Cara Tidur Cepat Kurang Dari 5 Menit

10 Likes Comment
cara tidur cepat

Cara Tidur Cepat Kurang Dari 5 Menit – Tidur adalah salah satu kebutuhan bagi setiap mahluk hidup di dunia. Ini adalah salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh.

Tidur juga memiliki dampak bagi kesehatan mental dan fisik termasuk menjadi ukuran kualitas hidup seseorang. Tidur juga berkontribusi besar bagi keseimbangan tubuh, emosi, mempengaruhi berat badan dan lain sebagainya.

Saat ini, banyak orang mengatakan bawha mereka sulit tidur dan mencari tips untuk bisa tidur dengan cepat. Meski demikian, beberapa diantaranya bahkan selalu kesulitan mencari posisi tidur yang pas dan nyaman hingga akhirnya tertidur merupakan hal yang sulit dilakukan. Untuk mengetasinya, mereka kemudian mengkonsumsi obat tidur yang jelas-jelas berdampak buruk bagi tubuh di masa mendatang.

Sebenarnya, jika pikiran kita sulit tidur, tubuh akan mengikutinya. Nah selalu ada cara untuk mengatasi hal ini. Terkait dengan cara ini sudah diulas pada artikel kali ini. Bahkan cara ini membantu anda tidur dalam waktu kurang dari lima menit.

Dalam artikel kali ini akan diulas tentang cara tidur cepat kurang dari 5 menit yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. Cara ini mungkin tidak berhasil bagi beberapa orang yang mengindap gejala insomnia akut sehingga membutuhkan langkah-langkah penting termasuk berkonsultasi ke dokter.

1. Pura-pura tertidur

Dalai lama mengatkan, bahwa ‘kita seharusnya mengantuk ketika matahari terbenam’. Tetapi karena kita menghabiskan sebagaian besar waktu di malam hari dengan berada di ruangan bermandikan cahaya ponsel dan tablet, termasuk cahaya listrik maka otak kita berpikir bahwa saat itu adalah siang hari dan akhirnya menolak untuk tidur.

Baca Juga : 8 Penyakit Akibat Ganguan Sistem Saraf Pada Manusia

Nah untuk mengatasi hal ini, singkirkan gadget, tablet dan computer anda saat sore hari, dan berusaha untuk menyaksikan matahari terbenam. Anda juga bisa mengatur mode siumulasi matahari terbenam, yang secara bertahap mengurangi cahaya dan suara untuk membantu tubuh anda beristirahat dengan cepat.

2. Lakukan teknik hitung empat-tujuh-delapan

Ini adalah satu teknik pernafasan yang membantu anda tidur dengan cepat, bahkan dalam waktu kurang dari 5 menit. Ikuti langkah-langkah dibawah ini jika anda ingin menggunakan tehnik tidur cepat yang satu ini.

  • Tarik nafas melalui hidung selama 4 detik
  • Tahan napas tersebut selama 7 detik
  • Lalu keluarkan lewat mulut anda selama 8 detik
  • Ulangi proses ini sampai anda rileks dan mulai mengantuk

Teknik ini bertindak sebagai obat penenang alami yang mampu memperlambat detak jantung. Terkait dengan tekhnik ini, Dr. Andrew Weil, direktur Pusat Pengobatan Integratif Arizona di Universitas of Arizona, “Tidak seperti obat tidur yang bisa kehilangan efektivitas seiring waktu berlajalan, teknik empta-tujuh delapan, pada awalanya halus tetapi akan semakin kuat pengaruhnya dengan latihan.” Dengan demikian, semakin rutin kita menerapkan teknik ini, semakin baik kerjannya. Jadi tunggu apa lagi?

3. Berpura-pura kalau tubuh benar-benar lelah

Coba ingat bagaimana perasaan anda secara fisik saat lelah. Apakah lengan anda lemas, apakah mata anda berputar-putar dan lain sebagainya. Sekarang tirulah tanda-tanda fisik itu. Tiru sambil berbaring ditempat tidur.

Baca Juga : 5 Cara Mengajar Anak Untuk Mengolah Emosi Mereka

Kedengarannya memang sulit dilakukan, tetapi kalau sudah berkosentrasi penuh pada berat badan akan menghentikan pikiran anda untuk bekerja termasuk respon terhadap gangguan disekitar.

4. Cari posisi tidur yang nyaman

Posisi tidur memiliki peran penting yang bisa membantu anda cepat tidur. Setelah anda melakukan tiga hal diatas, coba posisikan tubuh anda senyaman mungkin sehingga tubuh anda lebih rileks. Usahakan jangan terlalu banyak bergerak.

5. Pijat bagian tubuh seperti bahu dan juga telapak tangan

Dua bagian tubuh ini memabntu anda menjadi lebih rileks. Jika anda menggunakan teknik pada nomor 3 diatas, maka anda bisa melakukannya dengan cara memijatnya sambil tidur. Ini untuk membuat tubuh anda benar-benar lelah. Meskipun tidak nyaman tapi cara ini cukup efektif untuk memberitahukan tubuh bahwa anda benar-benar lelah dan ingin tidur.

6. Tehnik tidur ala Militer

Metode tidur ala militer cukup populer saat ini. Metode ini pertama kali dikembangkan oleh Sharon Ackerman, pada bukunya yang berjudul “Relax and Win: Perfomance Championship“. Disitu diulas tentang cara tidur Prajurit Penerbangan Angkatan Laut Amerika Serikat yang membantu para pilot tertidur dalam waktu 2 menit atau kurang.

Untuk melatih gaya tidur ala militer ini membutuhkan waktu sekitar 6 minggu bagi Prajurit yang baru masuk, tetapi setelah mereka menguasainya, bahkan setelah minum kopi mereka bisa tertidur. Berikut ini adalah caranya:

  • Relakskan seluruh bagian wajah, termasuk otot-otot di dalam mulut
  • Sandarkan bahu anda ditembok atau tempat tidur untuk melepaskan rasa tegang dan biarkan tangan anda jatuh ke sisi tubuh
  • Buang nafas dan rilekskan dada
  • Setelah itu relakskan kaki, paha dan betis
  • Jernihkan pikiran anda selama 10 detik dengan membayangkan sebuah adegan dalam film yang santai
  • Jika tidak berhasil, coba ucapkan dalam diri anda, ‘jangan berpikir‘ secara berulang sampai 10 detik
  • Dalam waktu kurang dari 10 detik maka anda akan tertidur [kalau anda sudah menguasai teknik ini]

Teknik ini adalah teknik yang berhasil dikalangan militer dan juga dapat diterapkan oleh siapa saja yang sulit tidur. Nah itu dia beberapa cara yang dapat membantu anda cepat tidur dalam waktu kurang dari 5 menit. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *