Cara Ubah Ukuran Gambar Di Windows 10 Tanpa Aplikasi

5 Likes Comment
Cara Ubah Ukuran Gambar Di Windows 10

Cara Ubah Ukuran Gambar Di Windows 10 Tanpa Aplikasi – Sebenarnya, Windows 10 menyediakan berbagai fitur yang keren yang dapat kita akses langsung tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan atau bahkan tanpa harus terhubung ke internet termasuk untuk mengubah ukuran gambar di windows. Dan mungkin beberapa dari kita tidak tahu akan fitur yang satu ini.

Misalnya, jika anda sedang kebelet untuk mengubah ukuran gambar tertentu di Windows untuk keperluan melamar pekerjaan seperti mendaftar CPNS, mendaftar di perguruan tinggi dan lain sebagainya sehingga ada batasan ukuran foto yang harus anda upload.

Baca Juga : Cara Mengganti Wallpaper di Windows 10

Dalam keadaan terdesak dan ketidaktahuan kita mungkin ini cukup membingunkan dan bisa membuat kita galau seketika. Tapi tenang aja, dalam artikel ini akan dibahas tentang cara mengubah ukuran gambar di Windows tanpa aplikasi sekalipun.

Cara yang akan diulas dibawah ini pun berlaku untuk semua jenis Windows baik itu windows 10, windows 8.1 dan juga Windows 7. Lalu bagaimana cara merubah ukuran gambar di Windows tanpa aplikasi? Berikut caranya.

Sebelum kita masuk lebih jauh pada tutorial cara ubah ukuran gambar ini ada baiknya anda mengetahui dulu bahwa mengubah ukuran gambar atau meresizenya dapat mengurangi kualitas gambar tersebut karena berdampak pada ukuran foto tersebut.

Cara Ubah Ukuran Gambar Di Windows 10

Semakin kecil ukurannya, kualitasnya semakin gak bagus. Apalagi file tersebut berekstensi .JPG namun jika file itu berekstensi .PNG kualitas gambarnya dapat dipertahankan sedikit. Kalau anda ingin mengubah ukuran gambar tanpa harus kehilangan kualitas gambar, mungkin anda harus menggunakan tools yang banyak tersedia di internet saat ini. Tools-tools ini dapat anda gunakan dengan gratis dan mudah. Namun jika anda tetap merubah ukuran gambar meskipun kualitasnya jadi berubah, berikut cara-caranya.

1. Silahkan pilih gambar yang ingin anda rubah ukurannya

Untuk memastikan ukuran gambar, silahkan lihat dulu ukurannya. Untuk melihat ukurannya, silahkan lihat dibagian bar bawah, disebelah kiri setelah items. Atau, lebih jelasnya silahkan klik kanan pada Mouse> lalu klik Properties. Disini akan diperlihatkan dua jenis ukuran, yakni ukuran nyata dan ukuran yang ada di disk.

Baca Juga : Windows 10 Sering Restart Sendiri? Cek 4 Bagian Ini

Dengan melihat ukuran, ini dapat menjadi indikasi awal berapa resize ukuran yang harus anda lakukan. Silahkan ikuti langkah-langkah ini.

2. Jika sudah, klik lagi pada gambar yang ingin anda rubah ukurannya

3. Setelah itu, klik kanan> lalu klik Edit pada menu konteks yang muncul

Cara Ubah Ukuran Gambar Di Windows

4. Setelah itu, anda akan masuk pada menu Pengeditan Paint. Ini adalah salah satu aplikasi Bawaan Windows untuk editor gambar

5. Pada menu Image> Klik Resize atau yang terlihat pada gambar atau klik saja Ctrl + W

6. Lalu klik Pexel

Cara Ubah Ukuran Gambar Di Windows

7. Kotak dialog akan muncul. Untuk mengubah ukuran gambar, anda harus mengubah besaran vertikal dan Horizontalnya. 

Semakin kecil nilai VHnya semakin kecil juga ukurannya. Jika anda mengubah nilai Vertikalnya, maka secara otomatis nilai horizontalnya juga akan berubah. Untuk hasil yang lebih baik, usahakan agar anda mengubah nilanya tidak lebih dari 100. Lalu coba satu per satu sampai ukurannya sampai dibawah 50kb. Ini adalah ukuran standar untuk sebuah gambar. Jika kurang dari itu, mungkin kualitasnya jadi taruhan.

Demikian artikel tentang Cara Mengubah Ukuran Gambar Di Windows Dengan Mudah Tanpa Aplikasi. Cara diatas memang sangat mudah dilakukan, jadi anda tidak perlu lagi untuk mendowload aplikasi tertentu atau terhubung ke internet lagi agar bisa mengubah ukuran gambar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *