5 Fakta Jurusan Manajemen Bisnis

10 Likes Comment
jurusan manajemen bisnis

Ada beberapa fakta jurusan manajemen bisnis yang mungkin tidak ada ketahui. Selain itu, jurusan ini termasuk salah satu jurusan dengan peluang karir yang tinggi.

Memilih jurusan yang tepat adalah langkah awal untuk bisa memperoleh karir yang diinginkan di masa mendatang.

Oleh karena itu, sebelum lanjut ke perguruan tinggi ada baiknya anda mempertimbangkan jurusan yang akan anda ambil. Apalagi kenyataan banyak sarjawan yang akhirnya berkarir tidak sesuai dengan keahliannya.

Hal ini diperparah lagi dengan kenyataan bahwa banyak mahasiswa di Indonesia yang setelah lulus kuliah tidak siap kerja. Sudah banyak yang mengakui ini.

Alasannya sangat sederhana, kemampuan yang dimiliki oleh fresh graduate [lulusan baru] tidak spesifik. Kalaupun spesifik presentasenya kecil. Dan ini menjadi tantangan bagi pelaku bisnis untuk memperkerjakan lulusan baru.

Oleh karena itu, ada baiknya mulai sekarang anda menentukan jurusan mana yang kemampuannya bisa langsung dimanfaatkan saat kerja nanti. Salah satu jurusan tersebut adalah manajemen bisnis.

5 Fakta jurusan manajemen bisnis

Nantinya, seorang yang lulus di manajemen bisnis ini bisa berkarir di perusahaan pada posisi sebagai manajer.

Oleh karena itu, untuk mengulas fakta mengenai jurusan yang satu ini dibutuhkan data real-time. Lalu apa saja fakta jurusan manajemen bisnis ini? Berikut disajikan 5 fakta. Ini Daftarnya:

1. Peluang pekerjaan

peluang jurusan manajemen bisnis
via carainvestasibisnis.com

Saat anda ingin mengambil jurusan manajemen bisnis berarti anda harus mengetahui kondisi perekonomian saat ini dan peluangnya bagi jurusan anda.

Setiap perusahaan dan lembaga membutuhkan seorang manajer. Dan biasanya, seorang menejer harus memiliki ketrampilan dan pengetahuan yang cukup mengenai bisnis dan juga kewirausahaan.

Jadi pada dasarnya, peluang pekerjaan untuk bisnis ini cukup terbuka lebar. Sebuah lembaga yang bergerak dibidang analisis bisnis, the burning-glass menyebutkan bahwa dalam 12 tahun terakhir ada sekitar 357.983 lowongan pekerjaan untuk jurusan yang satu ini. Disisi lain, ada sekitar 7.950 lowongan pekerjaan untuk posisi analisis bisnis.

2. Selalu di asosiasikan dengan bisnis

peluang karir ditempat kerja
via wrike.com

Hingga saat ini, standar untuk bisa bekerja sebagai pegawai kantoran harus memiliki ijazah S1. Dengan kata lain, peluang kerja seorang sarjana terbuka lebar.

Selain itu, peluang untuk mendapatkan promosi dengan latar belakang pendidikan sarjana juga terbuka baik di perusahaan Swasta ataupun di lembaga pemerintahan.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Fotografi Sendiri di Rumah

Yang berarti, karir seorang sarjana akan cepat berkembang dibanding dengan yang berlatar belakang pendidikan menengah.

Selain itu juga, jurusan manajemen bisnis sering di asosiasikan untuk pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan keahlian bisnis seperti manajer pemasaran, keuangan, promosi dan lain sebagainya.

3. Tetap memulai karir sebagai pemula

manajemen bisnis
via elearningindustry.com

Memiliki gelar sarjana manajemen bisnis tidak berarti bahwa anda akan melewati pekerjaan etri-level. Yang berarti, anda tidak mungkin bisa langsung kerja di posisi yang anda harapkan. Apalagi kalau anda masih berstatus fresh-graduate.

Itu berarti, karir awal anda akan sama seperti lulusan sekolah menengah. Dan disinilah fungsi seorang manajer sebenarnya akan diasah. Apalagi jika anda juga seorang calon manajer.

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Manajemen Dan Kepemimpinan

Karena itu, posisi ini juga harus anda lewati karena sangat berguna untuk mempelajari tugas dan tanggungjawab seorang manajer nantinya.

Setidaknya, untuk menjadi seorang manajer anda harus memiliki pengalaman minimal 2 tahun di poisisi yang sama. Memulai pekerjaan tidak semudah yang anda pikirkan.

Dan di tahap-tahap awal inilah anda harus membuktikan kemampuan anda. Buatlah rencana pengembangan karir sehingga potensi dan karir anda semakin jelas dimasa mendatang.

4. Soal gaji

gaji lulusan manajemen bisnis
via nulearn.in

Meski sebenarnya karir ditentukan oleh banyak faktor yang berbeda mulai dari lokasi pekerjaan, pertumbuhan dan terakhir pengalaman.

Semua hal ini menentukan berapa besaran gaji yang anda peroleh. Terkadang, jika anda bekerja di lembaga pemerintahan, anda akan mendapatkan tunjangan jabatan.

Baca Juga : Cara Dapatkan Uang Dari Youtube Terbaru

Jika anda bekerja di perusahaan swasta, mungkin anda juga akan memperoleh pendapatan tambahan. Untuk gaji biasanya variatif dan bergantung pada posisi anda dan berapa lama anda di posisi tersebut.

Namun rata-rata gaji seorang manajer itu diatas 4 juta per bulan. Di lokasi tertentu, misalnya di Jakarta, gaji mungkin 2 kali lipat dari angka yang disebutkan.

Perlu juga anda ketahui, perusahaan tempat anda bekerja dan pengalaman anda merupakan faktor utama yang mempengaruhi gaji.

5. Peluang kerja jurusan manajemen bisnis

peluang pekerjaan
via msecnd.net

Jika anda lulus di jurusan manajemen bisnis, anda bisa bekerja di sektor mana saja. Dengan kata lain, anda bisa memilih dimana anda akan bekerja.

Anda bisa berkarir dibidang keuangan hingga kesehatan. Salah satu keuntungan mengambil jurusan ini adalah anda bisa berbagi pengetahuan temtang organisasi yang membutuhkan seorang profesional dibidang manajemen.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kode Negara Asal iPhone

Beberapa pekerjaan menekankan pada fleksiblitas. Biasanya, pekerjaan manajer yang fleksibel ini ada pada perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang startup.

Dengan kata lain, peluang untuk bekerja terbuka dengan lebar. Ada beberapa industri dan lembaga yang membutuhkan jasa seorang yang lulus pada bidang manajemen bisnis atau punya pengalaman dibidang tersebut antara lain:

  1. Konstruksi, ilmiah & teknik dengan contoh pekerjaan sebagai seorang manajer proyek, manajer produk atau manajer distrik.
  2. Rumah sakit. Di sini anda bisa bekerja sebagai manajer sumber daya manusia atau Human Resource Development [HRD], direktur program atau bisa menjadi manajer klinik
  3. Di Bidang pendidikan anda bisa bekerja sebagai direktur penerimaan mahasiswa baru, dosen hingga manajer administrasi

Disisi lain, anda bisa bekerja di sektor pariwisata, perhotelan hingga agensi pengiriman seperti kantor Pos atau di JNE. Karena sebagian besar instansi, lembaga dan perusahaan membutuhkan orang yang ahli di bidang manajemen dan bisnis ini.

Penutup

Seperti yang disebutkan dibagian atas, memilih jurusan yang tepat saat kuliah bisa menjadi salah satu penentu karir anda dimasa mendatang.

Oleh karena itu, ada baiknya mulai sekarang anda menentukan jurusan kuliah apa yang hendak anda ambil secara matang sebelum masuk ke jenjang perguruan tinggi hingga akhirnya terjun ke dunia kerja.

Nah demikian artikel tentang 5 Fakta Jurusan Manajemen Bisnis. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *