Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Dengan DNS Hingga Ratusan Kali Lebih Cepat

5 Likes Comment
cara meningkatkan kecepatan internet dengan DNS

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Dengan DNS Hingga Ratusan Kali Lebih Cepat – Perlu anda ketahui, metode yang akan saya jelaskan disini adalah memote bypass pendek. Adakalanya, jaringan anda baik-baik saja tetapi akses internet masih lelet? Apalagi sampai anda tidak dapat membuka situs web dengan apapun.

Salah satu penyebabnya mungkin saja ada masalah di DNS ISP anda. Mengkonfigurasi server DNS khusus ternyata dapat meningkatkan kecepatan internet.

Sebenarnya sih ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan internet di Windows. Disini saya hanya membahas salah satunya. Yakni tentang cara meningkatkan kecepatan internet dengan DNS hingga ratusan kali lebih cepat.

Baca Juga : Tips Anti Hacker Tahun Ini

Tetapi perlu anda ketahui, salah satu alasan umum yang terjadi adalah karena memang koneksi internet kita lambat, angin kencang atau hujan dan juga suasana lain yang mungkin menghambat koneksi internet anda.

Tetapi jika suasana itu tidak anda alami dan kecepatan internet di perangkat lain atau diteman anda sedang lancer jaya, maka satu-satunya yang dapat anda salahkan adalah Penyedia Layanan Internet/Internet Service Provider (ISP). Tetapi ini bukan penyebab tunggal ya.

Terkadang, masalahnya terkait dengan DNS Default (Domain Name System) yang digunakan ISP tadi. Jadi, izinkan saya menjelaskan sesuatu tentang hal itu kepada anda sebelum memberi tahu anda metode yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan internet hingga ratusan kali lebih cepat.

Apa itu DNS?

DNS merupakan akronim dari Domain Name System, adalah sebuah sistem penamaan yang digunakan untuk mengubah nama domain menjadi alat IP. Nama domain ini biasanya berupa alfanumerik yang dapat kita ingat dengan cepat. Pada dasarnya, internet bekerja berdasarkan alamat IP, Server DNS, nama domain, kemudian mengembalikan alamat IP yang sesuai ketika itu diminta oleh komputer klien atau anda.

DNS memiliki jaringan sendiri yakni satu server DNS dapat meminta server DNS lain untuk menerjemahkan nama domain tertentu ke alamat IP yang sesuai hingga mendapatkan hasil yang sempurna.

Baca Juga : 10 Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

Dan, komputer atau  perangkat lain menggunakan alamat IP ini untuk merutekan lalu lintas, dan ini sangat mirip dengan melakukan panggilan telepon. DNS juga bertindak sebagai operator yang sangat cerdas yang membantu anda memintas alamat IP yang tak terbatas. DNS juga mengelola tugas yang sangat besar secara bersamaan.

Bisakah layanan DNS meningkatkan kecepatan internet?

Sebagaimana yang saya sebutkan sebelumnya, kecepatan internet anda yang seperti kura-kura berjalan itu tidak selalu merupakan kesalahan dari ISP. Sebaliknya itu mungkin karena server DNS yang tidak bekerja efisien.

Baca Juga : 13 Cara Mudah Buka Situs Web Yang Terblokir

Jadi, mengapa tidak menggunakan layanan DNS alternatif untuk meningkatkan kecepatan internet anda? Ketika halaman web yang ingin anda telusuri semakin melambat, dengan menanamkan hal-hal yang tak terhitung jumlahnya, klien biasanya melakukan beberapa pencarian DNS sekaligus untuk merender satu halaman web tunggal. Dengan ukuran internet yang meningakt tiap jam, infrastruktur DNS yang ada semakin sibuk setiap harinya.

Sekarang, saya akan memberi tahu anda untuk menggunakan layanan DNS publik gratis yang akan memita komputer anda untuk menggunakan server DNS khusus dan Server DNS default dari IPS anda. Ini dapat membantu meningaktkan kecepatan internet anda lebih cepat dari yang anda duga. Lalu bagiamana caranya? Silahkan baca artikel ini sampai habis.

Cara meningkatkan kecepatan internet

Untuk membahas ini, saya ingin memberitahu anda tentang openDNS. Anda juga dapat menggunakan layanan Google DNS untuk mempercepat koneksi internet anda. OpenDNS adalah salah satu layanan DNS gratis yang paling populer yang dapat memberikan metode alternatif bagi para pengguna yang tidak puas dengan server DNS mereka sendiri.

Lalu bagaimana caranya mengkonfigurasi di perangkat saya? Perlu anda ketahui, pembahasan ini hanya berlaku untuk Laptop atau Komputer dengan program Windows.

Baca Juga : 5 Aplikasi Pesan Instan Paling Populer Di Dunia

Dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini, anda dapat mengatur OpenDNS sebagai server DNS pilihan anda di Windows. Ini memungkinkan anda untuk mengatur berbagai aplikasi untuk melakukan nslookup dengan openDNS daripada server DNS default IPS anda.

1. Untuk meningkatkatkan kecepatan internet lebih yang lebih cepat dengan OpenDNS, buka Control Panel

2. Buka Network and Sharing Center

3. Silahkan click the name of the network, baik itu Wifi, HotSpot atau Ethernet.

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Dengan DNS Hingga Ratusan Kali Lebih Cepat
via fossbytes.com

4. Pada jendela berikutnya akan muncul gambar dibawah ini, klik Properties

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Dengan DNS Hingga Ratusan Kali Lebih Cepat
via fossbytes.com

5. setelah itu, Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik Properties lagi.

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Dengan DNS Hingga Ratusan Kali Lebih Cepat
via fossbytes.com

6. sekarang pilih Use the following DNS server addresses Radio seperti gambar dibawah ini dan masukan alamat yang diberikan dibawah ini untuk menambah kecepatan internet anda:

Server DNS Pilihan: 208.67.222.222

Server DNS Alternatif: 208.67.220.220

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Dengan DNS Hingga Ratusan Kali Lebih Cepat
via fossbytes.com

Jika anda mau, anda bisa menukar kedua alamat ini lalu klik Ok dan simpan untuk melanjutkan. Sekarang anda sudah menggunakan server OpenDNS yang dapat membantu anda meningkatkan kecepatan internet anda lebih cepat lagi.

Cara mengkonfigurasi DNS Khusus IPv6:

Karena biasanya adopsi alamat IPv6 sedang meningkat, sudah saatnya anda harus mengkonfiguasi server DNS iPv6 juga. Sorot internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) lalu klik Properties.

Pilih alamat server DNS berikut ini

Server DNS yang dipilih: 2620: 0: cc :: 2

Server DNS alternatif: 2620: 0: ccd :: 2

Lalu bagaimana mengkonfigurasi Google Public DNS di Windows? Anda tinggal mengganti alamat-alamat tersebut dengana laat IP dari Server DNS Google anda dilangkah 6.

Untuk iPv4: 8.8.8.8 dan/atau 8.8.4.4

Untuk IPv6: 2001: 4860: 4860 :: 8888 dan/atau 2001: 4860: 4860 :: 8844

Penutup

Singkatnya, OpenDNS dan Google DNS dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengurai nama domain di web dan membuat internet anda lebih cepat dari biasanya. Perlu anda ketahui juga, ini tidak akan meningaktkan bandwith maksimum yang tersedia untuk koneski anda.

Baca Juga : 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

Selain itu juga, ini cukup diandalkan daripada yang standar yang digunakan oleh ISP anda. Baik Google DNS dan OpenDNS dapat berfungsi dengan baik. Tetapi yang lebih populer digunakan adalah Google DNS. Anda dapat melihat opsi tertentu diatas, dan melihat manakan yang dapat meningaktkan kecepatan internet anda.

Nah demikian artikel tentang cara meningkatkan kecepatan internet dengan DNS hingga ratusan kali lebih cepat. Jika anda punya masukan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat ~

You might like

About the Author: miminpaulipu

Seorang blogger pemula yang masih belajar meramu kata dan berusaha mengais makna kata yang ditulis~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *