5 Fakta Menarik Tumbuhan Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

1 Like Comment
fakta menarik tumbuhan

Sebenarnya ada banyak sekali fakta menarik tumbuhan. Hal ini disebabkan karena di bumi terdapat jutaan jenis tumbuhan yang tersebar di berbagai wilayah. 

Setiap tumbuhan memiliki keunikan tersendiri. Yang berarti, ada karakter tertentu yang membuat tumbuhan itu berbeda satu dengan yang lain.

Karakter ini juga bisa membantu manusia memahami antara satu tumbuhan dengan tumbuhan yang lainnya.

Tumbuhan sendiri merupakan suatu organisme multiseluler yang masuk dalam bagian kerajaan plantae. Didalam kerajaan plantae itu juga terdapat bagian-bagian dari tumbuhan.

Bagian-bagian tumbuhan itu antara lain, tumbuhan paku, lumut, gymnospermae, alga, tumbuhan berbiji terbuka dan lain sebagainya.

5 Fakta Menarik Tumbuhan Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan kepada anda 5 fakta menarik tumbuhan yang mungkin tidak ada ketahui. Fakta apa saja itu? Berikut daftarnya:

1. Di Bumi terdapat lebih dari 80.000 jenis tumbuhan yang dapat dimakan

Tumbuhan paku
Tumbuhan paku via idaroh.com

Jika kamu sedang ingin mencicipi tumbuhan baru, kabar baiknya ada lebih banyak tanaman yang bisa kamu konsumsi dari seluruh dunia.

Mungkin, kamu akan sulit menemukan semua makanan karena terkendala waktu, tempat dan juga pengetahuan tertentu. Namun, ada sekira 80.000 makanan dari seluruh dunia yang bisa di konsumsi oleh manusia.

2. 90 Persen makanan yang dimakan oleh manusia berasal dari 30 jenis tanaman utama

kacang tanah
Kacang tanah via koran-jakarta.com

Dari puluhan ribu tanaman tersebut, manusia hanya mengkonsumsi 30 diantaranya. Ini cukup mencengangkan, mengapa?

Sebab makanan yang terdapat di muka bumi, atau dari tanaman, cukup melimpah tapi manusia hanya makan bagian kecil darinya saja.

Jika anda berpikir bahwa makanan yang anda konsumsi itu dengan alasan gizi maka pendapat anda itu keliru. Sebab, ada tanaman lain di hutan yang lebih bergizi ketimbang sayur yang anda konsumsi tersebut.

3. Nutrisi tidak dihasilkan dari produktivitas makan manusia secara umum

produktivitas manusia
via healthline.com

Para petani dari seluruh dunia telah menanam tanaman tertentu karena mereka dapat tumbuh dengan cepat, murah dan bisa menghasilkan uang.

Akibatnya, sebagian besar tanaman yang sebenarnya mengandung nutrisi lebih banyak dibiarkan begitu saja dan tidak tersedia di toko atau pasar.

4. 70.000 spesies tanaman digunakan untuk medis

obat herbal
via cloudinary.com

Sekitar 70.000 tanaman yang ada di muka bumi digunakan sebagai obat. Sebagian besar digunakan untuk obat tradisional, di ikuti obat modern dan sebagainya.

Baca Juga : Jual Foto Anda di 5 Situs Ini Dan Dapatkan Honor Jutaan Rupiah

Rata-rata tanaman yang digunakan sebagai obat disebut sebagai obat herbal alami. Bahkan, sebagian besar obat yang digunakan di Amerika Serikat berasal dari tanaman hutan hujan.

5. Hanya satu persen tanaman dari hutan hujan yang telah dijadikan sebagai obat

obat herbal
via sahabiyah.com

Ternyata, ini juga cukup mencengangkan mengingat ada banyak sekali tanaman yang terdapat di bumi namun baru sedikit saja yang diketahui memiliki manfaat pengobatan. 

Memang sih, tidak seluruh tanaman tersebut memiliki manfaat medis bagi manusia, namun jika dimaksimalkan dengan baik, mungkin tanaman yang dapat dijadikan menjadi obat menjadi lebih banyak.

Penutup

Selain fakta diatas, tumbuhan juga memiliki peran yang besar untuk mendukung kehidupan di bumi, entah untuk manusia hingga hewan-hewan.

Selain menjadi sumber makanan utama manusia, tumbuhan juga menjadi sumber oksigen karena hampir sebagian besar tumbuhan di bumi menjadi pemasok molekul tersebut.

Disisi lain, tumbuhan juga bisa digunakan sebagai bahan dasar furnitur, rumah, permainan, perekat dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, fakta diatas hanyalah satu bagian kecil dari fakta keseluruhan tentang tumbuhan.

Hingga kini, manusia juga terus berupaya mengenal tumbuhan dari waktu ke waktu, mempelajarinya, mencari manfaatnya dan lain sebagainya.

Nah demikian artikel tentang 5 fakta menarik tumbuhan yang mungkin tidak anda ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *