Begini 7 Cara Meningkatkan Trafik Blog Secara Alami

4 Likes Comment
cara mudah meningkatkan traffic blog

Salam jumpa lagi. Kali ini kita akan membahas tentang 7 cara meningkatkan trafik blog anda sendiri. Sebenarnya, sudah lama saya ingin membahas tentang hal ini namun karena waktu yang padat sehingga baru sekarang terealisasikan.

Strategi yang saya bagikan ini sebenarnya membutuhkan kesabaran dan kerja keras. Ini merupakan implementasi yang dilakukan secara terus menerus dan tanpa batas.

Yang berarti, hal ini tidak mudah untuk dilakukan. Dan perlu anda ketahui, cara ini bukanlah strategi teknis seperti yang dijelaskan oleh banyak blogger lain.

Dan cenderung harus menekankan tulis ini itu, gak boleh ini itu dan seterusnya. Dengan kata lain, ini hanyalah salah satu strategi umum untuk meningkatkan trafik blog.

7 Cara Meningkatkan Trafik Blog Secara Alami

Nah berikut disajikan artikel tentang cara meningkatkan trafik blog secara perlahan namun pasti. Berikut artikelnya:

1. Tuliar artikel yang panjang

Ya, hal pertama yang harus dilakukan agar blog memperoleh pengunjung adalah wajib punya postingan. Tanpa ada postingan atau konten, jangan harap akan ada pengunjung yang mengunjungi blog anda.

Postingan tersebut bisa berupa artikel, opini, tips dan trik dan lain sebagainya. Namun, ingat, postingan blog yang panjang adalah poin kunci untuk meningkatkan pengunjung dari waktu ke waktu.

Hari ini, Google selain menjadi mesin pencari juga bertindak sebagai mesin pemberi peringkat sebuah situs web termasuk juga peringkat untuk artikel berkualitas. Itu berarti, postingan anda harus lebih panjang dan relevan.

Apa maksudnya relevan?

Artinya artikel yang anda tulis masih dapat dibaca beberapa tahun ke depan. Jadi usahakan buatlah postingan yang panjang dan relevan untuk memperoleh peringkat yang lebih baik.

Ini penting, karena postingan yang panjang dan relevan cenderung membahas secara luas ketimbang postingan yang lebih pendek.

Baca Juga : 5 Mitos Yang Sering Didengar Blogger Pemula

Pengenalan Grafik pengetahuan Google juga menunjukan konten panjang sangat penting untuk memperoleh peringkat ke mesin telusur.

Dilain pihak ada beberapa keuntungan saat membuat artikel yang panjang seperti dibawah ini :

  1. Sangat mudah untuk menargetkan kata kunci, beberapa kata kunci diseluruh pos dan dengan demikian anda akan memperoleh peringkat untuk beberapa kata kunci meskipun anda tidak menargetkannya.
  2. Dengan postingan panjang, anda juga bisa menyertakan tautan internal yang lebih banyak dalam postingan blog anda sendiri. Boleh menggunakan widget atau membuatnya secara manual.
  3. Selain itu, Google juga akan mengindeks artikel anda lebih dalam, dan dengan demikian anda akan memperoleh pembaca yang setia yang mampu menurunkan bouncing rate.
  4. Peringkat anda di mesin telusur lebih tinggi dan menggandakan peluang untuk meraih peringkat pertama dalam SERPs.

Tidak ada bantahan tentang hal ini, sejauh yang saya tahu. Banyak ahli dan pakar juga setuju soal ini. Konten yang panjang dan relevan bisa meningkatkan visibilitas pencarian blog kami di SERPs.

Baca Juga : Cara Mengetahui Postingan Yang Belum Terindeks Google

Hasilnya mungkin tidak bisa diamati jika blog anda tergolong blog baru, mungkin anda butuh beberapa waktu. Tetapi, setelah memposting artikel dan menargetkan pada kata kunci tertentu, peringkat anda kemungkinan besar tidak akan turun.

Saya mengatakan bahwa konten panjang adalah konten yang bermanfaat dalam waktu yang lama. Tiga poin ini: Panjang, relevan dan bermanfaat adalah kata kunci dari pembahasan kita sekarang.

Panjang konten adalah rumus pasti untuk memperoleh eksposur dan peringkat yang tinggi pada mesin telusur, entah itu Google, Bing, Yamdex hingga Yahoo.

2. Posting artikel yang berkualitas tinggi

Kalau tadi, penekanan pada konten panjang dan berkualitas kini kita beralih pada postingan blog yang berkualitas tinggi. Sebenarnya, pada strategi pertama dan kedua juga sama-sama penting serta saling terkait satu dengan yang lain.

Saya rasa, saya tidak perlu menekankan pentingnya kualitas konten. Yang saya tahu, semua pembaca blog sudah lelah dengan postingan yang menekankan kualitas.

Namun, perlu anda ketahui, tidak ada postingan blog lengkap tanpa menekankan pada kualitas. Dua hal ini adalah mata rantai yang saling terkait satu dengan yang lain.

Baca Juga : 5 Jenis Traffic Blog Yang Harus Dimaksimalkan Oleh Blogger

Situs dengan konten berkualitas akan memperoleh lebih banyak kredit dari pada situs yang lain, lebih baik untuk membuat konten situs yang menarik untuk lalu lintas organik.

Pada intinya, algoritma Google akan mencari tahu apakah sebuah situs bermanfaat bagi pengguna manusia, atau tidak? Algoritma Google juga akan menentukan berapa banyak waktu yang dihabiskan oleh pengguna saat mengunjungi sebuah blog atau situs berdasarkan permintaan pencarian yang berbeda.

Jika situs sering dikunjungi dan pengguna biasanya akan kembali lagi, peringkatnya akan lebih baik karena penurunan rasio pengentalan. Oleh karena itu, buatlah konten yang berkualitas tinggi setiap kali anda hendak membuat artikel baru di blog.

3. Masukan Latent Semantic Index [LSI] dan bukan hanya kata kunci

Pernah gak anda menjadi korban isian kata kunci yang salah dari beberapa artikel dalam blog? Ini karena penempatan kata kunci yang terkesan agresif agresif.

Namun saat ini, jangan khawatir, karena yang terjadi sudah lebih baik lagi. Karena saat ini banyak yang menggunakan kata kunci LSI. Apa itu kata kunci LSI? Itu adalah kata kunci yang terkait dengan kata kunci utama.

Baca Juga : Idealnya, Satu Orang Punya Berapa Blog?

Sebagai contoh, anda menulis postingan tentang Cara membuat blog. Untuk topik ini, kata kunci LSI mungkin adalah Membuat blog, dan platformnya [misalnya Blogger atau WordPress] hanyalah istilah yang terkait dengan konten.

Alih-alih, memasukkan kata kunci utama diseluruh pos dan menjadi korban dari isian kata kunci yang berlebihan akan membuat kunjungan turun drastis. Sertakan kata kunci LSI diseluruh postingan blog. Dengan cara ini juga postingan blog anda akan terlihat lebih alami.

4. Diversifikasi teks jangkar

Udah pernah dengar tentang ini belum? Kalau belum, mari kita bahas. Teks jangkar adalah teks yang muncul dalam tautan.

Misalnya, dalam tombol berlangganan, ada tombol “Berlangganan sekarang” sebenarnya adalah teks tautan yang akan mengarahkan pengunjung ke halaman langganan.

Seperti ini juga terjadi saat mendapatkan tautan balik jangan sertakan jumlah besar teks jangkar yang tidak sepenuhnya tepat dan tidak terlihat alami.

Beberapa contoh teks jangkar yang terdiversifikasi adalah : Judul pos (pencocokan tepat), “Pos ini”, “klik disini” dan lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Cara Meningkatkan Traffic Secara Organik

Menyimpan teks tautan yang sama untuk satu pos memberikan kesan kepada Google bahwa anda terlihat dalam skema backlink massal atau praktik topi hitam.

Untuk itu, menulis postingan blok yang dengan SEO berkualitas tinggi, tautan, peringkat dan fokus pada konten berkualitas tinggi akan untuk masalah ini bisa berbahaya kadang dianggap alami kadang juga tidak. Sebaiknya minimalkan hal tersebut!

5. Targetkan kata kunci yang tepat

Banyak dari blogger pemula yang malas riset keyword. Bahkan, menggunakan tools gratis seperti Google Trends atau AdWords pun ogah.

Padahal, ini adalah langkah penting agar situs atau blog tersebut mendapatkan pengunjung secara alamiah atau organik.

So, jadi mulai sekarang, sudah saatnya anda melakukan riset keyword lalu menargetkan kata kunci yang dimaksud. Anda bisa menggunakan tools riset keyword yang gratis ataupun yang berbayar.

Baca Juga : Cara Menghitung Skor SEO Blog Dengan Mudah

Jika memungkinkan, anda bisa menggunakan UberSuggest yang tidak akan pernah berhenti untuk memberi saran kata kunci yang cocok bagi situs anda.

Anda bisa menggunakan alat ini, membuat kata kunci ekor panjang yang pasti dan menempatkannya di perencanaan kata kunci untuk volume pencarian yang kompetitif.

Hebatnya alat ini dapat digunakan dengan gratis. Saya juga menggunakan alat ini untuk mencari kata kunci ekor panjang yang relevan.

Jika ingin lebih baik, anda bisa gunakan tools premium seperti WordTracker. Ini merupakan salah satu alat terbaik yang bisa saya rekomendasikan untuk anda.

6. Posting secara teratur

Pembaca setia blog anda mengharapkan konten berkualitas tinggi dari anda sesering mungkin. Jadi, untuk menjaga agar mereka tetap berkunjung dan juga meningkatkan frekuensi postingan dan respon di mesin telusur, sangat penting untuk mengupload konten sesering mungkin.

Jika punya blog, terus perbaharui postingan anda secara teratur, tulis konten berkualitas tinggi dan jangan lupa untuk memperoleh tanggapan dari pelanggan dan juga umpan balik dari mereka.

Baca Juga : Cara Melihat Jumlah Pengunjung Blog Orang Lain

Jika memungkinkan, pertahankan frekuensi postingan minimal 1-2 minggu sekali. Frekuensi sebenarnya kurang lebih penting daripada kualitas. Jika tidak sempat, anda bisa membuat artikel sekali seminggu dengan kualitas tinggi diatas 2500 karakter.

Atau jika tidak, anda bisa membagi artikel tersebut dua atau tiga bagian yang jelas artikel tersebut harus diatas dari 500 karakter.

7. Maksimalkan penggunaan huruf tebal dan huruf miring

Cara meningkatkan trafik blog yang paling terakhir adalah soal huruf. Tipografi sangat penting dalam sebuah postingan blog. Pembaca cenderung menyukai konten hebat dengan tipografi yang menarik.

Mayoritas pembaca di blog adalah pembaca kecepatan, untuk menghentikan mereka melakukannya, yang sebenarnya itu sulit, gunakan pemutus kecepatan membaca dengan menggunakan huruf tebal dan teks miring.

Sertakan kalimat seperti percakapan dan poin-poin penting yang cenderung berani. Ini juga membantu kepada pengunjung untuk menarik pembaca dan meningkatkan tipografi blog anda sendiri.

Penutup

Jadi, diatas adalah strategi yang saya gunakan di blog saya yang sekarang dan blog saya yang lain. Sejauh pengalaman saya, ada banyak respon menarik dan baik sejak saya menerapkan hal-hal diatas.

Menerapkan strategi ini di blog anda juga pasti akan mengarahkan pada kesuksesan blog anda sendiri. Tetapi mungkin butuh beberapa waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jadi, jika anda seorang blogger pemula dan mengikuti semua strategi ini saya dapat memastikan bahwa blog anda akan tumbuh dengan baik kurang dari satu tahun atau 6 bulan.

Apapun itu yang dikerjakan, termasuk blog membutuhkan kesabaran dan kerja kerja keras. Lakukanlah itu dengan ikhlas untuk memperoleh hasil yang memadai. Demikian artikel tentang 7 cara meningkatkan trafik blog. Semoga artikel ini bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *