Cara Mudah Tingkatkan Otoritas Domain Blog

3 Likes Comment
cara mudah tingkatkan otoritas domain blog

Cara Mudah Tingkatkan Otoritas Domain Blog – Meningkatkan kepopuleran sebuah blog adalah salah satu impian para blogger. Tetapi mungkin bagi anda yang masih baru dalam dunia blogging tidak tahu kalau domain anda diawasi oleh otoritas domain di internet.

Walaupun anda telah menerapkan SEO yang baik untuk blog anda, tetapi jika blog anda tidak memiliki otoritas yang baik maka tentu saja blog anda akan sepi pengunjung.

Saya yakin, anda pasti setuju bahwa anda tidak ingin membuang-buang waktu anda untuk berkunjung ke sebuah situs web yang berkualitas rendah. Apalagi untuk mendapatkan tautan balik (backlink) dari blog tersebut.

Baca Juga : Cara menaikan Skor Otoritas Domain Dengan Mudah

Salah satu upaya untuk meningkatkan pengunjung ke blog kita sendiri adalah dengan meningkatkan otoritas domain kita. Lalu bagaimana cara meningkatkannya? Artikel ini akan memparkan tentang cara mudah tingkatkan otoritas domain blog kita sendiri.

Apa itu Otoritas Domain?

Otoritas Domain adalah Metrik Web yang telah dikembangkan oleh Moz. Ini adalah skor peringkat mesin pencari yang dikembangkannya. Moz memberikan skor atau kelas mulai dari 1-100 yang memperkirakan atau menentukan kemungkinan situs web anda peringkat pencarian Google.

Tapi sesungguhnya apa itu otoritas domain? Penjelasannya agaknya sangat panjang. Tapi intinya, semakin tinggi skor otoritas domain, semakin besar kemampuan situs web untuk memperoleh peringkat yang lebih bagus lagi di mesin telusur.

Baca Juga : 5 Alat Pemeriksa Otoritas Domain Terbaik Saat Ini

Selain otoritas domain ada juga otoritas halaman. Otoritas halaman sendiri adalah suatu kemampuan halaman blog kita bersaing di mesin telusur. Otoritas ini didasarkan pada data yang di kumpulkan dari indeks web. Ini mempengaruhi banyak faktor.

Terkait dengan faktor-faktor ini kita akan membahas di kemudian hari. Tetapi intinya, nilai otoritas halaman ditentukan oleh kammpuan blog anda dan kualitas konten yang anda jual di internet. Semakin tinggi suatu skor halaman semakin susah ia naik ke peringkat.

Artinya, jika otoritas halaman anda saat ini 10 maka anda dengan mudah meningkatkan otoritas halaman tersebut menjadi 20. Tetapi jika otoritas halaman anda sudah 60 maka amat susah meningakatkannya menjadi 70.

Karena semakin berat tantangan yang anda hadapi setiap kali otoritas halaman anda naik. Salah satu kuncinya adalah dengan memperbanyak konten, meningkatkan konsistensi dan juga memperkuat link internal.

Baca Juga : Cara menghitung Skor SEO blog

Dua hal diatas juga dapat dihitung berdasarkan otoritas domain rata-rata. Ini adalah metric yang merupakan alat yang dapat membantu SEO blog kita sendiri. Dan dapat menentukan kemampuan situs web kita untuk memperoleh peringkat di mesin telusur Google.

Skor otoritas domain rata-rata dihitung dari skala 1-100. Otoritas domain ini dihitung untuk menghasilkan skor berapa banyak kemungkinan otoritas domain yang kita peroleh dari waktu ke waktu.

Lalu bagaimana cara meningkatkan otoritas domain kita sendiri? Ada banyak cara. Silahkan ikuti cara-cara dibawah ini untuk dapat meningkatkan otoritas domain anda.

1. Struktur internal blog

Struktur internal blog terdiri dari struktur seperti navigasi, kebijakan layanan, disclaimer dan hal-hal lain tentunya. Jika blog anda merupakan blog yang fokus pada berita, maka anda harus memiliki Pedoman Media Siber.

Baca Juga : 4 Hal yang penting yang harus dilakukan oleh Blogger

Struktur internal blog juga termasuk dengan struktur tautan didalam blog anda. Anda harus membangun struktur ini menjadi lebih kuat. Jadi artinya, setiap artikel anda terhubung ke artikel lain, yang lebih lama. Jika struktur internal anda kuat, maka anda sudah selangkah lebih maju untuk memperoleh peringkat di mesin telusur.

2. Backlink

Selalu periksa backlink yang mengarah pada blog anda. Jika backlinknya buruk, atau berasal dari situs web atau blog yang berbau Por*grafi, Ju*I dan lain sebagainya maka sudah seharusnya anda hapus. Situs-situs tersebut dapat mempengaruhi kemampuan blog anda untuk bersaing di peringkat pertama Google.

Baca Juga : 8 Hal Yang Harus Segera Diatasi Jika Ingin Menjadi Blogger Yang Sukses

Backlink yang bagus selalu berasal dari blog-blog yang bagus, yang sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh Google. Ada baiknya anda memperoleh backlink dari blog-blog yang nilai DA atau skor otoritas domainnya lebih baik dari skor otoritas domain blog anda.

3. Bouncing rate

Indikasi lain yang dapat meningkatkan otoritas domain blog adalah waktu rata-rata kunjungan di blog. Ini adalah waktu rata-rata pengunjung bertahan di blog anda. Semakin lama pengunjung bertahan semakin bagus reputasi blog anda. Untuk itu, usahakan agar buat konten yang lebih panjang, berkualitas dan memberikan solusi.

Orang-orang mengunjungi Google untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan mereka. Jika anda menipu mereka, dengan membuat artikel yang tidak sesuai dengan judul, atau menerapkan black hat SEO maka orang-orang akan langsung keluar dari blog anda.

Baca Juga : Kesalahan-kesalahan saya dalam ngeblog, jangan tiru!

Untuk itu, outbounding blog menjadi indikator awal apakah blog anda memiliki otoritas yang baik atau jika. Jadi semakin lama orang bertahan di blog anda, semakin bagus otoritas domain anda.

4. Sharing ke media sosial

Ini berarti anda tidak boleh hanya mengharapkan pengunjung dari mesin telusur semata atau pengunjung organik. Anda juga harus membagikan artikel-artikel anda di media sosial. Otoritas domain akan diberikan kepada anda yang rajin membagikan konten-konten di media sosial, terlebih di Google+.

5. Umur blog

Salah satu hal penting yang harus anda ingat adalah umur blog. Semakin lama umur blog anda tentu semakin bagus otoritas domainnya. Ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak blogger yang membeli domain yang sudah ekspire, karena otoritas domainnya sudah ada. Artinya, ia sudah mendapatkan tempat yang lebih baik di mesin telusur ketimbang membeli dan membangun domain baru.

Penutup

Nah demikian artikel tentang cara meningkatkan otoritas domain. Tentu anda ingin blog anda kebanjiran pengunjung kan? Jika iya maka anda harus meningkatkan otoritas domain anda menjadi lebih baik. Jika anda punya pertanyaan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *