Contoh Surat Pernyataan Bebas Plagiat

4 Likes Comment
Contoh Surat Pernyataan Bebas Plagiat

Contoh Surat Pernyataan Bebas Plagiat– Surat pernyataan bebas plagiat sangat penting apalagi jika anda yang ingin menerbitkan artikel skripsi. Surat bebas plagiat juga tidak asing bagi mahasiswa yang hendak membuat skripsi karena diharuskan ada sebelum melakukan publikasi karya ilmiah.

Selain itu juga, surat keterangan bebas plagiat ini juga digunakan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti lomba artikel, karya tulis ilmiah, penelitian dan lain sebagainya.

Meskipun penyebutan soal ini berbeda-beda, antara lain Surat Pernyataan Bebas Plagiat, Surat Keterangan Bebeas Plagiat dan lain sebagainya, tapi pada intinya sama, surat ini menerangkan bahwa karya yang dibuat entah itu tulisan, fotografi dan penelitiannya bebas dari duplikasi atau tidak diambil dari karya orang lain.

Baca Juga : Cara Buat Daftar Pustaka Terbaru Lengkap Dengan Contoh

Saya sendiri pernah mengikuti beberapa lomba menulis, salah satunya adalah lomba yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) tahun 2018 lalu.

Salah satu persyaratannya adalah membuat surat bebas plagiat ini. Jadi secara tidak langsung surat bebas plagiat tidak hanya untuk skripsi. Ada juga keperluan-keperluan lain untuk urusan akademis, hasil karya dan lain sebagainya.

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan contoh surat bebas plagiat. Surat bebas plagiat yang saya contohkan dibawah ini adalah surat bebas plagiat untuk skripsi.

Namun jika anda ingin mencari surat plagiat lain, silahkan sesuaikan saja seperti kebutuhan. Berikut ini contoh surat bebas plagiat untuk Skripsi.

Contoh Surat Bebas Plagiat Untuk Skripsi

Nah berikut contoh surat plagiat yang dapat digunakan untuk skripsi atau untuk keperluan lain.

SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT


Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : [Masukan nama anda]
Nim  : [Nomor Induk Mahasiswa]
Fakultas  : EKONOMI]
Jurusan : AKUNTANSI
Judul Skripsi : [Masukan judul skripsi anda. Atau sesuaikan saja dengan kebutuhan]
     
Saya menyatakan bahwa yang tertulis di dalam skripsi ini benar-benar hasil karya sendiri bukan dari orang lain, baik sebagian ataupun seluruhnya. Pendapat ahli yang terdapat dalam skripsi ini di kutip atau dirujuk berdasarkan Kode Etik Ilmiah.

Apabila karya ilmiah atau penulisan skripsi ini terbukti merupakan duplikat ataupun plagiasi dari hasil karya penulisan lain atau dengan sengaja mengajukan karya atau pendapat yang merupakan hasil karya penulis lain, maka penulis bersedia menerima sangsi akademik berupa pencabutan gelar dan sangsi hukum yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini saya buat sebagai pertanggung jawaban ilmiah tanpa ada paksaan maupun tekanan dari pihak manapun juga.

 
Jakarta,    Januari  2020
Penulis,
 
 
.
Nama anda
NIM.

Yang perlu anda perhatikan sebelum membuat surat plagiat ini adalah, surat plagiat selalu dilengkapi dengan materai 6000 yang biasanya harus diletakan disebelah tanda tangan atau dibagian akhir.

Tergantung dari persyaratan yang ditentukan. Hanya saja biasanya terletak dibawah tanda tangan atau disebelah kanan atau kiri tanda tangan. Nah demikian artikel tentang Contoh Surat Pernyataan Bebas Plagiat. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *