Sstt, Ini Trik Rahasia Agar Diterima Google Adsense

4 Likes Comment
rahasia agar diapprove google adsense

Bagi beberapa orang, diterima Google AdSense merupakan prestasi tersendiri selama menjadi seorang Bloger atau Youtuber.

Alasannya sangat sederhana, sebab blog atau channel youtube anda sudah bisa menghasilkan uang, sekaligus dianggap berguna oleh salah satu periklanan paling besar dan populer di dunia.

Tapi ternyata, untuk diterima oleh AdSense bagi beberapa orang adalah hal yang sulit. Hal ini juga saya alami sendiri.

Sejak saya aktif ngeblog, saya beberapa kali mendaftar ke Google Adsense meski kemudian ditolak. Sebagian besar pengajuan yang saya lakukan berakhir penolakan, ya ironi memang. Alasan penolakan variatif, mulai dari tidak ada konten, navigasi yang menipu dan lain sebagainya.

Penolakan adsense
Penolakan AdSense pada salah satu situs saya yang sudah berumur hampir 9 bulan [Kini sudah tidak aktif lagi]
Saat itu, yang saya tahu saya hanya terus memposting artikel tanpa memperhatikan hal-hal penting lain yang bisa menjadi nilai tambah agar bisa diterima menjadi mitra Adsense.

Satu tahun terakhir, pengajuan saya akhirnya diterima oleh pihak Google. Setelah saya perhatikan, ternyata ada beberapa bagian penting yang harus ada di blog sebelum mendaftar ke Google Adsense.

Jika diperhatikan, bagian yang paling penting adalah konten, navigasi dan berbagai elemen pendukung lain seperti disclaimer dan juga link eksternal.

Baca Juga : 16 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Selain itu, trafik pada waktu diterima juga belum naik. Bahkan, untuk ukuran blog yang hampir mencapai satu tahun, trafiknya masih berkisar <2000 per hari.

Tentang google AdSense

Untuk anda yang belum tahu, Google Adsense adalah salah satu program pengiklan milik raksasa mesin pencari terbesar di dunia yakni Google.

Program periklanan ini menawarkan iklan kontentekstual yang dapat digunakan di beberapa platform dan setiap orang dapat bergabung dengan bebas asalkan mengikuti persyaratan yang sudah ditentukan oleh mereka.

Program periklanan milik Google ini melayani berbagai platform mulai dari blog, video Youtube dan juga aplikasi seluler. Banyak orang yang menyukai Google Adsense karena pembayarannya yang tepat waktu.

Penyebab pengajuan AdSense ditolak

Mungkin, sebagian besar dari para publisher gagal diterima Google Adsense saat pertama kali mendaftar. Saya sudah melihat banyak sekali ulasan mengenai alasan ditolak dan juga pandangan mereka tentang penolakan tersebut yang semuanya berbau opini.

Keluhan di forum dan berbagai komentar membuat saya berpikir bahwa meskipun sudah diterima Google Adsense, akun yang dimiliki belum tentu aman sebab ancaman dan tantangan selanjutnya lebih besar yakni Banned dan waktu payout.

Baca Juga : Bisakah Memasang Iklan AdSense di Blog Yang Pernah di Banned?

Saran yang diberikan oleh blogger lain biasanya hanya berputar pada halaman kontak, TOS, atau halaman Privacy Policy hingga pada item lain seperti menu navigasi dan template yang digunakan.

Saya pribadi sudah mengalami penolakan beberapa kali, tetapi saya sangat berhati-hati pada pengajuan kedua sampai full approve. Dibawah ini akan saya bahas tentang rahasia agar di approve Google Adsense.

Sebenarnya, bukan rahasia lagi sih, tapi lebih kepada bagaimana anda menggunakan informasi penolakan dengan baik, mencernanya dan mengaplikasikannya sebelum mendaftar untuk kali ke dua dan ketiga di AdSense.

Trik Rahasia Agar Diterima Google Adsense

Dalam artikel kali ini hanya akan diulas 5 trik rahasia agar di terima oleh Google AdSense setelah pengajuan pertama dan ditolak.

Trik ini juga bisa anda terapkan apabila sudah beberapa kali anda ditolak dan anda tidak tahu persis alasan penolakan. Lalu apa saja tipsnya? Berikut ini artikelnya.

1. Buat blog yang terlihat berharga

Blog yang terlihat berharga itu ciri-cirinya adalah konten yang berkualitas, panjang dengan niche yang spesifik.

Konten itu adalah jantung bagi sebuah blog. Jika konten anda unik dan berkualitas, maka pengajuan yang anda lakukan kemungkinan besar akan cepat diterima Google AdSense.

Baca Juga : Berapa Lama Agar Viewers Blog Mencapai 1000 Pengunjung per Hari?

Oleh karena itu, usahakan untuk membuat konten original dan bukan hasil copy paste. Alias, anda harus membuat konten yang asli, bermanfaat dan punya nilai kebaharuan.

Baiknya juga anda tidak membuat konten yang bersifat spam dan tidak bermanfaat. Boleh-boleh saja anda merewrite artikel, tapi baiknya skor plagiarismenya tidak lebih dari 20%,

Dan ingat, jangan pernah membuat artikel hasil spin atau menggunakan Google AdSense pada autoblog. Karena sudah pasti bakalan ditolak oleh pihak adsense.

Lantas, bagaimana jika semua hal diatas sudah saya lakukan tapi tetap saja tidak diterima? Mungkin ini beberapa alasannya:

a. Kualitas artikel

Kualitas artikel diukur dari panjang artikel dan juga informasi yang disampaikan. Panjang ideal adalah 700 karakter, lebih banyak lebih bagus. Untuk informasi yang disampaikan ini berangkat dari tema yang dibahas.

  • Jika penolakan karena Tak Ada Konten: Perbanyak konten di blog hingga 10-30 artikel sebelum mendaftar ke adsense lagi.
  • Jika penolakan akibat Konten Berharga : Berarti ada konten yang duplikat dan penggunaan sumber daya [gambar, video atau tulisan] yang berhak cipta
  • Jika penolakan akibat Situs Tidak Sesuai dengan Kebijakan : Baiknya anda mengevaluasi konten, artikel, halaman tidak ditemukan [404], tidak mendaftar ke Google Search Console, tidak adanya halaman Disclaimer, Privacy Policy, dan TOS serta mengandung pembahasan tentang kekerasan, J*di, P*rn, dan lain sebagainya.
  • Jika ditolak dengan alasan tidak dapat meninjau situs: Google tidak bisa melakukan crawling pada artikel dan blog anda, termasuk pada robots text dan mungkin juga DNS, domain atau hosting [dalam beberapa kasus]
  • Jika ditolak akibat Situs Terkait dengan Email Lain : Anda sudah pernah mendaftar di browser yang sama atau memasukan situs yang sedang ditinjau oleh pihak AdSense.
  • Dll
b. Niche yang dipilih

Baiknya anda memilih satu niche saja. Misalnya, tema tentang fotografi atau mengenai internet marketing. Bahas satu niche saja yang spesifik.

c. Navigasi

Disini, ada beberapa poin penting yang harus anda ketahui:

  • Navigasi baiknya tidak mengarah ke halaman lain diluar dari blog anda
  • Navigasi baiknya tidak mengarah ke link artikel dalam blog atau halaman khusus lain
  • Baiknya navigasi untuk menunjukan kategori atau kumpulan artikel didalam blog
d. Hal-hal khusus lain

Ada beberapa hal-hal khusus lain yang mungkin bisa membuat anda ditolak AdSense antara lain:

  • Masih berumur dibawah <18 Tahun
  • Belum support di negara/wilayah tertentu
  • Kebijakan khusus dari pihak AdSense

2. Mendaftar

Jika semua hal diatas sudah fix, maka anda bisa langsung mendaftar ke Google AdSense. Anda bisa langsung mengetik AdSense di kolom pencarian Google atau klik saja tautan ini.

Disini anda akan diarahkan pada kolom seperti dibawah ini:

Mendaftar ke AdSense

Silahkan isi data-data diatas sesuai dengan yang diminta mulai dari nama situs, alamat email dan juga buletin. Setelah ini, anda akan diarahkan pada kolom identitas.

Silahkan isi kolom identitas tersebut sesuai dengan yang diminta mulai dari Nama anda [personal atau perusahaan], kontak, entitas bisnis, alamat surat, nomor telepon, alamat email, negara dan lain sebagainya.

Semua identitas ini akan digunakan untuk memverifikasi identitas anda, dan data tersebut akan digunakan untuk mengirimkan PIN.

Pastikan anda memberikan informasi yang baik dan benar. Untuk nomor telepon, anda juga akan mendapatkan kode OTP verifikasi.

3. Peninjauan dan Persetujuan

Setelah mendaftar, biasanya Google Adsense mengirimkan pesan bahwa permintaan akan ditinjau 1×24 jam dan mungkin lebih lama. 

Jika anda mengikuti berbagai tips yang sudah saya jelaskan diatas, mungkin persetujuan tidak akan berlangsung lama, apalagi jika blog anda sudah berumur lebih dari 6 bulan. Bahkan, dalam beberapa kasus, ada peninjauan yang tidak sampai 12 jam sudah full approve.

Saat email persetujuan seperti dibawah ini anda terima lewat email, akan ada email tambahan yang akan menjelaskan mengenai alur penggunaan iklan.

penerimaan adsense

Pada dasarnya, akun adsense anda belum sepenuhnya disetujui, karena ada beberapa langkah verifikasi lain yang harus anda lakukan.

Tetapi di situs web anda sudah akan tampil iklan AdSense otomatis dan pendapatan mulai dihitung. Selama iklan tayang, Google akan memantau lalu lintas situs web anda untuk memastikan bahwa tidak ada klik dan trafik yang tidak valid atau mencurigakan. Selama tidak ada hal-hal seperti diatas, akun adsense anda tetap ama.

Baca Juga : 10 Tips memaksimalkan pendapatan di Google AdSense

Setelah anda bisa menempatkan jenis iklan yang diinginkan, termasuk juga mengajukan permohonan untuk situs web baru dan lain sebagainya.

Langkah selanjutnya adalah menunggu PIN datang. Pin dari Google AdSense akan datang saat saldo anda mencapai $10 US Dollar atau sekitar Rp135 ribu rupiah.

4. Akun terverfikasi: Verfikasi PIN, Rekening Bank dan Informasi Pajak

Sebenarnya ada satu hal kunci pada poin ke 4 ini, yakni : Nomor telepon. Saya tekankan sekali lagi bahwa rahasia agar di approve google adsense adalah nomor telepon.

Oleh karena itu, usahakan nomor telepon yang anda gunakan saat mendaftar itu valid dan baiknya anda menggunakan nomor yang sama untuk akun gmail anda [ini juga untuk menghindari banned di kemudian hari]

Agar bisa payout, Anda perlu melakukan beberapa langkah verifikasi, antara lain:

a. Verifikasi Identitas

Akan ada pemberitahuan di dashboard AdSense untuk melakukan verifikasi Identitas. Verifikasi ini bertujuan agar identitas yang digunakan pada akun sesuai dengan yang asli.

b. PIN

Setelah verifikasi identitas, Google akan mengirimkan PIN kepada anda yang berisikan 8 digit angka. Angka ini merupakan kode OTP untuk memastikan bahwa orang yang menggunakan akun tersebut adalah asli.

c. Verifikasi akun Bank

Jika langkah diatas sudah selesai, maka selanjutnya adalah dengan melakukan verifikasi akun bank. Google akan mengirimkan sejumlah kecil uang [biasanya kurang dari 1000 rupiah] untuk memastikan bahwa rekening yang digunakan itu valid.

d. Pajak

Sejak september 2019, Google menerapkan kebijakan baru dimana agar bisa payout dari AdSense harus bisa memasukkan slip pajak penghasilan. Slip pajak ini dapat diurus di Kantor Pajak Pratama [KPP] yang ada di lokasi atau wilayah tempat anda tinggal.

Baca Juga : 16 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Namun, biasanya penghasilan yang dipotong pajak untuk akun AdSense adalah akun yang telah memperoleh penghasilan diatas Rp. 54 juta per bulan.

Untuk anda yang berpenghasilan di bahwa nominal tersebut tidak wajib untuk saat ini, kecuali jika ada perubahan peraturan antara AdSense dan Pemerintah Indonesia.

5. Jadilah pengiklan yang cerdas

Hal terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan menjadi seorang pengiklan yang cerdas. Ada bebrapa langkah untuk jadi pengiklan yang cerdas, antara lain:

a. Bijak menggunakan kode AdSense

Dengan cara tidak menempatkan iklan secara berlebihan dan mengganggu pengguna serta tidak menggunakan kode iklan AdSense di blog lain yang belum disetujui oleh pihak AdSense.

b. Tidak klik iklan sendiri

Hati-hati dengan hal ini sebab bisa membuat akun AdSense anda di banned oleh Google tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Atau jangan pernah menyuruh teman atau orang lain klik iklan yang terdapat pada blog sebab Google bisa mendeteksinya sebagai klik yang tidak valid.

Oleh karena itu, patuhilah peraturan dari AdSense agar anda bis memperoleh penghasilan rutin tiap bulan dari blog, channel Youtube atau mungkin aplikasi seluluer anda.

Question and Answer [Q&A]

Sebebarnya, Q&A ini merupakan pertanyaan yang umum dan sering ditanyakan oleh blogger pemula yang selalu saya lihat di blog, kolom komentar, forum atau grub AdSense di media sosial. Berikut pertanyaan dan jawabannya:

Q : Dimana saya bisa melihat kebijakan Google Adsense?

A : Anda dapat Melihat Kebijakan Google Adsense di sini. Klik tautan tersebut untuk melihat daftar kebijakan AdSense dan perubahan-perubahannya.

Q : Apakah mendaftar ke Google Adsense harus menggunakan akun Gmail?

A : Ya, ini wajib. Untuk menggunakan layanan dari Google termasuk AdSense anda wajib memiliki akun Gmail. Atau dalam kasus berbeda, seperti Anda memiliki email kostum dari domain, anda boleh menggunakannya.

Email kostum bisa diperoleh dengan mudah, biasanya berbentuk seperti namaanda@namawebsiteanda.com. Anda juga bisa menggunakan email kostum seperti diatas yang di hosting oleh GSuite.

Q : Dimana saya bisa meletakan pada blog saya?

iklan google adsense

A : Anda dapat menempatkan iklan dimana saja seperti yang anda lihat pada gambar diatas. Saran saya, baiknya anda menggunakan iklan bergambar. Umumnya, iklan bergambar memiliki fungsi yang lebih baik ketimbang teks.

Dan dapat diaplikasikan dibagian atas postingan, tengah dan juga bawah. Anda juga dapat menempatkan iklan di header dan footer blog termasuk sidebar.

Q. Jenis iklan apa dengan BPK paling tinggi?

A : Untuk menjawab ini sebenarnya relatif karena bergantung dari niche yang anda angkat. Untuk hasil terbaik saya menyarankan agar Anda menggunakan iklan berukuran 250 x 300 untuk unit iklan in article dan 300 x 600 untuk sidebar.

Q. Apakah blog gratisan bisa diterima oleh AdSense?

A : Bisa untuk platform tertentu. Makanya saya selalu menggunakan kata-kata diatas untuk dua kategori seperti situs web dan blog.

Untuk tambahan situs web sifatnya statis sementara blog sifatnya dinamis. Anda juga bisa mendaftar AdSense menggunakan subdomain dari Blogger yakni blogspot.

Tetapi untuk WordPress tidak akan disetujui kecuali anda telah memiliki domain dan hosting sendiri. Di lain pihak, untuk WordPress gratisan, anda bisa memperoleh pendapatan lain dari WordAds

Baca Juga : Cerita diterima AdSense dengan 7 Artikel

Yang jelas, selagi tidak bertolak belakang dengan ketentuan adsense, itu tidak ada masalah. Untuk mendapatkan hasil terbaik dan terlihat lebih profesional baiknya anda domain kostum.

Q. Sebelum mendaftar ke Adsense, apakah perlu mengubah navigasi yang tumpeng tindih di menu Full Down?

A : Untuk hasil maksimal, saya rasa perlu! Anda harus memperhatikan bagian-bagian penting dari blog atau situs web anda untuk menghindari penolakan.

Kalaupun sudah diterima, bisa saja navigasi tumpang tindih seperti itu bisa membuat banyak iklan tidak valid yang bisa berujung banned. Oleh karena itu, minimalkan resiko termasuk untuk menu full down.

Q. Apakah harus punya Alexa Rank sebelum mendaftar ke Google?

A : Tidak. Meski Alexa Rank sejauh ini telah menjadi alat untuk memeriksa peringkat situs web namun ini tidak dijadikan dasar oleh AdSense untuk menerima sebuah situs web.

Q : Alamat email apa yang harus saya gunakan untuk mendaftar ke Google Adsense?

A : Pertanyaan ini tampaknya udah saya jawab tadi. Tapi tidak apa-saya akan menjawabnya lagi. Anda bisa menggunakan akun Gmail Anda untuk mendaftar atau bisa juga menggunakan GSuite untuk mengajukan permohonan ke pihak Adsense.

Q : Apakah penghasilan saya akan meningkat setiap hari jika saya menggunakan akun Adsense?

A : Menurut saya pribadi, ini semua bergantung pada trafik yang anda peroleh. Semakin tinggi trafik semakin besar penghasilan yang anda dapatkan.

Q : Apakah saya harus menggunakan WordPress?

A : Tidak perlu. Meski saya merekomendasikan agar Anda menggunakan WordPress karena fitur dan berbagai keunggulan yang dimiliki.

Anda boleh menggunakan blogger subdomain atau domain sendiri, dan beberapa platform lain seperti Wix untuk domain dan hosting sendiri.

Q : Bisakah saya menggunakan iklan lain bersamaan dengan Adsense?

A : Bisa! Anda dapat menggunakannya secara bersamaan selagi iklan tersebut dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Yang terpenting, iklan tersebut bisa tampil bersama dengan iklan AdSense. 

Q : Apakah ada alternatif lain selain Google Adsense?

A : Ada. Sebenarnya saya sudah membuat salah satu artikel tentang itu. Ada sekitar 15 alternatif pengiklan selain Adsense.

Anda bisa mendaftar salah satu periklanan diatas. Jika trafik anda sudah stabil, saya sarankan agar anda menggunakan satu periklanan saja.

Anda juga menggunakan periklanan pihak ketiga seperti AdThrive namun supaya diterima trafik sudah harus 100k per hari, juga Media Vine yang trafiknya harus 50k per hari termasuk Ezoic.

Pada intinya, perusahan-perusahaan sudah bekerja sama dengan Google untuk mitra iklan lainnya untuk menjual space iklan di blog atau situs web seseorang. Dan anda bisa memperoleh penghasilan tambahan dari sini, selain dari Google AdSense tentunya.

Penutup

Diterima Google Adsense adalah impian setiap blogger baik untuk entitas bisnis atau perorangan. Dilain pihak, banyak orang yang tidak akan pernah diterima Google AdSense karena berbagai alasan yang tidak diketahui dengan pasti.

Sebelum mendaftar, usahakan agar postingan Anda sudah memenuhi bagian-bagian penting seperti yang sudah dijelaskan dibagian atas.

Demikian artikel tentang trik rahasia agar diterima Google AdSense. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *