Cara Obati Gusi Sakit Tanpa Obat Dengan Cepat

6 Likes Comment
Cara Obati Gusi Sakit Tanpa Obat

Cara Obati Gusi Sakit Tanpa Obat – Diartikel sebelumnya mungkin anda sudah membaca tentang 8 penyebab utama mengapa gusi sakit. Jika anda belum membacanya ada baiknya anda membacanya apalagi anda yang sedang menderita gusi sakit dan ingin menghilangkannya tanpa obat dengan cepat.

Karena hal pertama untuk menghilangkan gusi sakit adalah dengan mendiagnosa terlebih dahulu, apa penyebabnya dan langkah-langkah yang harus diambil untuk mengobatinya. Lalu bagaimana cara menghilangkan gusi sakit tanpa obat dengan cepat? Silahkan baca artikel ini sampai habis.

Baca Juga : 8 Cara Obati Sakit Gigi Dengan Cepat

Perlu anda ketahui juga, dalam beberapa kasus, gusi sakit bisa bertahan sangat lama dan bahkan mengalami pendarahan, perubahan warna dan mengalami pembengkakan. Sehingga menyebabkan retraksi, rasa sakit saat mengunyah, gigi rontok dan kepekaan terhadap dingin atau panas yang tinggi.

Seperti biasa, jika anda mengalami hal-hal diatas, ada baiknya anda berkonsulitasi ke dokter gigi untuk mengetahui penyebabnya sekaligus untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Cara Mencegah Gusi Sakit

Lalu bagaimana cara mengobati sakit pada gigi tanpa obat? Idealnya kalau gusi sakit baiknya anda langsung berkonsultasi ke dokter gigi terdekat, segera setelah gejala pertama muncul. Namun, sakit gusi dapat dikurangi dengan langkah-langkah dibawah ini.

Langkah-langkah yang akan kita bahas dibawah ini terdiri dari dua langkah utama mulai dari pencegahan dan pengobatan. Untuk pengobatan hanya menggunakan teknik pengobatan rumahan dengan bahan-bahan umum yang tersedia.

Baca Juga : 8 Jenis Nyeri Yang Paling Umum Dialami Oleh Manusia dan Cara Mengobatinya

Seperti pameo lama kedokteran, ada baiknya mencegah dari pada mengobati. Begitu juga dengan rasa sakit pada gusi, ada baiknaya mencegahnya. Lalu bagaimana cara mencegahnya, ada beberapa cara dibawah ini:

1. Pilih sikat yang lebih lembut

Di Alfamart, Alfamidi dan toko-toko lainnya, banyak tersedia pilihan sikat gigi dengan berbagai bentuk dan merk. Untuk mencegah rasa sakit pada gusi direkomendasikan untuk menggunakan gusi sikat gigi yang lembut.

2. Gunakan obat kumur antiseptic

Untuk memberi perlindungan tambahan kepada gigi dan gusi ada baiknya anda menggunakan obat kumur antiseptic, termasuk untuk penyembuhan dan anti-inflamasi seperti Listerin.

3. Hindari makan pedas

Makanan pedas bisa menjadi penyebab utama mengapa gusi anda sakit. Untuk mencegahnya, ada baiknya anda menghindari makanan pedas, termasuk juga makanan yang asam atau asin.

4. Gunakan gel langsung

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan gel langsung untuk membius daerah yang sakit. Namun jika rasa sakit gusi tersebut sangat hebat, langkah-langkah cepat perlu diambil. Misalnya dengan obat analgesic seperti acetaminophen, tapi lebih bagus kalau anda langsung berkonsultasi dengan dokter terdekat.

Baca Juga : 3 Cara Alami Putihkan Gigi Dengan Cepat Dan Terbukti Berhasil

Tetapi apakah ada cara untuk menghilangkan sakit gusi tanpa obat? Mungkin saja. tapi ini tidak jadi jaminan bahwa sakit gusi yang anda alami itu akan sembuh. Namun tetap perlu di coba untuk membantu menghilangkan sakit pada gusi.

Cara obati gusi sakit tanpa obat

Pada bagian ini, metode yang digunakan adalah metode pengobatan rumahan. Setelah anda mengidentifikasi penyebab sakit pada gusi, atau mungkin anda membilasnya dengan air garam hangat beberapa kali sehari. Selain itu, ada beberapa obat rumahan lain yang bisa membantu menghilangkan sakit gusi tanpa obat. Berikut beberapa diantarnya:

1. Obat kumur

Rata-rata obat kumur memiliki sifat antiseptic, anti-inflamasi dan penyembuhan sehinga mengurangi sakit gigi pada gusi. Namun jika tidak ada obat kumur, silahkan pakai larutan air garam. Berikut bahan-bahannya.

Bahan-bahan :

  • 2 sendok teh
  • 250 ml air mendidih
  • 1/2 sendok teh garam laut

Cara pembuatan:

Taruh 2 sendok teh bijak kering dalam gelas dengan air hangat dan diamkan selama 15 menit lalu saring. Setelah itu, tambahkan garam didalamnya dan biarkan sampai dingin. Untuk menggunakannya, ada baiknya setelah anda menyikat gigi dan harus digunakan maksimal dua hari untuk hasil yang lebih baik.

2. Pasta Hydrastis dan mur

Pasta ini dapat memberikan efek penyembuhan yang kuat pada gusi yang meradang dan sakit. Untuk mengobati menggunakan pasta Hydrastatis dan mur berikut bahan-bahannya.

Bahan-bahan:

  • Ekstrak mur
  • Bubuk Hydrastis
  • Kasa yang telah disterilkan

Cara penyajian:

Campurkan beberapa tetes ekstrak mur dan bubuk hydrastis untuk membuat pasta kental, bungkus dengan kain kasa steril dan letakkan di area yang terkena sinar matahari selama satu jam, lalu lumuri pada bagian gusi yang sakit minimal dua kali sehari.

Nah demikian artikel tentang cara menghilangkan sakit gigi tanpa obat. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *