8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Mengetik

6 Likes Comment
Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Mengetik

Ada banyak cara menjaga kesehatan mata saat mengetik didepan komputer atau laptop. Meski demikian, cara ini seluruhnya bergantung dari kebiasaan diri anda sendiri.

Hari ini menggunakan komputer untuk mengetik, bermain atau untuk tujuan lain adalah suatu kegiatan yang sudah sangat umum dilakukan entah itu didalam rumah, di kantor, di Café atau ditempat lain.

Seiring dengan meningkatnya penggunaan komputer, keluhan medis yang berkaitan dengan kesehatan mata juga meningkat drastis. Keadaan seperti ini mengingatkan manusia atas kejadian sebelumnya.

Dimana, sekitar tahun 1900-an, kasus myopia [rabun jauh] meningkat di masyarakat Eropa akibat meningkatnya buku-buku cetak.

Sebuah studi baru-baru ini yang dipublikasikan oleh allabourdivision melaporkan bahwa masalah yang berkaitan dengan mata akibat penggunaan komputer yang berlebihan mengakibatkan gejala visual yang mengganggu mata pengguna lebih dari 50-90% pekerja kantoran.

Masalah mata tegang dan kasus lain karena terlalu lama didepan komputer bisa memberikan efek lebih jauh seperti fisik yang lelah, penurunan produktivitas dan juga peningkatan jumlah kesalahan kinerja, hingga pada gangguan lain seperti mata berkedip dan juga mata merah.

8 cara menjaga kesehatan mata saat mengetik

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah berbagai masalah yang berkaitan dengan mata akibat penggunaan komputer.

Sebenarnya, ini tidak saja terbatas pada komputer tetapi juga akibat penggunaan gadget atau game console lain yang mengeluarkan radiasi dan cahaya.

Untuk mengatasi itu, berikut ada beberapa tips yang dapat melindungi mata saat mengetik. Apa saja itu? Berikut cara-caranya.

1. Hindari kontak dengan layar komputer setiap 30 menit

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghindari kontak mata dengan layar komputer 30 menit sekali. Misalnya, saat anda sedang mengetik, setiap tiga puluh menit usahakan agar mata anda tidak menatap layar komputer selama 2-5 menit.

Baca Juga : Berhenti Merokok: Dampak, Cara dan Manfaat

Ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mata sekaligus untuk menghindari mata tegang karena terlalu lama menatap layar komputer.

Perlu juga diketahui, layar komputer mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang terus menerus. Radiasi ini bisa memiliki dampak buruk bagi mata jika dilakukan secara terus menerus.

2. Gunakan kaca mata anti-radiasi

Ada banyak sekali kaca mata pelindung anti radiasi yang dapat melindungi mata saat menggunakan komputer.

Memang sih harga yang di bandrol cukup mahal, misalnya harga standar saja sampai 600 ribu ke atas. Tapi ini seimbang dengan fungsi yang diberikan. Lebih baik mencegah dari pada mengobati kan?

3. Atur kecerahan layar komputer

Selanjutnya adalah dengan mengatur kecerahan layar desktop atau laptop yang anda gunakan. Memang sih, sampai saat ini, komputer belum menggunakan mode perisai pelindung mata seperti yang terdapat di gadget.

Baca Juga : 10 Penemuan Yang Mengubah Dunia Kedokteran

Karena itu, salah satu solusinya adalah dengan mengurangi kecerahan layar desktop atau laptop yang anda gunakan tersebut. Kalau perlu, anda bisa menginstall aplikasi tambahan untuk mode baca atau mengganti layar dengan layar retina yang khusus.

4. Jangan menggosok mata saat perih

Ini yang sering dilakukan oleh banyak orang. Saat mata perih karena kelamaan menatap layar komputer, usahakan untuk tidak langsung menggosoknya.

Hal ini bisa membuat kelenjar akan mengeluarkan cairan dari dalam mata sehingga seolah-olah kita sedang menangis.

Baca Juga : 4 Alasan Mengapa Wanita Susah Mengandung

Tetapi sebenarnya ini adalah usaha dari tubuh untuk menjaga mata tetap lembab dan membuat mata agar tidak kering. Jadi saat mata perih jangan pernah menggosoknya dengan tangan.

Jika mata mulai perih karena penggunaan komputer yang berlebihan, untuk sementara anda bisa menghindari tatapan ke layar laptop, atau untuk lebih rileks anda bisa istirahat sejenak, jalan-jalan dan lain sebagainya. Atau mungkin anda bisa berkedip selama beberapa saat sebelum melanjutkan aktivitas anda kembali.

5. Atur waktu mengetik

Terkadang, mengatur waktu untuk mengetik sangat sulit dilakukan. Banyak para pengguna desktop, yang biasanya menggunakannya untuk tujuan seperti mengetik naskah, bermain game atau lain sebagainya tidak pernah mengatur waktu dalam mengetik. Sebenarnya, hal ini sudah disinggung di poin pertama tadi.

Baca Juga : Cara Cek Kesehatan Tubuh Dengan Mudah

Nah ada baiknya anda mengatur waktu penggunaan komputer, tidak saja saat sedang mengetik. Ini untuk menjaga kesehatan mata anda sendiri. Paling bagus adalah waktu penggunaan rata-rata adalah 30 menit.

Lebih kurang lebih bagus. Jika anda menggunakan rata-rata lebih dari 30 menit, usahakan untuk menerapkan metode pertama tadi yakni menghindari kontak dengan layar komputer setiap 30 menit sekali.

6. Buat jarak yang aman

Berapa sih jarak aman antara mata dan layar komputer, jarak aman adalah kurang lebih 30 senti meter. Lebih jauh lebih bagus lagi. Jadi saat anda menggunakan komputer buatlah jarak yang lebih aman antara wajah atau mata anda dengan komputer yang anda gunakan.

7. Hindari silau

Pantulan cahaya dari komputer anda juga berpotensi untuk meningkatkan ketegangan mata. Pertimbangkan untuk memasang layar anti-silau pada layar monitor anda dan jika memungkinkan, anda bisa mengecat dinding ruangan dengan cat putih yang cerah atau warna yang lebih gelap dengan lapisan matte.

Baca Juga : Cara Diet Yang Terbukti Berhasil

Anda juga menutup jendela saat cahaya luar ruangan lebih cerah. Disini juga anda dapat mempertimbangkan menggunakan kap komputer. Jika anda menggunakan kaca mata, belilah lensa dengan lapisan anti-reflektif (AR).

Mengapa? Karena lapisan AR dapat mengurangi silau dengan meminimalkan jumlah cahaya yang memantulkan permukaan depan dan belakang lensa kacamata anda.

8. Berkedip lebih sering

Berkedip adalah salah satu langkah penting untuk menjaga kesehatan mata saat menggunakan komputer. Berkedip dapat melembabkan mata anda dan mencegah kekeringan di bagian mata, termasuk didalamnya iritasi.

Dalam keadaan normal, manusia biasanya berkedip selama 19 kali dalam semenit. Saat menatap layar komputer, kedipan cenderung berkurang drastis.

Atau misalnya, ketika bekerja di depan komputer, orang-orang bisanya berkedip lebih jarang. Sekitar sepertiga lebih sering dari biasanya. Dan banyak kedipan yang dilakukan selama kerja komputer hanyalah penutupan saja sebagian.

Baca Juga : 7 Aplikasi Kesehatan Paling Terpercaya di Indonesia

Air mata yang melapisi mata menguap lebih cepat selama fase [anjang jika tidak berkedip dan ini dapat menyebabkan mata menjadi kering.

Selain itu juga, udara di banyak lingkungan kantor yang kering, dapat meningkatkan percepatan air mata menguap dan membuat risiko mata kering lebih besar terjadi.

Jika anda mengalami gejala mata kering, baiknya konsultasikan ke dokter tentang air mata buatan yang dapat digunakan di siang hari.

Penutup

Radiasi elektromagnetik yang terpancar dari layar komputer bisa membuat mata mengalami berbagai gangguan seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Jika anda sering berurusan dengan komputer atau laptop di rumah, ditempat kerja, atau ditempat lain, usahakan untuk menjaga mata agar tetap aman.

Nah demikian artikel tentang 8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Mengetik Di Komputer atau Laptop. Semoga artikel ini bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *