Cara Meningatkan Trafik Organik Untuk Blog

4 Likes Comment
Cara Meningatkan Trafik Organik

Cara Meningatkan Trafik Organik Untuk Blog – Memperoleh trafik yang tinggi untuk blog adalah sebuah cita-cita yang diidam-idamkan oleh para bloger. Namun terkadang, cita-cita itu harus pupus setelah berulan-bulan ngeblog dan tak kunjung mendapatkan trafik.

Alhasil, solusinya adalah menyebarkan link ke media sosial. Gak masalah sih menyebarkan link ke media sosial, ini salah satu cara untuk memperoleh pengunjung blog. Tetapi sebagai blogger, ada baiknya kita meningatkan trafik organik untuk blog kita sendiri.

Sebab disinilah pertarungan para blogger berada. Dimana pertarungan itu adalah pertarungan tanpa henti dan dilakukan dengan berbagai teknik. Ada yang bisa bertahanan di posisi teratas selama berbulan-bulan, dan malah ada yang bertahan hanya dalam beberapa hari saja.

Baca Juga : Dampak Terlalu Banyak Berganti Template Blog

Berbagai upaya terus dilakukan, namun jika hasilnya masih nihil, ada baiknya anda melakukan evaluasi. Evaluasi besar-besaran untuk blog anda tersebut. Dan usahakan, evaluasi tersebut harus tetap bertahan pada jalur yang ada, sebab nantinya, jalur itulah yang akan menjadi penentu apakah anda layak duduk di posisi pertama SERP atau sebaliknya. Nah berikut saya sajikan artikel-artikel tentang cara meningatkan trafik organik untuk blog yang terbukti berhasil. Apa saja caranya? Ini dia daftarnya.

1. Perkuat SEO On-page dan Off-Page

Saya tidak ingin mengulasnya lebih dalam lagi soal ini, karena menurut saya, belajar SEO tidaklah mudah. Membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Namun, jika dipersingkat, memperkuat SEO On-Page blog berarti kita memperkuat bagian internal didalmnya, sepeti penargetan kata kunci, penempatan kata kunci di paragraph pertama dan juga penempatan link internal ke artikel yang lain. Sementara, untuk Off Page, usahakan kita memperbanyak Backlink. Itu saja!

2. Tingkatkan kecepatan Loading Blog

Salah satu faktor untuk memperoleh peringkat blog adalah dengan meningkatkan kecepatan loading blog. Jika anda masih awam dalam hal koding, ada baiknya anda beli saja template yang bisa meningatkan kecepatan loading blog anda.

3. Optimasi meta tag

Banyak yang mengatakan meta-tag sudah gak berguna lagi untuk blog. Bagi saya, meta tag masih sangat berguna untuk blog. Mengapa? Sebab meta tag adalah jalan bagi Google untuk memahami blog anda dan juga konten yang disajikan didalamnya.

Baca Juga : Cara saya menulis di blog!

Selain itu juga, di meta-tag sendiri mungkin terdapat kata kunci blog kita yang gak ada di deskripsi penelusuran atau di deskripsi blog. Jadi, optimasi meta-tag wajib dilakukan jika anda ingin memperoleh trafik organik.

4. Jangan buat artikel copas

Ini yang paling penting menurut saya. Jika kita membuat blog, tentu orientasinya pada konten. Konten tersebut adalah konten berbentuk teks. Oleh karena itu, konten yang copas cukup berbahaya bagi reputasi blog kita sendiri di mata Search Engine.

Baca Juga : Minimal Berapa Karakter Untuk Satu Postingan Blog?

Apalagi jika anda menggunakan tool spin artikel. Rewrite boleh, asalkan anda melakukan rewrite dengan baik dan benar. Untuk menghindari duplikasi ada baiknya anda merewrite artikel berbahasa inggris saja dan bukan artikel berbahasa Indonesia.

5. UX

Apa maksudnya ini? Maksudnya adalah tingkatkan pengalaman pengguna. Google memprioritaskan blog-blog yang memiliki nilai User Experience lebih baik. Ada beberapa elemen dalam UX ini, antara lain:

  • Warna template yang ramah
  • Navigasi yang bagus
  • Loading yang cepat
  • Tampilan yang sederhana dan tidak membingungkan pengunjung
  • Berisikan konten yang berguna
  • Tidak banyak atribut tambahan di blog
  • Widget seadannya
  • Memiliki nilai kebaharuan

Singkatnya, untuk ada 8 Kriteria untuk meningatkan UX ini. Karena itu, upayakan untuk memilih template yang mampu membuat pengunjung anda nyaman.  Semakin nyaman pengunjung semakin lama mereka membaca artikel anda. Semakin lama membaca artikel, semakin sering mereka datang berkunjung ke blog anda.

Semakin sering berkunjung semakin tinggi tingkat bouncing rate blog kita di Google. Dan ini menjadi sinyal bagi Google bahwa konten-konten yang ada didalam blog tersebut berguna dan bermanfaat bagi banyak orang.

Demikian artikel tentang Cara Meningatkan Trafik Organik Untuk Blog Yang Terbukti Berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat.

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *