Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik Dan Benar

6 Likes Comment
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja – Ada banyak alasan mengapa seseorang mengundurkan diri dari kerja. Alasan-alasan itu sifatnya sangat personal sehingga gak perlu dibahas. 

Surat pengunduran diri kerja terkadang dikenal dengan nama resign letter atau surat resign adalah surat dengan isi berupa informasi untuk mengundurkan diri dari posisi yang dikerjakan saat ini.

Dengan kata lain, surat ini adalah jenis surat biasa yang dibuat oleh satu individu kepada perusahaan atau lembaga tempatnya bekerja.

Sehingga, jenis surat ini tidak memerlukan Kop Surat. Jika anda hendak membuat surat pengunduran diri kerja ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal-hal dibawah ini, antara lain:

  1. Berikan keterangan diatas sebagai pengganti KOP Surat
  2. Tujukan kepada pimpinan langsung. Mungkin dalam beberapa kasus ditujukan kepada wakil pimpinan atau lembaga
  3. Jangan lupa beri tanggal dan tanggal terhitung sejak anda membuat surat tersebut
  4. Sampaikan maksud dan tujuan dengan jelas
  5. Gunakan tata bahasa yang lugas, langsung dan mudah dipahami.

Nah kira-kira itu beberapa hal yang harus anda perhatikan jika anda hendak membuat surat pengunduran diri kerja.

Ada baiknya anda langsung membuat sendiri surat pengunduran diri kerja agar kedepannya anda bisa tahu cara membuatnya.

Baca Juga : Contoh Portofolio Untuk Melamar Kerja Yang Baik Dan Benar

Namun jika anda masih bingung tentang cara membuat surat pengunduran diri kerja, dibagian akhir artikel, terdapat format surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Nah berikut ini contoh surat pengunduran diri kerja. Anda bisa menulis dengan tangan untuk membuat surat ini, tapi alangkah baiknya jika anda menggunakan komputer agar tampilannya lebih rapi dan lebih enak dilihat.

Contoh #1

SURAT PENGUNDURAN DIRI KERJA
Jakarta, 14 November 2019
Kepada YTH
Pimpinan/Direktur/Tempat anda ingin mengundurkan diri

Dengan hormat,

Salam sejahtera untuk kita semua. Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama  : Sebutkan nama lengkap anda
Posisi : Staff Human Developmen Resources (HRD) PT. [Tempat anda bekerja]

Mendundurkan diri dari perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan/staff HRD [tempat anda mengudurkan diri] apabila terdapat kesalahan yang saya buat selama bekerja. Dan juga asya mengucapkan banuak terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan yang bapak/ibu pimpin.

Pengunduran diri kerja ini terhitung sejak tanggal 15 Januari 2018. Saya berharap, perusahaan tempat anda mengudurkan diri] selalu maju dan berkembang serta mendapatkan hasil yang terbaik di masa mendatang.

Hormat saya

Nama lengkap anda


#2

Diatas mungkin adalah surat pengunduran diri yang sangat formal. Anda juga bisa mengikuti contoh surat pengunduran diri dibawah ini.


dd/mm/yy [tanggal, bulan, tahun]

Kepada Yth,

Bapak/ibu

Nama perusahaan tempat anda bekerja

Alamat lengkap dan kode pos

Di_

Tempat

 

Bersama dengan surat ini, terhitung pada tanggal [tanggal anda mengirimkan surat] saya mengundurkan diri dari pekerjaan saya. Alasan pengunduran diri karena saya tidak nyaman dengan perusahaan dan karena saya ingin mengikuti suami yang pindah ke luar kota.

Dengan rasa menyesal, saya mengatakan bahwa saya tidak dapat lagi melanjutkan berbagai pekerjaan saya di perusahaan yang bapak/ibu pimpin.

Disisi lain, ada juga beberapa alasan mengapa saya lebih memilih resgin dari perusahaan mulai dari lingkungan kerja yang tidak nyaman hingga karir yang tidak jelas.

Disini anda silahkan sampaikan berbagai alasan yang membuat anda resgin. Yang terpenting, sampaikan dengan jujur, jelas dengan menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. 

Demikian surat pengunduran diri kerja ini yang saya buat. Atas perhatian bapak/ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

Dengan hormat

ttd

Nama anda


Penutup

Dalam beberapa kasus surat pengunduran diri kerja ini dilengkapi dengan materai dan dokumen-dokumen lain.

Apalagi jika anda sudah berstatus PNS, maka surat pengunduran diri harus dilampirkan dengan data-data lain seperti NIP, Slip gaji dan seterusnya.

Surat pengunduran diri kerja diatas hanyalah contoh silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan. Demikian artikel tentang contoh surat pengunduran diri kerja. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *