Cara Saya Menulis Di Blog!

6 Likes Comment
cara saya menulis di blog

Cara Saya Menulis Di Blog! – Mungkin anda sudah frustasi dan ingin pensiun dini dari dunia blogging. Alasannya mungkin sederhana. Blog anda tidak kunjung diterima oleh Adsense, mungkin juga sudah diterima tapi penghasilan masih sangat kecil, pengujung blog sepi dan lain sebagainya.

Percayalah, itu tidak saja dialami oleh anda, tetapi juga saya. Orang lain juga bahkan blog-blog populer lain seperti kompiajaib atau sugengid. Artinya pengalaman ini juga dialami oleh setiap Blogger pemula.

Memperoleh pengunjung yang banyak tidak semudah membalik telapak tangan. Ada banyak usaha yang harus anda lakukan dan kerjakan. Usaha-usaha tersebut tidak terjadi dengan sendirinya dan membutuhkan proses.

Jika anda ingin mencari motivasi dalam ngeblog, ada baiknya anda melihat cara saya menulis di blog ini. Perlu anda ketahui juga, sejak diterima oleh AdSense 4 bulan yang lalu, penghasilan saya berapa? Rp. 15 ribu sekian.

Banyak kan? Iya tentu saja banyak. Tetapi saya gak menyerah. Kenapa? Karena orientasi saya bukan pada penghasilan tetapi pada upaya saya untuk terus mempertahankan aktivitas saya dalam menulis.

Baca Juga : Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Page Rank Suatu Blog

Nah berikut cara-cara saya dalam menulis blog. Anda boleh tertawa boleh juga kasihan. Itu terserah anda, tetapi yang paling penting disini adalah menjadi blogger yang memotivasi orang lain untuk ngeblog. Itu saja!

1. Berusaha fokus pada satu tema

Hal pertama yang harus dilakukan adalah berusaha fokus pada satu tema blog saja. Misalnya, kalau anda mengangkat tema tentang blogging maka fokus saja pada tema tersebut. Tentukan tema tulisan lalu buatlah tulisan.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

1 tulisan per hari sudah lebih dari cukup, apalagi jika dua dan tiga tulisan. Panjang tulisan bisa bervariasi, bisa sampai 500 karakter per 1 tulisan. Tetapi yang penting tetap konsisten dalam menulis dan mengelola blog.

2. Menargetkan keyword

Bagi blogger pemula mungkin ini adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Membidik keyword atau kata kunci tertentu bisa menjadi salah satu kunci blog anda meraih pengunjung yang banyak. Jika anda mengangkat tema blogging, maka bidiklah keyord tentang tema blogging tersebut dari A-Z.

Baca Juga : Cara Jitu Tingkatkan Visitor Blog Dengan Mudah

Karena itu, anda perlu memikirkan keyword mana yang hendak anda bidik, dan apa tujuannya. Perhatikan juga persaingan untuk keyword tersebut sebelum membidiknya.

3. Menulis artikel

Setelah membidik keyword sekarang tulis artikelnya. Artikel dari keyword yang anda bidik tersebut. Kalau anda menulis bebas itu tidak masalah, tetapi kalau anda membidik keyword maka sudah pasti anda harus menawarkan hal yang lebih baik lagi ketimbang blog-blog yang sudah menempati peringkat tersebut selama berbulan-bulan.

4. Cek skor plagiarisme

Kalau konten buatan anda itu original maka tentu tidak ada plagiat. Tetapi kalau anda menggunakan pernyataan-pernyatan tertentu dari sumber lain, maka melakukan cek plagiat ini wajib anda lakukan, apalagi jika artikel tersebut adalah artikel rewrite.

5. Membuat gambar postingan

Coba perhatikan gambar-gambar dari blog populer saat ini, rata-rata gambar yang mereka tempatkan adalah gambar hasil buatan sendiri atau telah di modifikasi agar tidak terkena pelanggaran hak cipta. Lakukanlah hal yang sama. Cukup ambil gambar, ubah ukurannya saja.

6. Posting

Sebelum memposting ada baiknya anda memperhatikan hal-hal tertentu untuk kenyamanan orang-orang yang membacanya. Jika anda mengetik menggunakan MS Word jangan langsung copy paste ke dalam postingan blog, baiknya di pastekan di notepad lalu ke ditempel di postigan blog. Ini untuk menghilangkan style dari tulisan yang anda buat.

6. Cek kesehatan situs web

Untuk mengecek kesehatan situs web, gunakan Google Search Console. Selain gratis, alat ini juga menyedaikan fitur keren dan tak terbatas untuk mengecek kesehatan blog. Perhatikan url-url yang tidak ditemukan, anomaly crawling, non indeks dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu metode untuk mengecek kesehatan situs web anda.

7. Blog walking

Sembari melakukan 6 hal diatas, jangan lupa untuk melakukan blog walking dan terus belajar ngeblog. Belajarlah yang rajin dan jangan pernah berhenti belajar. Perkenalkan kepada para blogger tersebut bahwa anda memiliki blog, berkonsultasi, cari backlink dan sebarkan konten anda ke media sosial seperti Facebook.

8. Bodoh amat pada penghasilan

Ini yang paling penting loh. Kalau anda ngeblog tujuannya untuk memperoleh penghasilan, ada baiknya anda pikir-pikir dulu deh. Tidak mudah memperoleh penghasilan dari blog secara rutin, karena itu butuh usaha, kerja keras dan waktu yang tidak sedikit.

Baca Juga : 16 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Yang penting jangan patah semangat. Semua akan indah pada waktunya kok. Dan tidak ada usaha yang tidak akan membuahkan hasil. Demikian artikel yang saya ulas tentang cara saya menulis di blog. Jika anda punya masukan, kritikan dan pertanyaan terkait dengan postingan ini atau blog ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *