Contoh surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

3 Likes Comment
Contoh surat Lamaran Kerja

Contoh surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar – mungkin beberapa dari anda sedang ingin melamar pekerjaan namun tidak tahu cara untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Dalam artikel kali ini kita akan mengulas tentang cara membuat surat lamaran kerja.

Biasanya setiap kali kita akan melamar kerja, hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat surat lamarannya. Surat lamaran ini biasanya dilengkapi dengan dokumen-dokumen lain seperti Kartu Keluarga, Daftar Riwayat Hidup (CV), KTP, Ijazah terakhir dan lain sebagainya.

Baca Juga : Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Untuk persyaratan ini setiap insntansi berbeda-beda, tergantung kebutuhan. Untuk itu jika anda bingung untuk membuat surat lamaran kerja, dalam artikel kali ini saya memberikan contoh untuk membuat surat lamaran kerja.

Tapi sebelum itu, ada baiknya jika anda membuat sendiri surat lamaran kerja agar kedepannya anda bisa tahu cara pembuataanya. Jika anda ingin membuat surat lamaran kerja, ada baiknya anda memperhatikan syarat-syarat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Berikut syarat-syaratnya

Syarat-syarat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

1. Tujuan

Ada baiknya anda menentukan tujuan surat lamaran itu diberikan. Karena biasanya tujuan surat lamaran itu berbeda-beda. Mulai ditujukan kepada Institusi/Perusahaan tempat bekerja, kepada Direktur atau pimpinan, dan juga kepada Human Resources Developmen (HRD). Sebelum membuat surat lamaran, baiknya anda perhatikan hal ini.

2. Masukan kata-kata formal

Ada beberapa kata-kata formal dalam surat lamaran kerja, antara lain: Kepaya YTH, di Tempat, dan juga hormat saya. Ini penting dimasukan karena fungsi surat sebagai duta seseroang atau lembaga sehingga kata-kata ini sudah wajib digunakan.

3. Salam pembuka dan salam penutup

Usahakan untuk membuat salam pembuka dan salam pentup. Anda bisa menggunakan salam seperti Assalamualaikum Wr Wb, Syalom dan lain sebagainya. Begitu juga dengan salam penutup. Ini wajib ya!

4. Untuk bahan pertimbangan

Sebagai kelengkapan, apalagi jika anda membuat surat lamaran, baiknya anda masukan sebagai format sebagai kelengkapan. Ini bisa dijadikan tolok ukur dan pertimbangan perusahaan untuk menerima lamaran yang anda ajukan.

Bisa ditambahkan sertifikat-sertifikat yang pernah didapatkan dan lain sebagainya. Untuk bahan pertimbangan, baiknya masukan identitias pribadi yang sah dan berlaku seperti KTP, KK, Surat Izin Mengemudi (SIM), Ijazah dan lain sebagainya.

5. Akhir surat

Akhir surat biasanya dilengkapi dengan beberapa yakni tanggal surat dibuat dan juga tanda tangan. Bubuhkan tanda tangan disana untuk lebih lengkapnya.

Nah kira-kira itu 5 syarat utama jika anda ingin membuat surat lamaran sendiri. Tapi jika anda ingin melihat contohnya, berikut contoh surat lamaran.

Contoh Surat Lamaran Kerja

 

Kepada Yth.

PUSAT MEDIA DAMAI (PMD)
BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN TERORISME (BNPT)

Di _
Tempat

Dengan homat,

Bersama dengan surat lamaran pekerjaan yang telah saya buat ini, saya mengajukan diri agar bisa bergabung menjadi personel di Pusat Media Damai (PMD) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Saya yang menulis surat ini:

Nama : Nama ANda
Alamat : Alamat Anda
Tempat dan Tanggal lahir : Tempat Tanggal Lahir Anda
No. Telp : Nomor Telepon yang bisa dihubungi
Posisi Yang Dilamar : Koordinator Program Duta Damai Dan Media Sosial

Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan :

  • Curriculum Vitae (CV)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Ijazah Terakhir
  • KTP/SIM
  • dll

Besar harapan saya agar dapat menjadi bagian dari Pusat Media Damai (PMD) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Maka dengan ini saya akan menerima segala tahap pengujian. Atas perhatian yang berikan, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
 
 
 
Nama anda

Contoh diatas adalah surat lamaran yang ditujukan untuk menjadi personel di Pusat Media Damai (PMD) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Surat ini hanya contoh ya.

Anda juga bisa mengambil contoh surat tersebut dan mengeditnya sesuai kebutuhan. Nah demikian artikel tentang Contoh surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *