10 Fakta Menarik Gempa Bumi Yang Harus Kamu Ketahui

8 Likes Comment
fakta menarik gempa bumi

10 Fakta Menarik Gempa Bumi Yang Harus Kamu Ketahui – Gempa bumi adalah keadaan dimana tanah bergoyang dengan intensitas tertentu akibat fenomena alam. Ini biasanya dapat menghancurkan apapun yang ada di atasnya termasuk tanah itu sendiri.

Gempa bumi juga menjadi pemicu bencana serupa, seperti Tsunami atau gunung meletus. Ada juga bencana yang disebabkan karena aktivitas manusia, seperti penambangan, pembuatan terowongan hingga uji coba hulu ledak nuklir.

Utamanya, gempa bumi terjadi karena gesekan antar dua lempeng yang menimbulkan gelombang seismik dari dalam tanah.

Baca Juga : 5 Struktur Bangunan Paling Tahan Gempa di Dunia

Di Indonesia sendiri, gempa bumi cukup sering terjadi mulai dari intensitas yang rendah hingga yang mematikan. Hal ini tidak mengherankan, karena Indonesia termasuk wilayah paling rawan mengalami gempa bumi.

10 Fakta Menarik Gempa Bumi Yang Harus Kamu Ketahui

Disisi lain, ada fakta-fakta menarik tentang gempa bumi yang belum kita ketahui. Fakta apa saja itu? Berikut daftarnya.

1. Penyebab gempa bumi

penyebab gempa bumi
via npr.org

Peristiwa alam seperti letusan gunung berapi dan meteor yang jatuh juga menyebabkan gempa bumi. Tetapi sebagian besar gempa bumi terjadi secara alamiah karena di picu oleh pergerakan lempeng bumi.

2. Ada 20 lempeng di bumi

Gambar ilustrasi lempeng
Gambar ilustrasi lempeng via geonet.org.nz

Permukaan bumi terdiri dari 20 lempeng yang terus bergerak setiap saat. Ketika tekanan meningkat dari lempeng yang bergerak maka kerak dari dalam bumi akan pecah. Hal ini kemudian memicu terlepasnya energi yang kuat dalam bentuk gelombang (alias gempa bumi).

3. Bencana yang paling banyak memakan korban jiwa

akibat gempa bumi
Bangunan yang hampir roboh akibat gempa via thenational.ae

Gempa bumi telah menjadi salah satu predator alam paling mematikan yang pernah ada di muka bumi. Selain itu, gempa bumi bisa dapat menghancurkan apa saja yang ada di depannya dan dapat memicu bencana alam lain seperti tsunami, tanah longsor dan salju longsor.

4. Ada ribuan gempa yang terjadi tiap tahun

gempa bumi
via time.com

Pusat Informasi Gempa Nasional (NEIC) mencatat 20.000 gempa terjadi setiap tahun atau sekitar 50 gempa terjadi setiap hari di seluruh dunia.

Baca Juga : 30 Fakta Gempa Bumi Yang Harus Kamu Tahu

Namun, diperkirakan sebagian besar gempa bumi yang terjadi terlalu lemah untuk dicatat sehingga diperkirakan gempa yang terjadi melebih dari angka diatas.

5. Provinsi paling banyak mengalami gempa

provinsi paling rentan mengalami gempa
via kompasiana.com

Saat ini, California selatan menjadi daerah dengan gempa bumi terbanyak yang terjadi setiap tahun yakni 2.000 gempa, sebagian lagi tidak tercatat karena intensitasnya yang rendah.

Baca Juga : 40 Fakta Mengenai Tsunami

Jika terjadi gempa besar kemungkinan akan ada gempa susulan yang bisa saja menghasilkan gempa bumi yang lebih besar selama berbulan-bulan.

6. Terkosentrasi di Pasifik

Titik gempa terkosentrasi di pasifik
via ooicruises.ocean.washington.edu

Hampir 80% dari semua gempa bumi yang terjadi terkonsentrasi di sepanjang samudera Pasifik. Ini adalah wilayah yang dikelilingi 452 gunung berapi aktif termasuk Indonesia. Sementara, lebih dari 75% gunung berapi aktif dan tidak aktif ada di sepanjang Samudera Pasifik.

7. Gempa terbesar 

Gempa terbesar
via jwattsupwiththat.com

Gempa bumi terbesar yang pernah tercatat di Amerika Serikat dengan kekuatan 9.2 Skala Richter yang melanda Alaska pada 28 Maret 1964. Sementara, gempa bumi terbesar di dunia yang pernah tercatat terjadi di Chili dengan kekuatan 9,5 SR pada mei 1960 lalu.

8. Gempa dengan dampak terbesar

gempa bumi dengan dampak terbesar
via wired.com

Ketika gempa terjadi di Chili pada tahun 1960, seismograf mencatat gelombang yang dihasilkan menyebar ke seluruh dunia. Gelombang ini mengguncang seluruh dunia selama beberapa waktu. Gempa di Chili ini dapat dirasakan warga dari seluruh dunia.

9. Menjadi pemicu tsunami dengan korban jiwa terbanyak

tsunami
via news.usc.edu

Gempa bumi yang terjadi di Samudera Hindia memicu gelombang Tsunami besar pada 26 Desember 2004. Tsunami yang menghantam puluhan negara itu membawa gelombang 100 kaki dan menewaskan lebih dari 225.000 orang di 11 Negara termasuk di Aceh, Indonesia.

10. Wilayah paling rawan mengalami gempa

gempa
Gambar ilustrasi via signsofthelastdays.org

Alaska adalah negara yang paling rawan mengalami gempa bumi dan salah satu daerah aktif secara seismik di seluruh dunia.

Daerah ini setiap tahun harus mengalami gempa bumi dengan kekuatan 7,0 SR dan setiap 14 tahun sekali mengalami guncangan gempa bumi diatas 8,0 SR.

Nah demikian artikel tentang 10 fakta menarik gempa bumi yang harus kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *