7 Cara Merawat Rambut Yang Rusak Akibat Hair Styling

7 Likes Comment
merawat rambut rusak

Setidaknya, ada 7 cara merawat rambut yang rusak akibat hair styling. Cara-cara tersebut sangat sederhana dan dapat dilakukan dengan mudah.

Setiap wanita pasti memperhatikan masalah soal rambut termasuk juga gayanya. Biasanya, ini dilakukan dengan menggunakan bantuan alat seperti alat pengering rambut, melakukan proses pelurusan dan lain sebagainya.

Meskipun setiap wanita tahu bahaya yang diakibatkan dari penggunaan alat styling semacam itu namun tetap saja masih banyak yang menggunakannya.

Berbagai masalah yang berkaitan dengan rambut rusak sering muncul terutama akibat banyaknya bahan kimia yang digunakan selama proses styling.

Proses ini biasanya terjadi melalui smoothing atau rebonding. Dua proses ini pada dasarnya menggunakan zat kimia secara langsung.

Baca Juga : 8 Penyebab Mengapa Bayi Rewel

Hal itu ditambah lagi dengan penggunaan alat-alat yang mengandung panas yang meningkatkan resiko kerusakan rambut bertambah.

Dengan begitu sudah sewajarnya untuk menjaga dan merawat rambut yang dimiliki karena merupakan mahkota yang memiliki banyak manfaat bagi seseorang.

Cara Merawat Rambut Yang Rusak Akibat Hair Styling

Untuk merawat rambut yang rusak akibat proses ini, anda boleh menggunakan berbagai cara. Asalkan cara tersebut terbukti bermanfaat.

Namun, ada beberapa langkah sederhana yang dapat anda lakukan untuk merawat rambut yang rusak. Cara tersebut yang akan diulas dalam artikel ini. Berikut daftarnya:

1. Lindungi rambut

rambut rusak
via besthealthmag.ca

Langkah paling pertama dan paling mudah untuk merawat rambut tentu saja dengan melindunginya dari paparan sinar UV dan juga radikal bebas termasuk debu jalanan.

Ini adalah salah satu penyebab paling umum mengapa rambut rusak. Selain rusak, bisa membuat warna rambut memudar dan ujung yang terlihat rapuh bercabang.

Cara ini merupakan cara paling sederhana untuk melindungi rambut. Anda bisa menggunakan pelindung panas primer atau menggunakan Hydrating Mask.

2. Memotong rambut

merawat rambut
via all-women-hairstyles.com

Biasanya, jika rambut sudah rusak, bagian ujungnya akan rapuh dan mudah putus. Melakukan perawatan yang tak tepat justru membuat rambut lebih rusak.

Oleh karena itu, jika anda kesulitan untuk merawat rambut yang rusak anda bisa memotongnya. Selain itu, memotong rambut juga membantu anda untuk terlihat lebih segar dan lebih menarik.

3. Menggunakan minyak zaitun

5 Cara Merawat Rambut Yang Rusak
via hallosehat.com

Minyak zaitun adalah tergolong bahan dengan manfaat yang beragam. Minyak zaitun juga tidak perlu lagi diragukan khasiatnya, baik untuk kecantikan kulit atau untuk perawatan rambut.

Baca Juga : 10 Cara Agar Anak Tidak Terjebak Gaya Hidup Hedonis

Bahan ini boleh anda gunakan sebagai cara merawat rambut yang rusak dan kering akibat hair styling. Lakukan perawatan minyak zaitun secara rutin dan teratur untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik.

4. Menggunakan lidah buaya

5 Cara Merawat Rambut Yang Rusak
via kompas.com

Rambut yang rusak akibat terlalu sering menggunakan hairstyling biasanya ditandai dengan rambut yang kering.

Baca Juga : 8 Kesalahan Menyikat Gigi Yang Paling Umum Dilakukan

Cara merawat rambut rusak akibat rebonding anda bisa gunakan gel lidah buaya. Gel lidah buaya akan membantu mendinginkan rambut yang terlalu sering terkena panas dari alat rebonding yang digunakan sekaligus membantu mengembalikan nutrisi rambut yang hilang.

5. Menggunakan alpukat (Avocado)

5 Cara Merawat Rambut Yang Rusak
via tribunnews.com

Selanjutnya, anda bisa menggunakan alpukat. Ini merupakan salah satu buah dengan manfaat yang banyak dan bisa digunakan untuk mengatasi rambut yang rusak. Gunakan masker rambut dari alpukat dengan rutin untuk kebersihan dan kesehatan rambut anda.

6. Menggunakan vitamin rambut

5 Cara Merawat Rambut Yang Rusak
Gambar ilustrasi vitamin rambut dari beberapa produk via vameledaily.com

Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan vitamin rambut tambahan. Vitamin rambut ini akan membantu rambut mendapatkan vitamin-vitamin yang hilang akibat uap panas yang ditimbulkan dari proses hair styling.

7. Kurangi penggunaan hair styling

5 Cara Merawat Rambut Yang Rusak
Via inspirationsandcelebritions.net

Satu-satunya hal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan adalah dengan mengurangi penggunaan hair styling. Ini lebih ke metode mencegah rambut rusak daripada mengobatinya.

Penggunaan hair styling termasuk pengering rambut atau hair dryer. Sebagai gantinya anda cukup gunakan rual atau membiarkan rambut anda kering alami setelah mandi.

Nah demikian 7 cara untuk merawat rambut yang rusak akibat hair styling. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan agar orang-orang, terlebih khusus Wanita, bisa tahu bahaya yang timbul akibat penggunaan hair styling yang berlebihan. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *