5 Cara Menjaga Komputer Atau Laptop Agar Awet

10 Likes Comment
cara menjaga komputer atau laptop

5 Cara Menjaga Komputer Atau Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama – Komputer atau laptop telah menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia saat ini.

Yang berarti, komputer atau laptop telah menjadi bagian penting yang menunjang segala aktivitas baik untuk urusan pribadi, kantor dan lain sebagainya.

Komputer atau laptop juga sering digunakan sebagai media hiburan entah untuk menonton film, mendengarkan musik atau bermain game.

Lebih jauh lagi, komputer atau laptop digunakan sebagai sumber penghasilan utama bagi seseorang yang bekerja dibidang digital marketing, bisnis online dan lain sebagainya.

Namun terkadang, banyak yang tidak memperhatikan kesehatan laptop atau komputer saat mereka menggunakannya.

Hal ini dikarenakan anggapan bahwa laptop adalah robot yang kemungkinan kecil bisa rusak, padahal yang terjadi justru sebaliknya.

Oleh karena itu, merawat laptop adalah salah satu langkah penting agar pekerjaan yang dilakukan tidak tertunda karena laptop yang hang, rusak atau mengalami masalah teknis lain.

5 Cara Menjaga Komputer Atau Laptop Agar Awet

Lalu bagaimana cara menjaga komputer dan laptop agar tetap awet dan tidak gampang rusak? Berikut 5 cara menjaga komputer dan laptop agar awet.

1. Bersihkan CPU Komputer

Central Processing Unit (CPU) adalah otak dari komputer. Ia merupakan pusat dari sistem operasi itu sendiri. Dan agar komputer anda terus awet maka anda harus secara teratur membersihkan CPU. Idealnya, anda harus membersihkan CPU setiap enam bulan sekali.

Apabila CPU anda tidak dibersihkan dengan baik dan teratur, akan banyak debu dan kotoran yang menumpang didalam CPU anda dan ini beresiko pada pada rusaknya sistem didalamnya, terutama yang disebabkan oleh temperatur komputer.

Baca Juga : Cara Screenshot di PC, Laptop atau Tablet

Jika anda ingin membersihkan CPU, silahkan buka casingnya lalu bersihkan debu yang ada didalam motherboard peripheralnya. Anda dapat menggunakan kuas atau sikat yang halus untuk membersihkan motherboard tersebut.

2. Jangan memakai komputer saat hujan lebat

Saat hujan lebat, internet biasanya sangat terpengaruh pada cuaca. Bila anda menggunakan internet saat hujan, maka akan beresiko pada komputer anda. Dan ini bisa merambat pada jaringan komputer anda dan bersiko pada komputer tersebut.

Baca Juga : 7 Kebiasaan Buruk Yang Bikin Laptop Cepat Rusak

Belum lagi resiko terpapar sambaran petir, lampu yang tiba-tiba mati dan lain sebagainya. Semua berdampak pada kesehatan komputer anda. Jadi, untuk menjaga komputer anda usahakan agar tidak menggunakannya saat hujan lebat.

3. Aktifkan sistem Restore Komputer

Sistem Restore komputer memiliki pengaruh pada kesehatan komputer anda. Jika anda ingin mengaktifkan sistem restore ini, silahkan anda klik kanan pada icon My Desktop Computer > Klik Properties tab Sistem Restore > lalu cari tulisan Turn Off Sistem Restore on All Drives. Lalu silahkan centang dibagian kiri tulisan tersebut.

4. Matikan komputer saat anda tidak gunakan

Saat anda tidak menggunakan komputer, usahakan anda mematikannya. Dan usahakan jangan pernah mematikan komputer dengan cara yang tidak lumrah seperti mencabut kontak listrik saat komputer sedang hidup atau memaksanya berhenti.

Dalam kasus yang lain mungkin anda hanya menekan tombol Power untuk mematikan layar sementara dibalik layar operasi komputer tetap berjalan seperti biasa. Jika anda sudah tidak gunakan, pilihlah menu Shutdown untuk mematikannya.

Baca Juga : Cara Melindungi Komputer dari Trojan

Jika anda menggunakan PC, gunakanlah Stavolt untuk menghindari listrik yang mati secara tiba-tiba. Atau jika anda terlampau lama menggunakan komputer, setiap satu jam silahkan restart komputer anda.

Umumnya, jika anda terlalu lama tidak merestart komputer, sistem didalam komputer akan melemah dengan sendirinya. Jika anda melakukan ini secara terus menerus maka komputer resikonya ada pada komputer anda tersebut.

5. Uninstall Program yang tidak perlu

Jika ada program-program yang tidak perlu, silahkan uninstal program tersebut. Sebab, ruangan hardisk yang memiliki banyak file, yang umumnya ada pada program-program tertentu, akan berdampak pada sistem read-write hardisk sehingga beban kerjanya akan bertambah.

Jika sudah demikian maka sudah tentu kesehatan komputer anda akan melemah dan lama kelamaan bakal rusak.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini

Jika sudah terlalu banyak program, komputer biasanya akan memberikan warning pada space disk dengan warna merah.

Selain itu, dengan menguninstall program yang tidak terpakai akan membuat waktu loading komputer anda menjadi lebih cepat dan tentu saja kesehatan komputer anda akan semakin meningkat.

Penutup

Nah demikian artikel tentang Cara Menjaga Komputer Atau Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama. Cara-cara diatas cukup sederhana untuk dilakukan dan anda dapat melakukannya saat waktu anda luang. Menjaga kesehatan komputer seperti juga menjaga kesehatan anda sendiri.

Jika komputer anda sehat, sudah pasti pekerjaan anda berjalan lancar dan anda tidak perlu repot mengeluarkan uang untuk memperbaiki kerusakan komputer anda.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *