[Panduan Lengkap] Cara Menjadi YouTuber Pemula Yang Sukses

4 Likes Comment
cara menjadi youtuber

Satu-satunya cara menjadi Youtuber pemula adalah dengan membuat Channel di Youtube dan mulai mengupload video buatan sendiri di platform tersebut.

Meski demikian, masih ada juga orang yang terus bertanya-tanya tentang caranya, panduannya dan apa saja tipsnys.

Ada beberapa pertanyaan yang sering saya lihat di forum-forum khusus publisher AdSense maupun content creator di medsos, seperti:

  • Kak, bagaimana sih cara menjadi Youtuber yang sukses?
  • Mas, bagaimana cara menjadi Youtuber pemula modal HP?
  • Bagaimana cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang?
  • Bagaimana cara menjadi YouTuber AMR?
  • Dll

Untuk itu, saya pengen menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas dengan membuat satu artikel khusus yang secara lengkap membahas tentang cara menjadi Youtuber pemula beserta tips-tipsnya.

Sebagai salah satu platform video on-demand yang paling populer di dunia, Youtube memungkinkan pengguna untuk memperoleh penghasilan secara pasif di platform mereka.

Beberapa orang bahkan menjadikan penghasilan dari Youtube sebagai sumber penghasilan utamanya.

Lantas, mengapa Youtube sangat populer? Mungkin saja karena Youtube menawarkan hampir segala jenis video.

Mulai dari video MP4 sampai HD, streaming video, subtitle, konten premium dan masih banyak lagi.

Plus, konten-konten yang disajikan di platform tersebut dapat dengan bebas di tonton oleh siapa saja dan kapan saja.

Pada prinsipnya, menjadi content creator di Youtuber berarti membuat video, mengeditnya lalu menguploadnya ke Youtube.

Semakin banyak video yang di upload semakin besar peluangnya untuk di tonton oleh banyak orang.

Dengan asumsi, video tersebut enggak melanggar hak cipta dan enggak bertolak belakang dengan ketentuan platform.

Juga, enggak ada pembatasan usia penonton video. Dengan demikian, platform ini termasuk platform yang menjanjikan dari segala sisi.

Bahkan, ada yang mengadang-gadang kalau Youtube kedepannya bisa mengalahkan popularitas TV.

Entahlah, soal ini saya enggak tahu pasti. Namun yang jelas, setiap hari ada saja pengguna baru di Youtube. Bahkan pertumbuhan platform ini hampir menyamai kakaknya, mbah Google.

3 Hal yang harus dipersiapkan sebelum menjadi Youtuber

Sebelum lanjut pada pembahasan inti, baiknya saya bahas dulu hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum menjadi Youtuber, antara lain:

a. Tentukan minat

Minat ini mengacu pada keinginan dan kemauan yang muncul dari dalam diri. Dengan kata lain, anda harus tahu apa motivasi anda menjadi Youtuber.

Motivasi tersebut akan menentukan minat anda. Apakah ingin menyalurkan hobi, untuk mendapatkan uang, untuk menghibur orang lain dan seterusnya.

Dengan demikian, anda enggak boleh asal-asalan tentukan minat. Harus serius dan fokus, karena disinilah fondasi keseuksesan anda sebagai Youtuber akan terbentuk.

b. Kemampuan membuat, mengedit dan memaksimalkan video yang dibuat

Setelah menentukan minat, langkah berikutnya adalah mengukur kemampuan membuat video. Untuk poin ini saya membaginya menjadi beberapa bagian, seperti:

b.1. Kemampuan membuat video

Poin ini sebenarnya lebih mengarah pada takaran kemampuan anda. Oleh karena itu, asah dulu kemampuan tersebut perlahan-lahan.

Jika ingin menjadi Youtuber namun modalnya pas-pasan, anda bisa gunakan HP. Sebaliknya juga begitu, jika ingin total menjadi creator Youtube, anda bisa gunakan laptop.

Setelah siap, barulah anda mencoba berbagai teknik pembuatan video. Dengan melihat aspek-aspek teknis seperti narasi, peralatan yang digunakan, tokoh dan lain sebagainya.

Artinya, anda tentukan konsep video dulu sebelum dibuat. Setelah konsepnya selesai, barulah buat video. Untuk cara ini, sebaiknya dipraktekan langsung.

1.2. Editing

Setelah tahu membuat video, langkah berikutnya adalah mengukur kemampuan editing yang anda miliki.

Pada poin ini, anda harus menentukan jenis perangkat pengeditan yang digunakan baik untuk ponsel atau desktop.

Jika anda ingin menjadi Youtuber pemula modal HP, ada beberapa aplikasi edit video di Android yang saya rekomendasikan, antara lain:

  • FilamoraGo
  • VideoShow Android
  • Adobe Premiere Clip
  • Aplikasi KineMaster
  • VivaVideo
  • Power Director
  • Dll

Sementara untuk anda yang ingin mengedit video menggunakan komputer atau dekstop, ada beberapa aplikasi edit video di laptop atau desktop terbaik menurut saya, seperti:

  • Adobe Premiere Pro
  • Corel Video Studio
  • Windows Movie Maker
  • Aplikasi Avidemux
  • Camtasia editing video
  • Dll

Mengapa sih video-video harus di edit? Sepanjang yang saya tahu, ada beberapa manfaat editing video.

Misalnya, agar videonya menarik, memotong supaya momen-momen terbaik pada video bisa diperoleh, agar bisa ditambahkan efek-efek khusus yang menambah kualitas video dan lain sebagainya.

b.3. Peralatan

Soal peralatan silahkan sesuaikan dengan budget anda. Kalau dana pas-pasan, gunakan saja HP atau laptop.

Sementara, kalau ada modal, anda bisa beli beberapa perlengkapan YouTuber yang wajib, setidaknya menurut saya.

Baca Juga : Cara Buat Thumbnail Youtube Yang Unik dan Menarik

Mulai dari kamera, Memory card, Tripod atau monopod, lighting, microfon, aplikasi editing video premium dan lain sebagainya.

Ingat, sesuaikan dengan kebutuhan dan jangan terlalu memaksakan. Seperti contoh, jika anda ingin jadi Youtuber gaming, anda bisa beli mikrofon, kamera dan lighting.

Jika anda hanya ingin buat tutorial Android, enggak perlu siapkan perlengkapan semacam itu. Cukup siapkan ponsel, tekad dan mulailah membuat video.

c. Pilih niche

Niche itu sangat penting. Apabila anda tidak menentukan niche channel anda alias membuat video gado-gado, agak sulit untuk bisa menjangkau audiens.

Lagian siapa sih yang mau nonton channel yang hari ini bahas kuliner atau mugbang lalu esoknya bahas tentang tutorial nuyul aplikasi dengan mengubah packagenya, enggak kan?

Oleh karena itu, tentukan niche channel terlebih dahulu sebelum membuat video. Ada beberapa niche YouTube yang cukup tren saat ini, seperti :

  • Prank
  • Pansos
  • Video viral
  • Tekno
  • Tips dan trik
  • ASMR Mugbang [siaran makan yang di upload di YouTube dan orangnya gak ngomong apa-apa]
  • YouTuber Gamer
  • Dan lain sebagainya
d. Konsisten

Setelah milih niche, yang paling terakhir adalah konsisten. Bagi saya pribadi, poin ini adalah poin yang paling penting dari seluruh poin yang sudah saya bahas diatas.

Dengan kata lain, fokus pada tujuan awal anda, yakni menjadi YouTuber. Jika tidak fokus alias asal-asalan, jangan harap anda bisa menjadi Youtuber pemula yang sukses.

Cara Menjadi YouTuber Pemula Yang Sukses

Lantas, bagaimana sih cara menjadi Youtuber pemula yang sukses? Kata sukses ini merujuk pada popularitas video serta penghasilan yang didapat.

Lalu bagaimana caranya? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan artikelnya untuk anda.

1. Membuat Channel Youtube

Agar bisa menjadi Youtuber, langkah paling pertama yang harus anda lakukan adalah membuat Channel Youtube. Untuk membuat channel Youtube, ada beberapa hal yang harus disiapkan, antara lain:

a. Akses internet

Sebagai platform digital, anda wajib mengakses Youtube lewat internet. Begitu juga saat anda membuat Channel di platform tersebut.

Sebelum membuat channel Youtube, pastikan dulu apakah anda punya akses internet atau tidak. Jika punya, silahkan lanjut ke tahap berikutnya.

b. Punya akun Gmail

Jika anda menggunakan ponsel Android, saya yakin anda pasti punya akun Gmail, kan? Jika belum punya, silahkan buat saja.

Untuk membuatnya, anda bisa ikuti panduan dari Google tentang cara buat akun Gmail dengan cara klik tautan ini.

c. Langkah-langkah buat Channel YouTube

Setelah akses internet dan akun Gmail sudah ada, langkah berikutnya adalah membuat Channel Youtube. Untuk membuatnya, silahkan ikuti panduan dibawah ini.

Panduan ini terdiri dari dua macam yakni cara membuat channel YouTube di Desktop atau laptop dan cara membuat channel Youtube di ponsel atau HP.

Cara buat channel Youtube di desktop atau laptop
  1. Silahkan buka Youtube
  2. Setelah itu, silahkan klik akun yang terletak dibagian kiri atas. Jika anda belum masuk silahkan masuk dengan akun Gmail anda
  3. Jika sudah, silahkan klik Channel Andacara dapatkan uang dari youtube
  4. Jika anda belum punya Channel, anda akan diarahkan langsung untuk membuat Channel Youtube. Silahkan beri nama channel> lalu klik Buat Channel cara dapatkan uang dari youtube
  5. Jangan lupa tambahkan Foto dan gambar background channel setelah anda selesai membuat Channel
  6. Selesai
Cara membuat channel Youtube di HP
  1. Silahkan buka aplikasi Youtube atau download saja di Google Play Store
  2. Setelah itu, silahkan masuk ke Youtube jika anda belum masuk menggunakan akun Gmail
  3. Lalu klik pada Profil yang terletak di pojok kiri atascara dapatkan uang dari youtube
  4. Jika menu konteks sudah terbuka silahkan klik pada tulisan Channel Anda
  5. Jika anda belum memiliki Channel maka anda akan diminta untuk membuat Channel baru. Silahkan masukan nama Channel [yang terdiri dari nama depan dan nama belakang]> Setelah itu klik Buat Channel. Disini anda akan diarahkan pada dashboard Channel, selanjutnya silahkan tambahkan dan Foto serta Background Channel
  6. Selesai

Setelah punya channel, selanjutnya apa? Selanjutnya adalah membuat dan mengupload video. Untuk pembahasan lebih lengkap, baca artikel ini sampai habis.

2. Mulai mengupload video

Setelah memiliki Channel, langkah selanjutnya adalah mengisi Channel tersebut dengan video-video buatan anda.

Ingat, video-video buatan anda. Jangan mengambil video orang lain atau melakukan reupload. Sebab, channel akan akan punya reputasi yang buruk, dianggap melanggar hak cipta serta sulit untuk di monetisasi.

Pada poin ini, ada beberapa tips agar video-video yang anda upload di Channel Youtube anda itu bisa populer. Antara lain:

a. Melihat tren

Lihat kejadian apa yang sedang viral atau tren hari ini. Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan soal ini. Tapi tetap sesuaikan dengan niche yang anda angkat.

b. Mulai upload video

3 video pertama akan menentukan kualitas konten di channel YouTube anda. Oleh karena itu, upayakan untuk mengupload video yang original, menarik dan unik.

Perhatikan juga judul video anda, termasuk tagnya. Anda bisa menggunakan kata-kata slang, emoticon, atau karakter lain asal tidak berlebihan.

Meskipun video anda menarik tapi kalau judul video gak menarik, orang-orang gak bakalan menonton video buatan anda.

Tapi ingat, jangan sesekali clickbait atau memilih judul yang bombastis tapi isinya gak sesuai dengan judul. Ini bisa berbahaya buat channel anda di masa mendatang.

3. Lakukan promosi

Setelah mengupload video, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Ada banyak cara untuk melakukan promosi, baik yang berbayar atau tidak.

Tapi, kalau anda adalah konten creator pas-pasan, yang ingin menghasilkan uang dari Youtube, anda bisa melakukan promosi tanpa harus mengeluarkan duit. Ada beberapa cara:

a. Promosi di Media Sosial

Sebelum melakukan promosi di media sosial, anda harus bergabung dengan forum-forum Youtuber, AdSense dan forum lain. Tujuannya untuk belajar dari mereka.

Di forum tersebut biasanya cukup ketat untuk hal-hal seperti ini, oleh karena itu, jangan promosi secara terang-terangan melainkan lewat beberapa metode.

Misalnya, promosi di kolom komentar, meminta tanggapan orang lain atas video anda dan lain sebagainya. Tujuannya bukan murni untuk promosi tetapi untuk menambah khazanah pengetahuan anda.

b. Memperkenalkan ke platform lain

Di platform lain maksudnya? Bisa di Blog atau grub QhatsApp. Kalau anda punya blog, anda bisa mempromosikannya juga disana. Lumayanlah untuk nambah-nambah viewers.

Atau anda bisa membagikannya di forum seperti Kaskus atau forum detik. Tapi, seperti promosi di media sosial, jangan terang-terangan dan keseringan promosi.

Asalkan anda konsisten melakukan promosi, efeknya bakalan terasa 2-3 bulan kedepan. Promosi berarti meningkatkan branding channel anda agar lebih dikenal orang.

Karena itu, saya lupa menyebutkan bagian ini diatas, pilihlah nama channel yang mudah di ingat orang lain agar mereka dapat dengan mudah menemukan channel anda di Youtube.

4. Mencapai target monetisasi

Untuk mencapai target monetisasi, selain melakukan promosi, terus upload konten baru. Saran saya, ada baiknya anda membahas topik yang relevan dan bisa bisa di tonton dua sampai tiga tahun kedepan.

Sembari mengupload video, anda wajib buat target monetisasi. Misalnya, target monetisai video anda adalah 2 bulan, maka dalam dua bulan usahakan video anda sudah harus diatas dari 10 video.

Per 2018, syarat pembuatan video di Youtube semakin ketat. Berikut syarat-syarat monetisasinya:

a. 1000 subscriber

Subscriber atau pelanggan adalah orang-orang yang berlangganan video anda di Youtube. Untuk bisa mendapatkan 1k subscriber pertama maka buatlah konten yang menarik dan relevan.

Baca Juga : 18 Fakta Menarik Tentang Youtube

Jika target ini sudah tercapai, berarti channel anda selangkah lagi bisa di monetisasi. Asalkan, syarat yang kedua ini juga dipenuhi.

b. 4000 Jam Tayang

Selain harus punya 1k subscriber, video anda sudah harus di tonton selama 4000 jam. Jika video anda masih sedikit, agak sulit mencapai jam tayang ini.

Namun apabila video anda sudah banyak, jam tayang ini cukup mudah didapatkan. Itulah sebabnya anda harus rajin upload video.

5. Memonetisasinya

Jika anda sudah mencapai dua target monetisasi diatas, langkah selanjutnya adalah memonetisasinya. Ada beberapa cara memonteisainya channel Youtube, yang cukup lazim adalah dengan menggunakan Google AdSense.

a. Menjadi mitra Google AdSense

Cara dapatkan uang dari Youtube yang paling populer adalah dengan mendaftar di AdSense. Sebagai milik Google, Youtube dan AdSense terintegrasi satu dengan yang lain.

Oleh karena itu, jika syarat diatas sudah terpenuhi, anda bisa memonetisasinya menggunakan Google AdSense.

Cara memonetisai adalah dengan mengaktifkan fitur monetisasi yang ada di Dashboard channel anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Aktifkan fitur monetisasi
  2. Buat akun AdSense
  3. Isi data diri anda
  4. Hubungkan channel Youtube dengan akun adsense yang baru saja anda buat
  5. Tunggu peninjauan

Jika langkah-langkah diatas sudah terpenuhi, langkah berikutnya adalah bersabar dan terus upload konten seperti biasa.

Ingat, yang bakalan review kelayakan monetisasi channel anda adalah Manusia. Jika video anda tidak sesuai dengan standar kelayakan Google [yang masih terus dipertanyakan sampai sekarang], permintaan anda mungkin ditolak.

Jika sudah demikian, berarti anda harus evaluasi kembali Channel anda. Mungkin karena konten buatan anda enggak berkualitas atau mungkin channel anda melanggar kebijakan mereka.

b. Menjadi Influencer

Selain Google adsense, anda juga bisa memonetisasi Channel Youtube anda dengan menjadi influencer video.

Ada banyak platform influencer yang bisa anda gunakan seperti Sosiago, SocialBuzz dan lain sebagainya.

Baca Juga : 16 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Atau anda bisa membuka jalur Influencer atau engagement mandiri. Dari sini anda juga bisa memperoleh penghasilan tambahan yang lumayan gede.

6. Jangan melanggar hak cipta orang lain

Agar penghasilan anda terus meningkat di AdSense atau banyak orang yang mengendorse jasa anda, sebaiknya patuhi standar kebijakan YouTube, AdSense dan Google [terintegrasi satu dengan yang lain].

Untuk poin ini, ada beberapa hal yang sering dilanggar oleh Youtuber pemula, seperti:

a. Repuload konten

Semua tentu tidak suka plagiat. Dalam istilah Youtube, Re-Upload atau mengupload kembali karya orang lain dan ini enggak dibolehkan di Youtube.

Tapi ada beberapa Channel Youtube seperti Calon Sarjana dan YTCrash yang tetap bisa memonetisasi videonya padahal video mereka adalah Reupload.

Itu benar, namun, dua channel tersebut patuh pada salah satu peraturan Youtube yang disebut Penggunaan Wajar.

Penggunaan wajar merupakan penggunaan video orang lain secara wajar dan ini juga diamini oleh Youtube sendiri.

Jika anda mengikuti jalur mereka, ya silahkan. Namun perhatikan durasinya dan usahakan enggak boleh lewat dari 20 menit. Jika lewat, siap-siap Chanel anda dismonetisasi.

b. Buat konten yang orisinal

Nah untuk tetap menjaga kredibilitas channel anda ada baiknya selalu buat konten-konten yang orisinal.

Bagaimana sih konten yang orisinal itu? Konten orisinal adalah konten hasil karya anda sendiri, yang anda buat dan edit sendiri.

Coba lihat channel-channel seperti Atta Hallilintar atau Turah Partyana, channel mereka orisinal dan enggak pernah ada yang complain soal hak cipta sama mereka.

Dengan kata lain, mereka buat video sendiri, edit sendiri dan mempostingnya sendiri. Kecuali Atta yang sudah punya Tim creator.

7. Hati-hati banned

Meskipun anda sudah berhasil memonetisasi Channel Youtube anda dan sudah bisa Payout [PO] berkali-kali dari Youtube, pastikan untuk tetap berhati-hati.

Google tidak memberitahukan secara pasti alasan Channel anda di Banned. Kalau sudah di Banned, kemungkinan diterima kembali sangat kecil.

Karena itu, selalu patuh pada kebijakan dan peraturan Youtube. Selalu baca peraturan dan ketentuan dari Mereka, karena biasanya ada perubahan yang mereka lakukan secara berkala.

Penutup

Memperoleh penghasilan dari Youtube sebenarnya gampang-gampang susah. Kalau anda serius dan tekun, dalam jangka waktu sebulan saja anda sudah bisa memperoleh penghasilan dari Youtube.

Bukan hanya di Youtube, blog pun demikian. Yang terpenting, anda percaya pada kemampuan diri dan video-video yang dibuat.

Nah demikian artikel tentang cara menjadi Youtuber pemula yang sukses. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *