Cara Mengkonversi Halaman Web Ke Dalam Bentuk PDF Di Windows 10

6 Likes Comment
cara mengkonversi halaman web

Cara Mengkonversi Halaman Web Ke Dalam Bentuk PDF Di Windows 10 – Sebagai mahasiswa, tentu banyak tugas-tugas yang diberikan oleh Dosen. Mulai dari tugas-tugas yang mudah, agak sulit hingga yang tersulit sekalipun.

Artikel ini saya tulis sebagai bagian dari pengalaman saya saat saya mendapatkan tugas tentang Sistem Informasi Komputer (SIK) dan saya diharuskan untuk membuat satu halaman web penuh ke dalam bentuk PDF.

Beruntunglah saat itu saya sudah menggunakan Windows 10, jadi ada sedikit kemudahan yang saya dapatkan. Jika anda tidak menggunakan Windows 10, mungkin anda akan sedikit kesulitan dan bahkan anda harus menginstal aplikasi eksternal untuk melakukan perintah yang satu ini.

Baca Juga : Tips Menjaga Komputer Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Tetapi, jika anda menggunakan Browser Chrome, tugas ini amat sangat mudah anda lakukan. Anda tinggal mengetikan Ctrl+P dan menggantinya ke bentuk PDF lalu mendownloadnya. Atau juga anda bisa menggunakan fitur menu yang ada dibagian kanan. Disitu juga ada perintah Print, dan anda dapat mengganti ke bentuk PDF.

Kemudahan yang sama juga akan anda dapatkan jika anda menggunakan Windows 10. Jika ditanya mana yang lebih mudah, tentu saja itu Microsoft. Karena saya tidak perlu lagi menginstal Chrome ataupun Browser lain untuk bisa memprint satu halaman web penuh ke dalam bentuk PDF.

Cara Mengkonversi Satu Halaman Web Ke Dalam Bentuk PDF Di Windows 10

Misalnya, jika anda ingin mengkonversi dokumen, peta dan konten lain ke dalam bentuk PDF? Apakah dapat anda juga dapat melakukannya dengan di Browser? Bisa iya bisa juga tidak. Tergantung versi yang anda gunakan.

Di Windows 10, jika anda mengkoversi peta ke dalam bentuk PDF sangat mudah dilakukan. Dan anda juga dapat langsung mengirimnya ke email. Pokoknya lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan browser.

Meskipun tanpa anda sadari, sampai saat ini anda harus memasang alat PDF pihak ketiga untuk melakukan perintah seperti PDF Converter ataupun CutePDF yang cukup banyak memakan memori, Adware, bilah alat dan fitur-fitur lain yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan.

Di Windows 10, Microsoft telah menambahkan alat pembuatan PDF yang lebih nyaman dengan fitur standar yang tak kalah menarik dengan tools lain.

Kabar baiknya, fitur ini juga sudah masuk dalam opsi cetak, yang berarti bahwa setiap program atau aplikasi yang ingin anda konversikan ke PDF juga bisa di cetak di Printer.

Katakanlah, jika anda ingin menyimpan satu halaman web penuh ke dalam bentuk PDF. Anda tinggal menglik tombol menu Browser anda, yang biasanya terletak dibagian sudut kanan atas, lalu klik Cetak.

Setelah itu, klik Perintah ‘Microsoft Print to PDF’, maka secara otomatis akan terprint jika komputer anda sudah terhubung ke printer. Tetapi jika anda langsung memprintnya, jangan lupa ubah pengaturan lainnya sesuai kebutuhan sebelum mencetaknya.

Sebelumnya, anda biasanya akan diminta oleh Windows untuk memberi nama file PDF anda dan memilih lokasi penyimpannya. Sampai disini, satu halaman WEB sudah selesai dibuat. Gimana mudah kan? Jadi, anda hanya perlu beberapa klik sebelum file PDF anda siap di cetak.

Nah demikian artikel tentang Cara Membuat Satu Halaman Web Ke Dalam Bentuk PDF Di Windows 10 yang saya bahas khusus untuk anda yang mendapatkan tugas yang sama seperti yang saya hadapi atau untuk tujuan lain.

Jika anda punya masukan, kritikan ataupun komentar terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *