Cara Sembunyikan File Atau Folder di Windows 10

3 Likes Comment
Sembunyikan File Atau Folder di Windows 10

Cara Sembunyikan File Atau Folder di Windows 10 Dengan Cepat Dan Mudah – Jika anda mengunakan Windows 10, menyembunyikan file, folder, gambar dan dokumen-dokumen lainnya mungkin anda harus melakukan beberapa langkah-langkah yang cukup panjang seperti mengakses menu properties.

Nah untuk mempermudah hal ini, di versi Windows sesudahnya, baik itu di Windows 10 dan Windows 8.1, menyembunyikan file-file jenis ini jadi sangat mudah untuk dilakukan. Perlu anda ketahui juga, apapun file ada di komputer anda, itu dapat disembunyikan kecuali jika file tersebut dilarang oleh Administrator.

Nah dalam artikel ini akan diulas tentang cara menyembunyikan file di Windows 10 dengan cepat dan mudah. Bagaimana caranya? Silahkan baca artikel ini sampai habis.

Dua Cara Sembunyikan File Atau Folder Di Windows 10

Dalam artikel ini sebenarnya saya mengulas tentang cara menyembunyikan file dan cara melihatnya di windows 10. Selain itu juga, dengan cara ini, proses untuk menyembunyikan dan melihat file jauh lebih mudah dilakukan.

Baca Juga : Windows Sering Restart Sendiri? Cek 4 Bagian Ini

Jadi dengan cara yang akan saya paparkan dibawah ini berlaku untuk semua pengguna Windows 10. Dengan begitu, anda bisa melihat folder atau file apa saja yang tersembunyi di Windows 10 dengan cepat dan mudah. Oke kita langsung saja pada pembahasan.

Cara sembunyikan file di Windows Menggunakan Setting Properties

Jika anda ingin menyembunyikan file di Windows menggunakan fitur setting Properties, silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini.

  1. Buka file explorer atau klik saja tombol Windows + E secara bersamaan
  2. Lalu arahkan kursor pada file atau folder yang ingin anda sembunyikanCara Sembunyikan File di Windows 10
  3. Setelah itu klik kanan pada mouse yang anda gunakan untuk membuka menu konteksCara Sembunyikan File di Windows 10
  4. Lalu klik Properties> General> Centang di kotak kosong disebelah kanan tulisan HiddenCara Sembunyikan File di Windows 10
  5. Disini akan muncul kotak dialog seperti pada gambar dibawah ini. Klik saja OKCara Sembunyikan File di Windows 10
  6. Selesai

Nah sampai file atau folder yang ingin anda sembunyikan sudah disembunyikan. Sebenarnya juga ada langkah yang lebih mudah untuk menyembunyikan file/folder di Windows. Langkah mudah itu dibahas dibawah artikel.

Cara sembunyikan file di Windows 10 Menggunakan Bar File Explorer

Selain langkah-langkah diatas, ada cara yang lebih mudah untuk sembunyikan file di Windows 10, cara ini hanya membutuhkan beberapa langkah. Dan cara ini merupakan shortcut atau pintasan dari cara pertama yang sudah kita ulas sebelumnya. Lalu bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka file Explorer atau klik saja menu Shortcut tombol Windows + E
  2. Setalah masuk ke file Explorer, silahkan klik pada file yang ingin anda sembunyikan
  3. Jika sudah, silahkan lihat di bar bagian atas, atau jika bar File Explorer tersembunyi silahkan klik ikon yang terletak disebelah kiri tanda tanya [?] untuk membuka menu bar file Explorer di Windows 10
  4. Setelah itu, masuk ke menu View
  5. Setelah masuk, di menu Hidden and View, klik menu Hide Selected Items. Ini bertujuan untuk menyembunyikan file di Windows 10Cara Sembunyikan File di Windows 10
  6. Maka akan muncul kotak dialog atribut silahkan klik saja OKCara Sembunyikan File di Windows 10
  7. Selesai

Sampai disini anda sudah menyembunyikan file di Windows 10 dengan cepat. Dan bagaimana cara melihat file atau folder tersembunyi di Windows 10? Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara melihat folder tersembunyi di Windows 10

  1. Silahkan masuk ke folder apa saja di Windows 10, sebagai contoh di folder dokumen
  2. Dibagian Bar atas explorer ada beberapa menu yang dapat anda lihat seperti File, Home, Share, View. Klik menu yang terakhir atau menu View
  3. Dibagian kanan bawah ada tulisan Hidden Items, centang kotak yang tersedia dibagian kirinya untuk melihat folder-folder yang tersembunyi
Cara Sembunyikan File di Windows 10

Nah sampai disini anda dapat melihat file-file yang tersembunyi di Windows 10. Untuk unhide atau membuat suatu folder tidak lagi tersembunyi, lakukan hal yang sama seperti di bagian awal lalu nonaktifkan centang yang terdapat pada kotak hidden di Properties. Demikian artikel tentang cara sembunyikan file di windows 10 dengan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *