Begini Cara Reset Windows 10 Agar Laptop Seperti Baru Lagi

18 Likes Comment
Cara reset windows 10

Cara Reset Windows 10 – Jika segala cara telah ditempuh untuk meningkatkan loading laptop tapi tak ada perubahan mungkin jalan terakhir adalah dengan meresetnya.

Dan memang benar, salah satu cara yang paling ampuh untuk meningkatkan kecepatan laptop adalah dengan meresetnya.

Dalam artian, anda melakukan reset komputer dengan tujuan agar laptop anda bekerja dengan lebih cepat lagi.

Selain itu, dengan mereset komputer, anda tidak perlu repot lagi untuk menginstall komputer anda sebab secara otomatis instalasi akan dilakukan.

Hanya saja, aplikasi-aplikasi bawaan Windows termasuk juga aplikasi lain yang pernah anda instal akan terhapus. Oleh karena itu, baiknya anda menyiapkan versi mentah dari aplikasi yang anda gunakan sebelumnya.

Secara umum, ada beberapa hal yang membuat laptop yang digunakan itu lemot, antara lain:

1. Terlalu banyaknya data dalam komputer

Kalau data dalam komputer anda [data drive] sudah terlalu full maka anda bisa menghapusnya satu per satu.

Baiknya anda memilih mana data yang sudah tidak terpakai lagi dan mana data yang masih terpakai. Jika ada data yang sudah tidak penting silahkan anda hapus saja.

2. Update windows yang tidak selesai

Terkadang, update windows yang tidak selesai membuat laptop menjadi lemot. Itu belum lagi ditambah dengan data-data lama sesudah laptop di update.

3. Kunci registry yang diubah

Nah terkadang, tanpa sadar, karena sistem telah dipengaruhi oleh virus atau antivirus tertentu maka secara langsung akan mengubah kunci registry tanpa anda ketahui. Padahal ini bisa membuat laptop anda menjadi sangat lambat.

4. Virus

Soal ini saya pernah mengalaminya. Dimana, terdapat virus dalam komputer yang membuat laptop sangat lambat.

Setiap kali saya membuka aplikasi, butuh waktu sekitar 10 detik agar aplikasi tersebut terbuka. Padahal, jika di cek pada task manager kinerja laptop biasa saja.

Setelah di cek ternyata ada banyak sekali virus yang terdapat pada laptop. Yang tentu saja dapat membuat laptop tersebut berjalan sangat lambat.

5. Aplikasi terinstal dengan sendirinya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa laptop saya diserang oleh virus tertentu. Dan setelah di cek, setiap hari ada aplikasi yang terinstall di komputer tanpa saya ketahui.

Baca Juga : Cara Mempercepat Loading Windows 10 Yang Lemot

Salah satu aplikasinya adalah Seguro Realtime Protection Lite. Ini merupakan salah satu antivirus yang sebenarnya adalah virus.

6. Faktor lain

Jika komputer anda baik-baik saja anda tetapi tetap lambat anda bisa melakukan bebrapa cara yang saya ulas dibawah ini.

Lalu bagaimana cara mereset windows 10 untuk mempecepat loading laptop? Baca artikel ini sampai habis.

Cara Reset Windows 10

Sebelum lanjut pada pembahasan, dan sebelum benar-benar anda mereset komputer, anda bisa mengikuti beberapa langkah lain untuk meningkatkan kecepatan laptop.

Sebenarnya, cara meningkatkan kecepatan laptop dengan meresetnya merupakan langkah terakhir jika segala cara telah anda coba namun tidak berhasil.

Nah berikut disajikan artikel tentang cara mereset windows 10 untuk meningkatkan kecepatan loading laptop yang lemot. Berikut l

  1. Buka komputer anda yang sudah terinstal dengan Windows 10
  2. Setelah itu, silahkan klik pada menu SettingCara reset windows 10
  3. Jika sudah klik pada tulisan Update dan SecurityCara reset windows 10
  4. Setelah itu klik pada submenu RecoveryCara reset windows 10
  5. Jika sudah, silahkan klik pada Get Started untuk memulai reset PC. Disini anda akan disuguhkan dua pilihan, yang pertama adalah Keep My Files dan yang kedua adalah Remove Everything. Jika anda hanya ingin mereset windows 10 dan menginginkan agar file-file di windows tersebut tidak ikut terhapus maka silahkan klik pada tulisan Keep My Files. Sementara, jika anda ingin menghapus semua file yang ada di komputer anda, silahkan klik pada tulisan Remove Everything. Saran saya, silahkan klik pada pilihan yang pertama. Sebab, pada file-file anda tidak akan terhapus dan hanya sistem saja yang akan di reset.cara reset windows 10
  6. Jika sudah, silahkan klik pada pilihan yang anda inginkan. Disini, Windows langsung melakukan restart pada komputer anda
  7. Tunggu prosesnya sampai selesai

Dalam beberapa kasus, untuk mereset sistem windows membutuhkan waktu yang amat sangat lama. Pengalaman saya, membutuhkan waktu hampir satu jam lebih.

Mungkin anda yang punya pengalaman berbeda. Entah itu cepat atau lambat. Selama proses reset, baiknya anda tidak mematikan komputer anda secara tiba-tiba. Yang berarti, biarkan komputer anda tetap hidup.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini

Oh iya, ada hal penting yang harus anda ketahui disini. Yakni, aplikasi-aplikasi yang sebelumnya pernah anda instal, termasuk beberapa aplikasi bawaan Windows seperti Microsoft Word, Excel dan lainnya serta aplikasi-aplikasi lain akan terhapus.

Oleh karena itu, baiknya anda menyiapkan aplikasi mentahnya untuk menginstal ulang. Selain itu, siapkan juga Aktivasi Windows yang cocok untuk model windows yang digunakan. Karena, kode aktivasi akan dihapus setelah windows berhasil di reset.

Penutup

Reset komputer juga berfungsi untuk mengembalikan file-file sistem secara default. Jika dulunya, di Windows 7 fitur ini tidak tersedia, maka pada versi kali ini sudah ada.

Sehingga, pengguna tidak perlu lagi repot untuk menginstal kembali Windows 10 untuk mengembalikan sistem operasi seperti sebelumnya.

Demikian artikel tentang cara reset windows 10 untuk meningkatkan kecepatan laptop. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *