Cara Perbaiki Kartu SD yang Rusak

11 Likes Comment
cara perbaiki kartu SD yang rusak

Cara perbaiki Kartu SD yang Rusak – Untuk memperbaiki kartu SD yang rusak sebenarnya gampang-gampang sulit. Namun sebaiknya, untuk memutuskan apakah kartu SD itu rusak benaran atau tidak, anda harus mengikuti beberapa tips dibawah ini.

Dalam artikel kali ini saya ingin memberikan tips tentang cara memperbaiki kartu SD yang rusak. Tips-tips dibawah ini memang bisa berhasil bisa juga gak.

Saya tidak menjamin kalau tips ini bisa berhasil, yang terpenting adalah anda sudah bisa berusaha memperbaikinya. Untuk tingkat kerusakannya sendiri beragam dan penyebabnya juga beragam. Tergantung dari penggunaannya saja.

Cara perbaiki kartu SD yang rusak

Lalu bagaimana cara perbaiki kartu SD yang rusak? Jika anda ingin memperbaikinya, ada beberapa cara. Berikut ini caranya:

1. Periksa di Komputer Lain

Sebelum masuk ke metode lebih lanjut, ada baiknya anda memeriksa kartu SD tersebut di komputer lain menggunakan Card Reader apakah benar-benar rusak atau tidak.

Karena biasanya, ada beberapa kesalahan sistem operasi di komputer yang berdampak pada kartu SD yang digunakan. Jadi ada baiknya sebelum anda melanjutkan ke tahap berikutnya, ada baiknya anda mengeceknya terlebih dahulu.

2. Ganti ke huruf drive yang berbeda

cara perbaiki kartu sd

Terkadang, sistem operasi di Windows gagal menetapkan huruf drive ke perangkat yang terhubung. Bahkan jika sudah menerapkan drive, tetap saja gagal dibaca.

Jadi sebelum melanjutkan ke metode selanjutnya, pastikan untuk menetapkan terlebih dahulu huruf drive tersebut.

Baca Juga : 13 Cara Buka Situs Web Yang Terblokir di Internet

Untuk menempatkannya, silahkan klik tombol Start dan pada manajemen tombol pencarian silahkan klik Disk Management.

Disini untuk membuka menu manajemen disk dari menu konteks yang muncul. Jika sudah klik pada pada drive untuk membuka menu konteks lain lalu klik Change Drive Letter and Paths.

3. Re-istall drive

Terkadang, driver yang ada sudah rusak sehingga tidak dapat mendeteksi media penyimpanannya. Oleh karena itu, anda bisa menginstall kembali driver dengan mengikuti langkah-langkah sederhana dibawah ini:

cara perbaiki kartu SD yang rusak

  1. Klik kanan pada komputer untuk membuka menu konteks
  2. Setelah itu silahkan klik Manage> Device Manager
  3. Klik dua kali pada disk drive
  4. Setelah itu klik kanan pada Drive yang bermasalah
  5. Jika sudah silahkan klik Unistall> lalu Oke

Jika sudah silahkan cabut USB Drive yang bermasalah tadi lalu restart komputer anda. Jika sudah hidup silahkan hubungkan kembali kartu SD anda.

4. Menggunakan CMD

Cara ini sebenarnya untuk memformat kartu SD yang rusak. CMD selalu menjadi pilihat terbaik untuk memperbaiki file Windows.

Yang paling keren dari cara ini adalah anda mungkin bisa memperbaiki kartu SD yang rusak menggunakan CMD. Untuk memperbaikinya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

cara perbaiki kartu SD yang rusak dengan CMD

  • Silahkan hubungkan kartu SD ke komputer menggunakan Card Reader atau tempat Kartu SD yang ada di komputer
  • Setelah itu silahkan buka CMD dan masukan kata ‘diskpart’
  • Jika sudah silahkan ketik list disk lalu tekan enter
  • Setelah itu, silahkan ketikan disk pilih 1. Pastikan untuk mengganti disk 1 dengan nomor disk yang diberikan sistem operasi di kartu SD anda
  • Setelah itu ketik Clean lalu tekan Enter
  • Jika sudah ketik create partition primary lalu enter
  • Disini silahkan ketik Active lalu enter lagi
  • Setelah itu, klik Pilih partisi 1 dan tekan enter
  • Jika sudah, langkah terakhir, silahkan format partisi yang baru saja dibuat tersebut. Untuk menformatnya, ketik format fs=fat32

Cara agar Kartu SD tidak gampang rusak

Terkadang, penyebab kartu SD rusak adalah karena kelalaian pemilik kartu SD atau kerusakaan teknis lain. Namun sebagian besar disebabkan oleh faktor pertama tadi.

Untuk menjaga kartu SD agar tidak rusak, berikut ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan, antara lain:

a. Bersihkan karu SD secara berkala dengan cara menyeka kain bersih dibagian atasanya

Terkadang karena terhalang oleh debu, kartu SD mulai kehilangan kontak dengan sistem operasi. Langkah ini terbilang cukup sederhana dan pada akhirnya anda bisa melakukan perbaikan secara teraut untuk mengatasinya.

Baca Juga : Cara Download Video dari Facebook Terbaru

Ingat juga bahwa anda barus mencegah kontak dengan kain yang basah pada kartu memori, karena dapat mementuk lapisan teroksigenasi pada elemen tembaga yang selanjutnya memblokir konteksi dengan sistem operasi.

b. Memformat ulang kartu SD

Jika tidak ada pilihan lain, salah satu cara untuk mengembalikan kartu SD tersebut adalah dengan memformat ulang kartu SD tersebut.

Beberapa virus atau file menjadi penyebab kartu SD macet. Memforamat cukup dengan menghilangkan virus dan file yang menyebabkan kartu SD tidak berfungsi dengan baik.

Tetapi ada satu hal yang harus anda perhatikan, yakni anda tidak bisa memperoleh akses terhadap semua data lama anda.

c. Masalah kompatiblitas

Kadang-kadang, saat anda coba memasang kartu SD di salah satu perangkat yang anda gunakan, tetapi tidak bisa membacanya dengan benar kemungkinan adalah perangkat tersebut tidak kompatibel dengan kartu SD

Ini adalah masalah kompatibilitas dan ini juga menjadi penyebab kartu SD tidak berjalan dengan baik. Cobalah untuk menggunakan kartu memori di perangkat lain yang berbeda karena kemungkinan bisa diakses.

d. Pecahkan masalah Mendiagnosis Kartu SD dengan menggunakan alat pada PC

Disini cukup sambungkan kartu SD menggunakan pembaca kartu [card reader] setelah itu melalui alat bantu default windows, ikut perintah-perintahnya.

Anda banyak alat yang tersedia di internet memperbaiki kartu SD yang rusak sehingga anda masih bisa menggunakannya lagi.

Nah demikian artikel tentang cara perbaiki kartu SD yang rusak menggunakan CMD. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *