17 Fakta Menarik SEO Yang Jarang Diketahui Blogger

4 Likes Comment
fakta menarik seo

Search Engine Optimization [SEO] sebenarnya bukanlah suatu ilmu pasti namun ada beberapa fakta menarik SEO yang dapat membantu anda untuk memahami sekaligus mengaplikasikannya.

Lalu, mengapa SEO bukan suatu ilmu pasti? Karena, Google dan search engine lain seperti Bing dan Yahoo tidak pernah menjelaskan secara detail mengenai logaritma yang digunakan di mesin telusur.

Oleh karena itu, para pakar SEO berusaha memahami bagaimana cara kerja SEO tersebut dari waktu ke waktu dan menyesuaikan dengan konten yang dibuat.

Disisi lain, meskipun dalam tahap tertentu sudah dipahami, namun akan ada pembaharuan secara terus menerus yang dilakukan, sehingga semakin menguatkan pendapat banyak orang bahwa SEO memang bukanlah suatu ilmu pasti.

17 Fakta Menarik SEO Yang Jarang Diketahui Blogger

Dalam artikel kali ini akan dibahas tentang 17 fakta menarik SEO [Search Engine Optimization] yang jarang diketahui blogger. Fakta apa saja itu? Berikut daftarnya:

1. 5 URL teratas di SERP pasti akan di klik pengunjung

Hal ini tidak terlalu mengherankan. Anda dan saya juga pasti akan melakukan hal ini, termasuk juga para pengguna lain.

Baca Juga : Idealnya, Satu Orang Punya Berapa Blog?

Selain itu, cara ini lebih mudah karena tidak harus turun ke peringkat lain atau mungkin ke halaman selanjutnya, yang bisa saja informasi yang tampil sudah tidak relevan lagi dengan kueri pencarian.

Potensi klik untuk 5 peringkat di halaman pertama Google ini mencapai 75%. Jadi, apabila salah satu artikel anda muncul di posisi ini, jumlah klik pada konten akan meningkat secara langsung.

2. 70% tautan yang diklik pengguna merupakan hasil penelusuran organik

Tautan yang saya maksud disini adalah kueri hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Tautan tersebut berisikan konten atau artikel dari suatu blog.

Di internet, ada jutaan hingga miliaran tautan entah yang sudah mati atau masih hidup. Setiap tautan itu bisa muncul di pencarian Google.

Baca Juga : Cara Buat Konten Yang Ramah SEO

Sayangnya, tidak semua tautan itu akan di klik oleh pengguna, terlebih tautan iklan. Itulah yang menjadi alasan mengapa banyak orang berbondong-bondong mempelajari SEO.

Disisi lain, banyak pengguna yang suka klik pada hasil pencarian Google dibanding iklan yang muncul di Google Search Results karena hasilnya dianggap lebih relevan.

3 . Google mendominasi pencarian hingga 75% pada total pangsa pasar mesin pencari dunia

Soal ini betul. Karena memang, Google telah menjadi salah satu raksasa mesin pencari di dunia. Ini juga yang melatarbelakangi mengapa banyak internet marketer yang menggunakan Google untuk jualan atau beriklan dibanding mesin pencari lain.

4. 81% bisnis yang ada di dunia menganggap blog adalah aset penting dalam sebuah bisnis

Blog memiliki banyak manfaat baik untuk personal ataupun bisnis. Bagi bisnis, blog bisa menjadi ruang untuk mempromosikan produk, meningkatkan branding hingga menunjukan eksistensi perusahaan termasuk visi dan misinya.

5. Aktivitas pencarian di Google dan kirim mengirim Email merupakan dua aktivitas daring paling populer

Bagi sebuah bisnis, email merupakan saluran penting untuk menjangkau audiens secara personal dan khusus. Disisi lain, pencarian di Google juga sangat populer di masyarakat.

Dua aktivitas daring ini dipercaya adalah aktivitas paling populer di abad ini. Dua hal ini juga dapat dimanfaatkan oleh bisnis untuk meningkatkan penjualan.

6. Judul halaman adalah elemen penting bagi sebuah konten

Ada banyak cara membuat orang untuk klik pada artikel. Salah satu cara paling utama adalah dengan membuat judul artikel blog yang unik, menarik dan jujur.

Tidak mudah memang membuat judul artikel blog yang memenuhi tiga unsur diatas. Namun, apabila di optimalkan, bisa meningkatkan jumlah klik pada artikel.

Baca Juga : Cara Mudah Menerapkan SEO Di Postingan Blog

Beberapa pakar juga menyebutkan bahwa setiap orang yang berkunjung di internet menggunakan waktu 1 detik hanya untuk membaca judul sebelum berpindah ke judul yang lain.

Jadi, secara tidak langsung, anda hanya punya waktu 1 detik untuk menarik pengunjung. Oleh karena itu, manfaatkan hal ini dengan baik untuk membuat judul yang menarik.

7. Pengoptimalan SEO off-page lebih tinggi dibanding SEO on-page

Ini betul dan sudah di konfirmasi oleh para pakar. Pengoptimalan SEO Off page dipercaya mengambil peran sebesar 75% bagi sebuah blog. Sisanya, 25% di dominasi oleh SEO On Page.

Baca Juga : Cerita diterima AdSense dengan 7 Artikel

Artinya, mengoptimalkan SEO off page lebih penting ketimbang SEO on page. Namun, tidak boleh meremehkan On page ini, karena dua-duanya memiliki peran sendiri-sendiri dan tidak boleh timpang.

Jadi, idealnya mana yang harus di optimalkan terlebih dahulu? Untuk hal ini, cukup sulit dijawab. Namun, ada baiknya anda mengoptimalkan dua hal itu sekaligus.

Salah satu cara yang mampu mengoptimalkan dua sisi SEO tersebut adalah memperoleh backlink. Entah melalui guest post atau lewat kolom komentar.

8. 70-80% pengguna tidak bakalan klik iklan yang tampil di search engine result dan memilih fokus pada pencarian organik

Meskipun presentasinya cukup kecil, namun iklan search result juga bisa meningkatkan penjualan loh. Namun tidak sebesar pencarian organik.

Dengan demikian, mengoptimalkan trafik organik sangat penting untuk mendukung bisnis anda dibanding menggunakan iklan berbayar.

9. 50% pengguna mesin telusur melakukan pencarian menggunakan perangkat seluler

Pencarian menggunakan smartphone atau ponsel meningkat drastis akhir-akhir ini. Presentasinya juga terus meningkat.

Hal ini tidak terlalu mengherankan, karena ponsel adalah sudah menjadi bagian sentral dalam kehidupan manusia saat ini.

Ini juga menjadi salah satu market paling besar dimana banyak bisnis yang kemudian menargetkan pengguna ponsel dibanding desktop untuk beriklan.

10. Jumlah data di Internet diperkirakan mencapai 5 juta terabyte

Perkiraan ini sendiri dilakukan oleh Google. Namun, Google menyebutkan bahwa data yang mereka kelola hanya sekitar 0,04% saja dari semua data tersebut.

Lalu, siapa pengelola data tersebut ini? Pemerintah, agen hosting dan lain sebagainya. Selain itu, dari setiap data tersebut tidak semua bisa diakses di internet.

Baca Juga : Kisah Saya Selama 8 Bulan Fokus Dalam Dunia Blogging

Mungkin butuh ratusan juta tahun agar seseorang bisa membaca semua data-data tersebut. Entah yang legal ataupun yang ilegal.

11. Video di blog dapat meningkatkan posisi blog di search engine

Beberapa pakar SEO juga sudah mengkonfirmasi hal ini. Mereka menyebutkan, apabila ada video yang di posting di halaman blog dapat meningkatkan posisi blog di SERPs.

Bahkan, apabila nilai otoritas halaman dan blog sudah diatas 20, posisinya bisa merangkak naik di peringkat pertama Google.

Hal ini juga semakin menekankan bahwa artikel blog yang dilengkapi dengan video, infografis dan beberapa paket lainnya seperti PDF lebih berpeluang tampil di halaman pertama pencarian Google.

12. Tantangan paling sulit dalam SEO blog adalah backlink

Dari 41% marketing perusahaan yang dilakukan oleh pakar SEO, 39% diantaranya mengatakan bahwa yang paling sulit saat membangun SEO adalah backlink.

Apalagi, saat ini backlink sudah diukur berdasarkan kualitasnya. Beberapa backlink juga sudah dianggap sebagai spam hingga yang berjenis no-follow.

Ingat juga, tidak semua backlink no-follow itu tidak penting, blog juga butuh backlink jenis itu selain yang do-follow.

Baca Juga : 7 Cara Memantau Dan Melacak Hasil SEO

Disisi lain, penelitian kata kunci dengan persaingan yang rendah juga lebih kompetitif. Begitu juga soal kepadatan kata kunci yang bisa menutup peluang blog untuk tampil di peringkat pertama pencarian Google.

Saat ini juga, tidak mudah untuk menemukan kata kunci yang tepat, karena sebagian besar kata kunci sudah digunakan dan beberapa diantaranya tingkat persaingannya sangat tinggi.

13. 75% pengguna tidak pernah membuka halaman dua di hasil pencarian Google

Alasannya karena banyak pengguna yang sudah menemukan apa yang mereka cari di halaman pertama hasil pencarian Google. Jadi, perbedaan untuk blog yang berada di halaman pertama hanyalah perbedaan jumlah klik.

14. 434% halaman yang diindeks di mesin pencarian berasal dari bisnis atau suatu perusahaan

Ini bukan untuk menakut-nakuti anda, terlebih para blogger pemula. Tetapi begitulah kenyataannya sekarang dan mungkin kedepannya akan bertambah.

Banyak perusahaan yang kini memiliki blog. Blog tersebut di kelola dengan baik, dengan kekuatan finansial yang tak terbatas.

Baca Juga : 5 Kesalahan Paling Umum Dalam Menerapkan SEO

Disisi lain, bagi sebuah bisnis, semakin banyak halaman yang di indeks, semakin banyak prospek dan kepercayaan yang diperoleh. Juga bisa meningkatkan penjualan produk.

Jadi, kalau anda baru saja memutuskan terjun ke dunia blogger, persaingan anda bukanlah person-vs-person lagi melainkan person-vs-corporate.

15. Mesin telusur adalah penggerak lalu lintas tertinggi

Mungkin, beberapa dari anda berpikir bahwa penggerak lalu lintas tertinggi untuk sebuah blog adalah media sosial, seperti Facebook, Twitter dan mungkin juga LinkedIn.

Sebenarnya itu salah. Penelitian yang dilakukan OutBrain menemukan perbedaan hampir 300%. Dimana, mesin telusur lebih banyak menggerakkan lalu lintas ketimbang media sosial.

Jadi, meskipun di Fanspage Facebook anda punya ribuan hingga jutaan pengikut, masih tidak cukup efektif untuk bisa meningkatkan peringkat pada keyword yang di targetkan.

16. Situs yang berada di peringkat #1 pencarian Google memperoleh lebih banyak klik

Apabila blog atau situs web anda berada di peringkat pertama pencarian Google, secara langsung akan meningkatkan frekuensi kunjungan sebesar 18%.

Semuanya berasal dari pencarian atau klik organik. Sementara, untuk posisi ke #2 potensi kliknya sebesar 10%. posisi ke #3 sebesar 7% dan posisi ke #4 sebesar 3%.

Untuk blog yang muncul di peringkat pertama, atau yang mengisi posisi featured snipped di Google, potensi kliknya meningkat 47%.

17. Di Bing, pada persoalan yang sama seperti daitas, menunjukan rasio lebih sedikit

Pada persoalan jumlah klik untuk blog yang berada di peringkat pertama pada mesin telusur Bing diketahui blog yang berada di peringkat #1 rasio kliknya sebesar 9,7%.

Sementara, blog yang berada di peringkat #2 rasio kliknya lebih tinggi yakni mencapai 55% dan untuk peringkat ke #3 rasio kliknya sebesar 2,7%.

Saat ini, mesin pencarian Bing sudah cukup populer meski masih banyak kekurangan dan kelemahan yang harus diatasi, terutama yang berkaitan dengan pencarian organik.

Penutup

Beberapa fakta menarik SEO diatas hendak memberi tahu bahwa perolehan peringkat yang lebih baik di mesin telusur adalah salah satu cara penting untuk meningkatkan penjualan bagi bisnis dan meningkatkan pendapatan bagi blog.

SEO sangat penting bagi sebuah bisnis. Terlebih di era ini, dimana sebagian besar pemasar menggunakan internet untuk jualan. Disisi lain, potensi search engine juga sangat penting bagi kelangsungan Bisnis.

Mempelajari SEO dengan baik sekaligus mengaplikasikannya adalah langkah paling penting agar produk atau blog bisa memperoleh peringkat yang lebih baik.

Nah demikian artikel tentang 17 fakta menarik SEO yang jarang diketahui blogger. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *