Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog

4 Likes Comment
cara mengukur kecepatan loading blog

Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog – Terkait dengan hal ini sebenarnya saya sudah mengulasnya berulang-ulang. Mengapa kecepatan loading blog itu sangat penting? Sebab ini adalah salah satu upaya untuk mengoptimalkan SEO blog anda yang wajib diterapkan.

Untuk itu, usahakan agar anda memilih dan menggunakan template dengan kecepatan loading yang memadai, atau setidaknya diatas 80%.

Tetapi mempertahakankan kecepatan nyata diatas tentu akan sangat sulit, sebab anda harus mengorbankan beberapa hal, mulai dari gambar, font, iklan, widget dan lain sebagainya.

Sebab itu dapat memperlambat loading blog. Dan juga, semakin banyak artikel didalam blog anda juga berpotensi memperlambat render blog. Semua ini berkontribusi terhadap kecepatan loading blog.

Tetapi ini tidak maslaha, yang penting, skor waktu rendering dibawah 40%. Mengapa? Sebab dibawah dari skor tersebut menandakan bahwa blog anda lambat, bahkan sangat lambat. Atau membutuhkan waktu diatas dari 12 detik untuk termuat.

Baca Juga : Tips Sebelum Membeli Template Blog

Kecepatan loading blog memainkan peranan yang amat penting untuk sebuah blog, terlebih bagi mereka yang menggunakan blog/situs web untuk tujuan bisnis.

Sebagai contoh, misalnya Pinterest yang mampu meningkatkan lalu lintas didalam blog mereka dengan mengurangi waktu loading sebensar 40%.

Salah satu cara mengurangi waktu loading tersebut adalah dengan menggunakan AMP. Misalnya juga, situs COOK yang dapat meningkatkan pendapatan mereka sebesar 7% saat mereka menurunkan waktu tunggu sebesar 7% dengan meningkatkan tampilan halaman per sesi sebesar 10% atau mereka mengurangi waktu muat halaman sebesar 850 milidetik. Itu adalah dua contoh penting mengapa kecepatan loading blog itu sangat penting.

Baca Juga : Cara Mengetahui Postingan Yang Belum Terindeks Google

Nah bagi anda yang ingin mengecek kecepatan loading blog, silahkan anda ikuti tutorial ini. Skor kecepatan ini biasanya bergantung pada kekuatan jaringan blog dan juga browser yang anda gunakan. Dan ini bukanlah skor kecepatan nyata, tetapi menjadi indikasi utama skor kecepatan blog anda.

Cara cek kecepatan loading blog

Disini kita hanya mengulas satu cara saja untuk mengecek kecepatan loading blog, yakni menggunakan alat Gratis dari Google yang disebut Google PageSpeed Insight.

Salah satu alasan menggunakan alat ini adalah karena alat ini disediakan dengan gratis oleh siapa saja, terutama bagi para pemilik situs web.  Selain itu, Google juga akan menunjukan file-file mana yang memperlambat loading blog kita dan menyarankan untuk menguranginya.

Langkah pertama adalah membuka laman Google PageSpeed Insight> lalu masukan URL blog anda. Jika sudah, silahkan tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai. Jika prosesnya selesai anda akan ditunjukan data-data yang dapat memperlambat loading blog anda.

Baca Juga : 3 Template Blog Yang Cocok Untuk Pemula

Diantaranya adalah ukuran gambar, CSS, JavaScript, Diagnostik, dan saran-saran lain. Jika skor kecepatannya dibawah dari 30% saya sarankan agar anda mengganti template blog anda. Jika skornya cukup baik atau baik, atau berada diangka 70-80%, maka silahkan pertahankan template blog anda tersebut.

Kesimpulan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh DoubleClick ditemukan bahwa waktu muat situs yang termuat kurang dari 5 detik memiliki sesi tampilan 70% lebih baik, dengan nilai bounce rate diatas 35% lebih rendah, dan konversi iklannya yang meningkat sebesar 25%.

Artinya apa?

Artinya, kinerja situs web yang lebih baik, dalam artian kecepatan, akan meningkatkan penghasilan blog anda, mempertahankan penggunaan dan memiliki peluang lebih untuk tampil dihalaman pertama pencarian Google.

Kecepatan situs web bukan saja tentang SEO tetapi juga pengalaman pengguna. Saat pengguna membuka URL situs atau blog anda, ada beberapa titik potensial yang harus dilewati, seperti jaringan dan perangkat yang digunakan, perbandingan pemuatan mungkin terjadi, tetapi template blog yang loadingnya cepat sudah tentu lebih cepat dimuat dibandingkan yang lambat.

Nah demikian artikel tentang cara mengukur kecepatan loading blog. Jika anda punya masukan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *