Cara Optimasi Konten Setelah Ikut Lomba SEO

2 Likes 2 Comments
cara optimasi konten setelah ikut lomba

Cara Optimasi Konten Setelah Ikut Lomba SEO – Ada banyak faktor mengapa salah satu konten di blog kita bisa memperoleh peringkat yang baik di mesin telusur dan ada yang tidak. Ini adalah satu hal yang wajar.

Faktor-faktor itu sebagian besar berkaitan dengan reputasi blog kita di mesin telusur dan juga kemampuan konten untuk bersaing serta model pengoptimalan SEO yang kita lakukan.

Ada dua macam pengoptimalan SEO yang saya maksud diatas, diantaranya adalah on page seo dan off page SEO. Dua-duannya memiliki pengaruh yang signifikan bagi konten kita untuk ikut bersaing di mesin telusur.

Karena itu, sebelum anda mengikuti lomba-lomba SEO yang diadakan, ada baiknya anda memahami tentang pengoptimalan yang saya maksud ini.

Baca Juga : 16 Cara Memperoleh Penghasilan Dari Blog

Namun ternyata, untuk bisa bersaing pada sebuah keyword yang secara tiba-tiba kompetitif karena di lombakan itu sebenarnya tidak mudah. Apalagi jika kita berusaha untuk duduk di peringkat pertama dan masih berahan sampai pengumuman usai.

Sebab, setiap harinya ada saja artikel yang dibuat dengan keunggulan sendiri-sendiri. Untuk itu, demi memastikan konten anda itu tetap berada di peringkat 1 halaman Google, usahakan agar anda terus memantau pesaing anda dan apa yang membuatnya bisa berada di peringkat pertama pencarian Google.

Sebenarnya, berdasarkan pengalaman saya sendiri, yang memang sudah beberapa kali mengikuti lomba SEO dan menjadi jawarannya, saya mengungkap rahasia optimasi konten setelah mengikuti lomba SEO. Anda boleh mengikuti cara saya ini, boleh juga tidak. Keputusan ada ditangan anda. Berikut caranya.

1. Lengkapi lagi artikel

Saat anda telah memposting artikel, perhatikan pesaing anda. Lihat berapa jumlah kata didalam postingan mereka sehingga mereka bisa berada di page one Google. Anda bisa melengkapi dengan video youtube, maps, foto dan juga atribut lain misalnya, infografis.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini

Kalau anda melengkapi dengan video youtube, usahakan video tersebut adalah buatan anda sendiri. Jangan pakai video orang lain. Yang paling penting, dibagian deskripsi video tempatkan URL blog yang anda ikutkan lomba SEO itu dengan lengkap.

2. Indeks kembali ke Search Console

Setlah melakukan perubahan, saya sarankan agar anda mengindeks kembali ke GSC. Mengapa? Agar google mengetahui perubahan yang anda lakukan di konten anda tersebut. Sekaligus untuk memberikan peringkat yang mungkin berbeda dengan peringkat yang lain.

3. Dapatkan backlink untuk postingan tersebut

Kalau anda memiliki blog lain, arahkan backlink ke konten yang anda ikuti tersebut. Karena ini memiliki dampak luar biasa bagi blog anda. Selain itu juga, usahakan backlink yang anda tempatkan tersebut memiliki reputasi yang baik di mata Google.

Baca Juga : Jenis-Jenis Format Gambar Yang Umum Digunakan

Saya sebelumnya pernah mengikuti salah satu lomba tentang info bimtek pusdiklat permendagri. Meski tidak menjadi juaranya, tapi saya belajar banyak dari pengalaman ini. Dan pelajaran yang saya dapatkan itulah yang saya tuliskan dalam artikel ini.

4. Sebar link

Meski cara ini beresiko, namun tetap berhasil. Saya sarankan agar anda menyebar link tersebut ke forum-forum, media sosial dan bahkan blog atau situs web mapan yang masih menyediakan kolom komentar didalamnya.

Baca Juga : Cara Agar Bisa Menang Lomba Fotografi

Meski dianggap spam, tapi ini masih sangat berguna. Karena ini bisa menjadi salah satu sinyal peringkat yang masih digunakan oleh Google meski hanya berapa persen saja.

5. Struktur website berpengaruh

Maksudnya apa ya? Ya, struktur website. Saya menekankan pada tiga hal, pertama: DA dan PA blog, kedua Panjang rata-rata tulisan didalam blog anda dan yang ketiga, Kecepatan. SOal kecepatan adalah yang paling penting.

Baca Juga : 5 Langkah Yang Harus Dilakukan Blogger Untuk Bisa Sukses

Jika blog anda diakses dengan cepat, maka ini menjadi salah satu sinyal bagi Google untuk memberikan peringkat yang lebih ke blog anda. Jangan remehkan hal ini.

6. Sebar artikel

Yang paling terakhir adalah menyebarkan artikel-artikel tersebut ke forum-forum, media sosial dan lain sebagainya. Manfaatkan hal ini untuk bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin telusur.

Oke sekian dulu artikel tentang cara optimasi konten setelah ikut lomba. Semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat untuk anda. Wasalam~

You might like

About the Author: miminpaulipu

Seorang blogger pemula yang masih belajar meramu kata dan berusaha mengais makna kata yang ditulis~

2 Comments

  1. Kalau optimasi artikel jika ikutan kontes SEO yang pertama adalah point satu dan kedua sebarkan artikel melalui media sosial dan juga blogwalking ke blogger lainnya agar artikel kita dapat dibaca banyak orang.

    1. Bisa jadi gan. terima kasih sudah berkomentar. Diatas berdasarkan pengalaman ane sendiri…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *