu mengetikkan “Do the Harlem shake” di kotak pencarian YouTube, maka akan langsung akan terdengar lantunan lagu Do the Harlem shake diserta lembar YouTube yang bergoyang-goyang (langsung coba, Gan).

YouTube mempunyai lebih dari 10.000 partner iklan tayang termasuk diantaranya Disney, Turner, Univision, Channel 4, dan Channel 5. Sekarang terdapat lebih dari satu juta anggota Program Partner YouTube.

20. Hak cipta di YouTube

18 Fakta Menarik Tentang YouTube
via theheoureka.com

Di Jerman, seluruh klip YouTube yang termasuk musik yang mempunyai copyright akan dilarang, meskipun musik tersebut dimainkan sebagai soundtrack,

Menurut penelitian tahun 2012 ditemukan 60% dari 1000 video YouTube yang paling banyak ditonton telah diblokir di Jerman. Pada tahun 2012, video di YouTuber berjudul “The Innocence of Muslims” menyebabkan demonstrasi anti Amerika.

Penutup

Nah demikian artikel tentang 20 fakta menarik YouTube yang jarang diketahui publik. Setiap hari, fakta-fakta ini terus bertambah terutama soal subscriber dari beberapa channel yang disebutkan diatas.

Jika anda tahu beberapa fakta lain yang tidak saya disebutkan pada artikel ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *