Hati-Hati! Inilah Dampak Mengubah Permalink Blog [Khusus WordPress]

9 Likes 2 Comments
dampak mengubah permalink blog

Setiap tindakan yang anda lakukan di blog atau situs web anda tentu saja memiliki dampak. Termasuk saat anda mengubah permalink. Dalam artikel ini akan diulas tentang dampak mengubah permalink blog.

Permalink atau yang kemudian disebut link adalah salah satu hal penting dari sebuah situs web. Ini merupakan gerbang bagi pengunjung untuk bisa mengakses situs web atau blog anda.

Namun terkadang, karena alasan tertentu, anda ingin mengubah permalink blog. Yang tentu saja memiliki dampak bagi blog anda di mesin telusur.

Selain itu, mengubah permalink memungkinkan blog anda tidak bisa diakses oleh pengguna pada link lama yang sudah terindeks. Dengan demikian, pengguna tidak bisa melihat isi konten dari blog anda.

Baca Juga : Cara Mengecek Broken Link di Dalam Postingan Blog

Memang sih, pengguna masih dapat melihat versi cachenya, apabila belum di hapus versi cache di lewat tools Hapus URL Console.

Nah sebelum mengganti permalink, ada baiknya anda memperhatikan dampaknya. Tapi sebelum itu, agar lebih memahami pembahasan tentang dampak mengubah permalink blog ada baiknya anda mengetahui pengertian dari permalink.

Apa itu permalink?

Permalink adalah tautan ke setiap postingan didalam blog. Setiap postingan, atau elemen lain ditandai dengan permalink entah yang menggunakan hypertext atau yang tidak.

Secara singkat, permalink adalah hyperlink yang permanen dan absolut ke item tertentu dalam sebuah blog atau situs web.

Permalink telah menjadi elemen penting bagi sebuah situs web karena sebagian besar situs web modern sifatnya dinamis. Yang berarti bahwa setiap konten yang ada lihat di internet dihasilkan terbentu dari serangkaian entri basis data dan ini terbentuk dari tautan.

Baca Juga : Cara Blokir Backlink Spam Yang Masuk 

Singkatnya, permalink atau link permanen adalah URL untuk kodenten yang dimaksudkan tetap ada dan tidak berubah atau aman bagi sebuah situs web.

Dalam html, permalink diidentifikasi dengan ref=”bookmark”. Sebagai contoh : <a rel = “bookmark” href = http://www.contoh.com/articles/firstarticle/>

Para pengguna blogger atau WordPress akan melihat perbedaan di permalink mereka masing-masing. WordPress memiliki keluwesan dalam pengaturan permalink dan berbeda dengan bloger.

Jika anda ingin mengubah permalink di blog maka anda harus merombak ref bookmarknya. Dan setidaknya anda harus punya hosting sendiri. Ada 3 jenis permalink umum dalam sebuah situs web, antara lain:

a. HTML

HTML atau hypertext markup language adalah sebuah bahasa markah yang sederhana dan biasa digunakan dalam sebuah situs web.

Bahasa ini pertama kali dikembangkan oleh Tim Berners Lee pada tahun 1990. Singkatnya, HTML digunakan untuk membuat dokumen elektronik [yang disebut sebagai laman] yang akan ditampilkan di World Wide Web [WWW].

Baca Juga : Ciri-CIri Backlink Berkualitas Tinggi

Setiap halaman berisi serangkaian koneksi ke halaman lain yang disebut hyperlink. Setiap halaman web yang anda lihat di internet di tulis menggunakan satu versi kode HTML.

Jika anda penguna blogger, mungkin HTML tidak asing lagi bagi anda. Sebab, hyperlink ini biasanya muncul di akhir link postingan anda.

b. Tanpa html

Ada permalink yang tidak disertai dengan HTML namun tetap menggunakan pengkodean dari HTML.  Ini biasanya terlihat dari link-link dari situs WordPress yang biasanya hanya diakhiri dengan kode / atau tanpa kode tersebut.

Salah satu keunggulan dari link tanpa kode HTML dibagian akhirnya adalah cenderung relevan. Karena biasanya, pengkodean html mengharuskan sebuah link dibumbui dengan tanggal untuk direktori.

Setelah anda membaca pengertian dari hyperlink, kita kembali ke pembahasan awal. Yakni dampak mengganti hyperlink blog.

Cara mengganti permalink di WordPress

Meskipun dibahas tentang dampaknya, namun bagi anda pengguna WordPRess, mengganti permalink dapat anda lakukan dengan cara mengikuti langkah-langkahnya.

  1. Silahkan masuk ke dashboard WordPress anda
  2. Setelah itu klik Pengaturan [Settings]
  3. Jika sudah klik Permalink
  4. Silahkan pilih yang sesuai dengan kriteria anda di menu Common Settings

Tentu saja, dengan mengganti permalink memiliki dampak bagi blog anda. Oleh karena itu, ada baiknya anda mempertimbangkan pengantian permalink ini. Nah artikel tentang dampak mengubah permalink blog.

Cara Mengganti permalink di Blogger

Untuk mengganti permalink di WordPress agak sedikit berbeda. Sebab, anda harus masuk ke dalam postingan yang ada. Patut diketahui juga, mengubah permalink di Blogger harus dilakukan secara manual.

Namun, anda hanya bisa mengganti permalink akhirannya saja. Misalnya begini, permalink awal blogger adalah https://cekricekcom/2019/10/bukan-hanya-andrealin-hormon-ini-juga.html maka permalink yang dapat diubah hanyalah bagian yang telah digarisbawahi diatas.

Selain itu juga, dalam beberapa kasus, mengubah permalink di Blogger membuat link lama menjadi 404 atau tidak dapat ditemukan alias broken link.

Hal ini cukup berbeda dengan WordPress, sebab secara otomatis akan dialihkan dari link lama ke link yang baru.

Dampak Mengubah Permalink Blog [Khusus WordPress]

Dalam kasus ini, misalnya anda mengubah permalink setelah anda migrasi dari blogger ke WordPress, maka permalinknya secara otomatis berubah. Permalink standarnya diakhiri dengan kode /?p=123 untuk WordPress yang sudah di host sendiri.

Baca Juga : 3 Tipe Broken Link Yang Berbahaya Bagi Blog

Beberapa blogger berusaha mempertahankan permalink asal dengan tetap menambahkan html karena mereka tidak mau kehilangan traffik.

Sementara, ada blogger lain yang tidak dapat mempertahankan hal ini. Sehingga trafik blog anjlok dan harus membangun semuanya dari awal.

Nah berikut disajikan artikel tentang dampak mengganti permalink blog khusus untuk pengguna WordPress. Berikut daftarnya:

1. Trafik blog Anjlok

Trafik atau pengunjung blog tentu saja anjlok. Apalagi jika permalink tersebut tidak diredirect ke link yang baru.  Untuk bisa mulai mendapatkan trafik dari permalink baru itu, minimal anda harus menunggu selama 3-5 bulan.

Ini adalah waktu standar bagi Google untuk mengcrawl situs anda dan mulai memberikan peringkat bagi situs anda bersama permalink baru tersebut.

2. Peringkat di SERP akan menurun

Meskipun nama blog anda punya ranking di SERP yang cukup baik, tetapi dengan mengganti permalink membuat peringkat SERP blog anda turun.

Baca Juga : Cara Melaporkan Blog Copas Ke DMCA

Memang sih, ini tidak mempengaruhi Domain Authority dan Page Authority blog anda. Tetapi memiliki dampak yang khusus dan spesifik terhadap peringkat SERPs.

3. URL lama tidak lagi ditemukan

Karena anda mengganti permalink, maka secara otomatis URL lama blog anda tidak akan lagi ditemukan saat seorang pengguna mengklik link di mesin telusur.

Biasanya, kode akan ditandai dengan 404 [Halaman tidak ditemukan/page not found]. Dampaknya tentu saja bagi situs web anda. Sebab bisa saja dianggap situs web anda sudah tidak aktif, sehingga orang-orang bisa saja menghafal nama situs web tersebut.

4. Link seluruh url akan berubah

Jika anda mengganti permalink, maka seluruh link url anda juga akan ikuti berubah. Pengaruhnya juga termasuk pada laman situs web.

Namun, link ini terbatas pada dua hal diatas dan tidak mempengaruhi gambar lama dan juga Navigasi serta nomor halaman postingan.

Namun biasanya ini tergantung dari template yang digunakan. Karena template memiliki pengaruh yang signifikan terhadap navigasi dan juga penomoran laman.

5. Ada potensi duplikat URL

Karena biasanya url menggunakan judul post sebagai kode, maka ada kemungkinan dengan mengganti URL akan terdeteksi sebagai duplikat url.

Duplikat ini sebenarnya sangat berbahaya bagi sebuah situs web. Dan biasanya karena menargetkan kueri yang sama di domain yang sama.

Apalagi jika penggantian url tersebut hanya untuk menambahkan url kostum ditengah link, maka bisa saja akan dianggap oleh Google sebagai duplikat.

6. Pendapatan berkurang drastis

Jika anda sudah memonetisasi blog anda, entah itu menggunakan AdSense, AdNow ataupun menggunakan Mgid, maka penghasilan anda tentu saja berkurang drastis.

Ini dikarenakan pengunjung blog yang hilang akibat perubahan permalink tersebut. Alhasil, berdampak langsung pada postingan.

7. Harus inspeksi url lagi

Jika postingan di blog anda sudah banyak, maka dengan mengganti permalink, berarti anda diharuskan untuk melakukan inspeksi URL lagi di blog.

Mengapa harus Inspeksi URL? Sebab, ini dianggap oleh Google sebagai sebuah link [postingan] yang baru.

Google menganggap sebuah link itu sangat spesifik. Sehingga ada perubahan sedikit saja pada permalink akan diangap sebagai sebuah postingan baru.

Tips setelah mengganti Permalink Blog

Untuk meminimalisir dampak-dampak diatas, ada baiknya anda mengetahui tips setelah mengganti permalink blog. Saya membaginya menjadi dua bagian, yakni untuk pengguna Blogger dan WordPress.

Bagi pengguna blogger

Bagi pengguna Blogger, sebaiknya anda melakukan redirect dari url lama ke URL baru. Untuk melakukan redirect, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut

  1. Silahkan masuk ke Dashboard blogger anda
  2. Setelah itu, silahkan klik Setelan
  3. Klik Preferensi Penelusuran> dan klik pada tulisan Pengalihan Khusus
  4. Disini silahkan masukan url lama, url baru dan konfirmasi. Sebagai contoh

URL dari : https://www.contohaja.com/2019/02/dampak-mengganti-permalink_52.html

Ke : https://www.contohaja.com/2019/02/dampak-mengganti-permalink.html

Setelah itu silahkan checklist dan pilih YA. Melakukan redirect di blogger tidak terbatas. Anda dapat melakukan redirect sebanyak mungkin. Namun redirect yang terlalu banyak juga gak terlalu bagus untuk SEO.

Bagi pengguna WordPress

Sebenarnya, tutorial ini hanya berlaku untuk pengguna WordPress.org alias mereka yang sudah menggunakan domain dan hosting sendiri. Jadi untuk pengguna WordPress.com, hal ini tidak mungkin dilakukan. Berikut langkah-langkah setelah mengganti permalink

  1. Silahkan masuk ke dashboard WordPress anda
  2. Setelah masuk, anda bisa memilih menggunakan plugin Redirect Tool atau mungkin menggunakan SEO by Yoast. Untuk menggunakan fitur Redirect dari plugin SEO by Yoast anda harus menggunakan versi premiumnya. Sebagai contoh, saya menggunakan plugin SEO by Yoast
  3. Silahkan masuk ke Yoast dan pilih Redirect
  4. Jika sudah silahkan klik Generate Redirect
  5. Setelah itu masukan URL blog di kolom pertama, dan url artikel di kolom kedua yang tersedia
  6. Setelah itu, silahkan masukan URL lama di kolom Your Old Permalink Structure
  7. Jika sudah klik Generate redirect

Jangan pikir redirect ini sudah selesai Ya. Jika anda menggunakan Yoast, anda harus mengcopy script untuk selanjutya di Upload di file .HTACCSS. Script terlihat seperti pada gambar dibawah ini:

Penutup

Meski pembahasan ini hanya terbatas, namun dampaknya akan sangat terasa bagi blog anda. Tapi akan kembali normal setelah 3-5 bulan. Setelah anda mengganti permalink, anda akan merasakan dampak sebagaimana yang disebutkan diatas. Ini adalah hal wajar.

Nah demikian artikel tentang dampak mengubah permalink blog. Jika anda mengetahui ada dampak lain yang tidak disebutkan disini, silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat~

You might like

2 Comments

  1. ka tolong bantuannya dong .. ini website saya bermasalah 404 not found gara” saya salah masukin permalink .. saya kira itu buat ganti nama link nya , eh malah pas setiap di buka jadinya ke web orng lain ,, mhon bntuannya yah ka

    1. itu mungkin redirect. Kalau redirct otomatis, sementara sobat pakai Blogger, coba cari dibagian HTMLnya. Biasanya sih ada code tersembunyi di bagian footer gan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *