Dari Masa Ke Masa, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Persija

4 Likes Comment
Fakta Menarik Tentang Persija

Dari Masa Ke Masa, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Persija – Sejak dulu nama Persija sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia, terutama bagi para pecinta sepakbola tanah air.

Persija sendiri menjadi salah satu tim elit Indonesia yang bermarkas di ibukora RI, yakni di Jakarta. Persija juga beberapa kali menjadi pemenang piala bergengsi, piala Presiden dan beberapa piala lain.

Selain itu, Persija sering mewakili Indonesia di kompetisi antar klub baik Asia Tenggara, Asia maupun Dunia. Mereka juga dikenal memiliki supporter fanatic dan sering bentrok dengan supporter klub yang lain. Dalam beberapa kasus bahkan menelan korban Jiwa.

Nama Bambang Pamungkas sampai saat ini melekat pada Persija. Selain karena ia menjadi salah satu pemain andalan klub ibukota ini, ia juga menjadi Legenda Timnas Indonesia yang telah menorehkan lebih dari 30 gol selama membela merah putih.

Baca Juga : Jejak-Jejak Ken Angrok Di Gunung Kawi

Namun dibalik nama Persija, mungkin warga Indonesia masih banyak yang belum tahu mengenai sejarah dan juga berbagai prestasi yang telah di torehkan klub yang satu ini. Oleh karena itu, disini kita akan membahas mengenai 5 fakta menarik tentang Persija yang belum kita ketahui.

Fakta-fakta yang akan kita bahas sebenarnya disini sebenarnya hanyalah fakta-fakta umum atau lumrah yang wajib diketahui baik oleh publik, supporter maupun warga negara yang lain.

Disini akan dibicarakan tentang sejarah mengenai Persija, nama-nama yang pernah di pakai, dan tentu saja prestasi yang pernah ditorehkan. Lalu apa saja fakta mengenai Persija ini? Pasti penasaran kan? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

1. Berdiri pada 29 November 1928

5 Fakta Menarik Tentang Persija
gambar via pengetahuan-duniabola55.blogspot.com

Persija sendiri turut membidani lahirnya Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Persija juga menjadi langganan Juara sejak Kompetisi Perserikatan mulai digelar pada tahun 1930.

Prestasi Persija kemudian anjlok pada di era Liga Indonesia. Selama 17 tahun Persija harus puasa gelar di level Nasional sebelum akhirnya menyabet Piala Presiden pada tahun 2018 kemarin.

2. Persija didirikan Oleh Soeri dan A. Alie dengan nama Voetbalbond Boemipoetra (VVB)

5 Fakta Menarik Tentang Persija
Via bola.com

Pada 30 Juni 1929 nama VVB diubah menjadi VIJ (Voetbalbond Indonesia Jacatra) setelah pengurus mengalami perpecahana VBO (Voetbalbond Batavia en Omstreken) yang didukung oleh pihak Belanda. Pada bulan meti 1942, Persija mulai memakai nama Persatoan Sepakraga Indonesia Djakarta (Persidja) akibat dampak dari duduknya Jepang di Indonesia.

3. Sepanjang Sejarah Persija Beberapa Kali Berganti Stadion

5 Fakta Menarik Tentang Persija
Potret dari atas Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan Jakarta. Stadion ini menjadi markas Persija sekarang via Tribunnews

Stadion yang pernah di Pakai Persija antara lain Stadion VIJ, Stadion Ikada, Stadion Menteng, Stadion Lebak Bulus, Stadion Manahan Solo, Stadion Patriot Chandrabaga di Bekasi, dan terakhir Stadion Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta.

4. Meraih banyak gelar Juara

5 Fakta Menarik Tentang Persija
Persija berhasil menyabet gelar juara Piala Presiden yang dilaksanakan pada tahun 2018 lalu via bola.net

Beberapa gelar bergengsi yang pernah di miliki oleh Persija antara lain Kompetisi Perserikatan pada tahun 1930, 1933, 1934, 1938, 1954, 1964, 1973,. 1975, 1979. Meraih gelar juara Liga Indonesia pada tahun 2001, meraih gelar Piala Presiden pada tahun 2018, Ho Chi Minh City Cup pada tahun 1973, dan Bruney Invitation Cup pada tahun 2000 dan 2001.

5. Merupakan salah satu klub dengan Suporter terbesar di Indonesia

5 Fakta Menarik Tentang Persija
The Jakmania via bola.com

The Jakmania berdiri pada 19 Desember 1997 dengan ketua Pertamanya Muhammad Gunawan Hendromartono (Gugun Gondrong).

5 Fakta Menarik Tentang Persija
Infografis oleh Historia.id

Nah demikian artikel tentang 5 Fakta Menarik Tentang Persija. Dengan klub dan supporter sebesar Persija sebenarnya ada banyak fakta menarik lain, namun akan diulas dilain kesempatan.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *