10 Fakta Menarik Hewan Yang Jarang Diketahui

8 Likes Comment
Fakta menarik hewan

Ada beberapa fakta menarik hewan yang mungkin belum kita ketahui saat ini. Menggunakan istilah ‘hewan’ memang pembahasannya akan sangat panjang.

Oleh karena itu, dalam artikel ini hanya diulas beberapa jenis hewan saja dengan tingkah laku unik. Beberapa hewan tersebut mungkin tidak hidup temui di Indonesia.

Disis lain, bagi manusia, terlebih para pecinta hewan, kehidupan mereka memiliki daya tarik sendiri. Entah dengan tingkah lakunya yang lucu hingga sifat alamiahnya yang buas.

Dengan kata lain, dunia hewan adalah dunia yang kompleks yang tidak bisa dipelajari dengan utuh. Namun, ada beberapa fakta menarik hewan yang mungkin bisa membantu anda mengetahui sedikit tentang dunia hewan tersebut. 

10 Fakta Menarik Hewan Yang Wajib Kamu Ketahui

Nah untuk anda yang penasaran berikut disajikan 10 fakta menarik hewan yang jarang diketahui. Fakta apa saja itu? Berikut disajikan daftarnya untuk anda.

1. Seekor opossum saat melakukan possum, mereka sebenarnya tidak sedang bermain

10 Fakta Menarik Hewan Yang Wajib Kamu Ketahui
via bungkul.com

Sebenarnya, possum sendiri hanyalah suatu kondisi dimana seekor opossum kaget lalu pingsan. Hal ini disebabkan oleh aksi teror yang mereka alami dalam aktivitas mereka tersebut.

Untuk diketahui, Opposum termasuk hewan dari ordo Didelphimorphia yang hidup secara endemik di Amerika dan beberapa wilayah lainnya.

Dari ciri-cirinya, diketahui Opposum berasal dari wilayah amerika Selatan dan memasuki wilayah Amerika Utara setelah dua wilayah itu terhubung satu dengan yang lain.

2. Selain manusia, burung di Selandia Baru ini suka makan permen karet

10 Fakta Menarik Hewan Yang Wajib Kamu Ketahui
via nzbirdsonline.org.nz

Di Selandia Baru, burung ini disebut Kea. Ukurannya tak lebih dari 2 kaki atau sekira 2,54 cm. Yang menarik dari burung ini adalah kebiasaannya memakan permen karet yang ditempel di sekitar Jendela Mobil.

Burung Kea sendiri termasuk salah satu Spesies Burung bayan yang unik dan sering ditemukan di wilayah hutan Alpen di Selandia Baru.

Hingga kini, burung Kea dikenal sebagai satu-satunya jenis bayan Alpen yang diketahui manusia. Burung ini termasuk Omnivora yang sebagian besar makannya adalah daun-daunnya dan juga serangga.

3. Ular adalah Karnivora Sejati

10 Fakta Menarik Hewan Yang Wajib Kamu Ketahui
via china.org.cn

Ular adalah salah satu hewan yang dapat ditemui dengan mudah di Dunia. Hewan ini termasuk dalam kelompok reptil tak berkaki dengan tubuh panjang.

Secara ilmiah, semua jenis hewan termasuk dalam satu subordo yakni Serpentes, yang merupakan anggota dari Squamanta termasuk juga Kadal.

Yang menarik dari ular adalah mereka adalah satu-satunya hewan dengan sifat karnivora sejati dimana mereka tidak makan apa-apa selain hewan lain. Ular juga tidak memakan semua jenis tanaman yang ada dari seluruh muka Bumi.

4. Anjing dan Kucing termasuk hewan Kidal

10 Fakta Menarik Hewan Yang Wajib Kamu Ketahui
via merdeka.com

Dalam tes yang dilakukan oleh for the Study of Animal Problems di Washington DC menemukan bahwa Anjing dan kucing adalah dua hewan yang termasuk hewan kidal.

Karena mereka sering menggunakan kaki kanan atau kaki kirinya untuk berinteraksi, termasuk saat bermain atau menggali.

Baca Juga : 5 Fakta Menarik Tumbuhan Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Anjing sendiri termasuk mamalia yang merupakan hasil domestikasi Srigala 15.000 tahun silam. Bahkan, ada kemungkinan proses domestikasi ini sudah terjadi 100.000 tahun lalu dari hasil jejak genetik fosil dan tes DNA.

Sementara, kucing termasuk hewam karnivora dari kelompok Felidae. Kata kucing disini sebenarnya merujuk pada hewan peliharaan di Rumah yang sudah dijinakkan dan bukan merujuk pada Kucing umumnya, yang dikenal Kucing besar seperti pada Harimau atau Singa.

5. Iguana dapat menyelam sangat lama didalam air

10 Fakta Menarik Hewan Yang Wajib Kamu Ketahui
20minutos.es

Meskipun termasuk hewan tropis yang hidup di darat, ternyata hewan ini juga pandai menahan nafas saat berada didalam air.

Diketahui, seekor Iguana, dapat menyelam di dalam air selama hampir setengah jam atau sekitar 28 menit. Penelitian ini membuktikan bahwa struktur iguana mampu menahan nafas lebih lama dibading jenis kadal lain.

Baca Juga : Pengen Foto Hewan Makro? Ini 10 Tipsnya

Iguana sendiri merupakan hewan bermarga kadal yang hidup di daerah beriklim tropis seperti di Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Karibia.

Pada tahun 1768, Josephus Laurenti, seorang ahli hewan Australia, berhasil mendeskripsikan hewan ini secara lengkap.

6. Buaya memiliki kecepatan yang luar biasa saat berlari di darat

10 Fakta Menarik Hewan Yang Wajib Kamu Ketahui
via animalplanetsthemostextreme.wikia.com

Dari berbagai penelitian yang dilakukan, diketahui buaya dapat mencapai kecepatan 17 Km per jam saat berlari di darat. Ini berbanding terbalik saat mereka berenang di dalam air, dimana kecepatannya bisa mencapai 60 km per jam.

Namun, meskipun buaya memiliki kecepatan demikian, ia tidaklah lincah. Seandainya jika anda dikejar oleh Buaya, berlarilah dalam keadaan zig-zag maka anda akan selamat.

Baca Juga : 5 Tumbuhan Paling Langka Yang Ada Di Dunia

Buaya sendiri merupakan salah satu reptil dengan bobot tubuh besar dan hidup di perairan. Semua jenis buaya termasuk dalam kelompok Crocodylidae.

Kelompok Crocodylidae juga termasuk buaya sepit dan jenis buaya lain. Istilah ini juga merujuk pada semua penyebutan istilah buaya seperti kaiman, gavial, aligator, dan juga buaya darat, Ups! [yang terakhir ini gak termasuk ya~]

7. Kuda tidak bisa Muntah

10 Fakta Menarik Hewan Yang Wajib Kamu Ketahui
via wikipedia.org

Pernah gak anda lihat kuda muntah? Entah di film, di kebun binatang atau mungkin anda saksikan langsung. Saya sendiri gak pernah lihat kuda muntah, karena memang mereka gak bisa muntah.

Selain kuda, Tikus juga termasuk hewan yang gak pernah muntah. Secara ilmiah, penyebabnya adalah struktur yang ada pada tubuh mereka.

Dalam tubuh Kuda, terdapat sekumpulan otot yang mengelilingi hingga ke perut. Otot ini memiliki fungsi yang sama seperti manusia.

Baca Juga : 10 Fakta Menarik Tomat Yang Jarang Diketahui

Namun, ada fungsi lain dari otot ini, yakni sistem one-way valve atau dikenal dengan istilah injap sehala, yang memungkinkan kuda tidak bisa muntah.

Kuda sendiri termasuk salah satu spesies modern dari genus atau kelompok Equus. Hewan ini sudah lama dipelihara oleh manusia karena sifatnya yang ekonomis dan sejarahnya yang panjang selama ribuan tahun lamanya.

8. Buaya tidak bisa menjulurkan lidahnya

10 Fakta Menarik Hewan Yang Wajib Kamu Ketahui
via cnbc.com

Nah kalau tadi berbicara tentang kecepatan Buaya yang bisa mencapai 17 kilometer per jam, kini berbicara tentang kekurangan Buaya.

Oh iya, bukan buaya darat ya. Karena jelas-jelas, buaya darat bisa menjulurkan lidahnya. Lidah itu juga bisa digunakan untuk gombal-gombalan pacar orang.

Baca Juga : Percaya Atau Tidak, Inilah Bunga Terbesar Di Dunia

Lalu, mengapa buaya tidak bisa menjulurkan lidahnya? Bukankah hewan reptil lain bisa? Seperti Kadal, Ular, dan juga Komodo.

Atau mungkin karena buaya tidak punya Lidah? Sebenarnya, buaya punya lidah. Sementara, alasan mengapa buaya tidak menjulurkan lidahnya karean lidah yang terdapat pada mulut mereka menempel di sepanjang area mulutnya.

9. Lidah kupu-kupu ada pada kaki mereka

10 Fakta Menarik Hewan Yang Wajib Kamu Ketahui
chesapeakebay.net

Bagi anda yang belum tahu, gara-gara fakta ini juga maka ada istilah Kupu-kupu malam. Kupu-kupu sendiri termasuk serangga dalam kelompok suku Lepidoptera atau serangga yang memiliki sayap bersisik.

Baca Juga : 15 Fakta Menarik Tentang Nanas

Yang menarik dari serangga ini adalah lidah atau kemampuan mengecap mereka terdapat di kaki. Yang berarti, kaki kupu-kupu berfungsi sebagai lidah.

10. Pinguin tidak dapat meloncat dengan ketinggian 6 kaki

10 Fakta Menarik Hewan Yang Wajib Kamu Ketahui
via istock.com

Sebelum lanjut, ketinggian 6 kaki itu kira-kira berapa meter ya? Jawabannya adalah 182,88. Kalau di konversi ke meter, berapa hasilnya? sekitar 1,8288 meter.

Fakta ini juga semakin memperunik jenis hewan akuatik ini. Mereka sebenarnya termasuk Burung, namun gak bisa terbang. Dan sepanjang hidupnya hanya main es-esan saja.

Di dunia ini, terdapat 16 jenis spesies pinguing, dua diantaranya dikenal dengan nama Eudyptula, yang kini sudah dianggap sebagai spesies,

Penutup

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa fakta unik hewan sebenarnya sangat banyak. Karena istilah hewan memiliki pembahasan yang kompleks serta jenisnya yang banyak.

Jika anda fakta hewan lain yang ingin anda tambahkan dalam artikel ini, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang 10 fakta menarik hewan yang jarang diketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *