Cara Menghasilkan Uang Secara Online Hingga Puluhan Juta Rupiah Dari Blog

4 Likes Comment
menghasilkan uang secara online

Menghasilkan uang secara online adalah hal yang gampang-gampang sulit. Mengapa saya tidak menyebut sulit? Karena itu tergantung diri anda sendiri dan tergantung bagaimana anda mendapatkan uang tersebut.

Di artikel ini kita akan membahas cara menghasilkan uang secara online hingga puluhan juta rupiah hanya dari Blog. WooW!

Lalu bagaimana caranya? Silahkan baca postingan ini sampai habis. Namun perlu anda ketahui, disini ada juga berbagai metode yang harus anda dalami terlebih dahulu, mulai dari cara membuat blog, cara membuat postingan yang SEO Friendly, dan cara-cara lain yang umumnya dilakukan oleh blogger untuk menghasilkan uang secara online.

Ini bukan studi kasus, tetapi tergantung pada anda sendiri. Apakah memang anda ingin menghasilkan uang secara online atau tidak. Untuk bisa menghasilkan uang secara online ada beberapa proses yang harus anda lalui. Dan saya simpulkan ada dalam dua kata ini, yakni 2k atau Konten dan konsistensi.

Mengapa?

Sebab semuanya tidak semudah membalik telapak tangan. Butuh proses dan terkadang proses yang harus anda hadapi adalah tentang diri anda sendiri, apakah anda konsisten atau tidak.

Apakah anda akan menyerah atau tidak. Jika anda menyerah, itu hak anda. Tetapi, jika anda tidak menyerah maka itu adalah indikasi kuat bahwa anda memang benar-benar ingin ngeblog.

Cara menghasilkan uang dari blog

Disini saya mengutip pendapat dari Neil Patel, yang mendapat predikat sebagai satu dari 10 orang yang termasuk marketer mapan dan menjadi seorang penulis best seller dari New York Times. Begini bunyinya:

Meskipun anda menempatkan iklan didalam blog anda, namun menghasilkan uang dari sana mungkin tidak sesuai dengan yang anda harapkan. Selain itu, jika anda menempatkan iklan, itu berarti orang lain akan menemukan cara baru untuk menggunakan lalu litas didalam blog anda untuk meningkatkan penghasilan mereka, dan bukan anda.

Lagipula, mereka mampu membeli lalu lintas lain jika itu memungkinkan.

Untuk itu, ada dua cara umum yang bisa meningaktkan penghasilan anda, tanpa menempatkan iklan didalam postingan blog anda. Antara lain: Jual Produk Fisik dan informasi/produk digital.

Baca Juga : Cara Buat Foto Produk Yang Unik Dan Menarik

Apapun yang ingin anda jual, anda harus emmastikan bahwa itu adalah barang yang ingin dibeli oleh pengunjung blog anda. Jika anda ingin menjual barang fisik, dari Amazon misalnya, dan melihat beberapa produk paling laris disana, itu cukup baik.

Jika and aingin menjual produk digital, lihatlah bagian Kindle dari Amazon dan cari tahu buku apa yang sedang populer dan laris, yang sesuai dengan niche blog anda.

Baca Juga : Cara memperoleh pendapatan $100 per hari dari Google AdSense

Karena itu, setelah anda memutuskan produk apa yang ingin anda jual, tujuan berikutnya adalah mengetahui bagaimana orang-orang akan menjadi pelanggan dari blog anda.

Anda dapat membuat Giveaway untuk memecahkan masalah yang mendesak terkait dengan Audiens dan juga target anda. Sebagai gantinya, mereka harus berlangganan artikel-artikel didalam blog anda.

Jadi disini cukup jelas ya apa yang dimaksud oleh Neil Patel ini. Untuk menghasilkan uang secara online dari blog tidak melulu harus dari Iklan, anda banyak cara yang dapat anda coba, misalnya menjual produk digital dan juga produk fisik.

Pelajaran ini juga saya dapatkan dari blog Sugend.Id, ia tidak menempatkan iklan didalam postingan blognya sendiri. Mengapa? Salah satu alasannya, yang sempat saya baca adalah pengunjung dari blognya tentu adalah dari seorang blogger, dan seorang blogger tidak mungkin mau mengklik iklan yang tampil didalam blognya sendiri.

Selain itu juga, ia menjual template, yang menurutnya cukup untuk membeli kopi dan kuota data yang ia keluarkan. Tetapi hal pertama yang harus anda perhatikan disini adalah blog anda, karena di blog itulah yang akan menjadi sumber penghasilan anda.

Karena itu, anda harus: Buat konten yang menarik

Salah satu cara terbaik untuk membuat orang mau mengunjungi blog anda adalah konten anda. Konten yang menarik tentunya. Tidak peduli niche apa yang anda angkat, tetapi jika anda ingin menunjukan karakteristik blog anda, itu sudah lebih dari cukup.

Membuat konten yang menarik tidak melulu anda harus paham tentang tips dan trik menulis, sebab menjadi seorang blogger mengharuskan anda mempelajari satu per satu konten secara perlahan-lahan. Termasuk cara membuat konten yang menarik.

Baca Juga : Cara Buat Konten Yang Unik Dan Menarik Untuk Blog

Yang perlu anda lakukan adalah menentukan niche didalam blog anda, lalu membuat artikel-artikel turunan dari artikel-artikel populer tersebut. Kalau memungkinkan, anda bisa menggunakan Buzzsumo untuk mencari konten-konten yang sedang populer didalam blog anda.

Sebut saja, anda membuat artikel tentang cara ternak lele, setelah mengetik cara tersebut, anda akan disajikan daftar populer tentang cara ternak lele di Buzzsumo, yang disajikan dalam daftar konten, dan semua konten yang berhubungan dengan kata kunci yang anda masukan.

Silahkan anda amati satu per satu konten-konten yang disajikan oleh Buzzsumo, lalu membuat konten yang lebih menarik ketimbang yang ditampilkan oleh Buzzsumo. Itulah salah satu strategi mendasar untuk membuat konten yang menarik.

Tetapi konten yang menarik bukanlah konten yang pendek, melainkan konten dengan ulasan mendalam. Misalnya, salah satu konten menunjukan tentang cara ternak lele yang menghasilkan pendapatan hingga 80% dibulan pertama, anda bisa menjadikan ide konten tersebut untuk postingan blog anda.

Jelaskan saja lebih rinci tentang cara ternak lele, cara menghasilkan pendapatan dari lele, cara menghasilkan pendapatan 80% dari ternak lele dan semua kata turunannya.

Ingat, ulas secara mendalam!

Tetapi, itu tidak cukup. Mengapa? Sebuah penelitian membuktikan hal itu. Dimana, unsur visual berwarna yang tampil didalam postingan blog dapat meningkatkan pengalaman pengguna menjadi lebih baik lagi. Jika visual buruk, seorang pengunjung hanya akan melewati sebagian besar konten anda bahkan mencapai 80%.

Selain itu juga, konten dengan gambar yang relevan 94% lebih banyak pengunjung dibanding konten dengan gambar yang tidak relevan. Untuk hal ini anda dapat mempertimbangkan menggunakan gambar GIF, yang akan membuat konten terasa lebih menarik, lebih hidup, dan juga menghibur. Mesipun anda harus rela mengurangi waktu loading blog sekian milisekon.

Baca Juga : 100+ Jenis Niche Blog

Diakhir pos, anda dapat memberikan tips dalam bentuk video yang merinci tentang konten anda dan menjadi pelengkap ulasan anda dalam hal visualisasi. Disini juga anda dapat menambahkan beberapa elemen seperti daftar periksa gratis, konten rujukan, infografik, dan lain sebagainya, dengan tujuan meningkatkan kualitas konten anda.

Jika sudah, sekarang mari kita beranjak pada langkah yang lebih jauh, yang mungkin anda ingin tempuh, selain apa yang dikemukakan diatas.

Jika anda ingin Menghasilkan Uang Secara Online Hingga Puluhan Juta Rupiah Dari Blog, ada beberapa cara yang umum digunakan. Dan cara-cara ini dapat anda coba, dan saya sudah ulas. Cara pertama sebagaimana yang saya terangkan diatas agak susah diterapkan.

Mengapa?

Sebab semua blogger, atau orang yang ingin menghasilkan uang secara online menginginkan hal-hal yang umum dilakukan untuk menghasilkan uang secara online. Hal-hal umum itu antara lain:

  • Menghasilkan uang dengan program affiliasi
  • Iklan
  • Google AdSense
  • Konsultasi
  • Dropsize
  • Amazon
  • ClickBank
  • Shopify
  • URL Pendek
  • Jual PDF
  • Dll

Itu adalah cara paling umum menghasilkan uang secara online dari sebuah blog. Dan jika anda ingin Menghasilkan Uang Secara Online Hingga Puluhan Juta Rupiah Dari Blog anda dapat melakukannya kurang dari 15 menit.

Baca Juga : Tips Memilih Platform Blogging Yang Tepat

Mempunyai blog tidaklah sulit. Anda bisa memulainya dengan menggunakan Blogger, atau jika anda riskan dan punya sedikit duit, silahkan gunakan WordPress. Satu per satu saya uraikan dalam bentuk pertanyaan agar anda lebih paham:

Siapa yang ingin membuat blog?

Semua orang yang ingin menghasilkan uang. Dengan blog orang-orang dapat mengekspresikan pendapat mereka, mengashilkan uang dari hiobinya dan menulis tentang apa saja yang ia sukai. Ada juga blog yang dikelola untuk tujuan bisnis.

Layanan blog apa yang cukup bagus digunakan? Rekomendasi saya Gunakalah WordPress. Jika tidak, blogger juga boleh.

Mengapa WordPress?

Sangat mudah digunakan, aman dan paling penting adaptif. Maksudnya apa? Maksudnya adalah blog WordPress anda dapat diubah dalam bentuk apapaun, mulai dari blog, bisnis dan lain sebagainya. Seperti yang saya sebutkan diatas, anda juga dapat menggunakan blog-blog gratis seperti WIX, Squarspace, atau Tumblr. Sekarang mari kita mulai hasilkan uang…

Langkah 1. Pilih hosting

Soal ini, saya merekomendasikan agar anda menggunakan hosting dari Niagahoster. Pelayannya cukup bagus. Hosting adalah rumah bagi blog atau situs web anda. Inilah yang menjadi alasan mengapa memilih hosting yang barus adalah langkah yang tepat.

Tetapi bagaimana jika saya tidak punya dana? Silahkan saja pakai Blogger. Selain gratis, hosting di hendel Google, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi untuk ini. Namun masalah utama adalah optimasi SEO yang gak terlalu bagus.

Langkah 2. Pilih nama domain yang keren

Semua tentu menginginkan agar nama domain yang digunakan mewakili brand mereka atau nama tertentu. Tetapi domain yang kerena adalah domain yang mudah diingat, mudah di eja, dan paling penting adalah mewakili anda.

Langkah 3. Menghubungkan domain dan hosting

Di langkah pertama tadi, saya telah merekomendasikan Niagahoster. Mengapa? Mereka akan membantu anda untuk menghubungkan domain dan hosting anda. Tetapi biasanya, jika anda ingin melakukannya sendiri anda harus mengubah nameserver dari domain anda agar sesuai dengan nameserver dari hosting anda. Itu saja!

Langkah 4. Instal WordPress

Di CPanel, pilihlah untuk menginstal WordPress. Sekali lagi, disini dapat dengan mudah dilakukan, apalagi jika anda menggunakan layanan dari Niagahoster.

Mengapa harus WordPress?

Sebab ini adlaah rumah bagi jutaan situs web. WordPress cukup cepat, terpercaya dan mudah dikleloa. Sejauh ini tidak ada sistem web yang lebih baik ketimbang WordPress. Baca lebih lanjut tentang perbedaan antara WordPress dan Blogger dan juga Perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org

Jika semuanya sudah rampung, silahkan lanjutkan pada tahap eksekusi. Ini dia tahap-tahapnya.

1. Buat halaman-halaman seperti Kontak, Tentang, Disclaimer, Privacy dan halaman-halaman lain seperlunya saja

Halaman ini sangat penting, sebab ini menunjukan bahwa blog anda sudah di kelola secara professional. Cara mengelolannya pun cukup mudah, anda dapat menggunakan tools untuk membantu pengelolaan anda.

2. Buat konten blog pertama, kedua dan seterusnya

Nah inilah yang paling penting. Banyak yang mengatakan konten is the king. Ya itu benar, tetapi selain konten tentu saja soal SEO blog anda. Itu juga yang menjadi alasan mengapa anda harus menggunakan WordPress, sebab anda tidak perlu pusing-pusing lagi soal urusan SEO, anda sudah dibantu oleh plugin.

3. Daftar ke direktori situs web

Saran saya, silahkan saja mendaftar ke Direktori Situs web seperti Google Search Console dan Bing Webmaster Tools. Dua situs web itu sudah lebih dari cukup untuk menarik lalu lintas disitus web anda. Manfaatkan juga fitur-fitur yang ada didalamnya.

4. Promosi

Mengapa harus promosi? Sebab ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada publik, bahwa anda sudah punya situs web. Promosi secara perlahan, sembari maksimalkan kualitas konten di blog anda. Promosi juga dapat meningkatkan trafik, serta lambat laun dapat meningkatkan trafik organik blog anda.

5. Daftar ke Pengiklan

Nah jika trafik anda sudah cukup silahkan daftarkan ke pengiklan seperti di Google AdSense. Dan maksimalkan penghasilan anda seperti yang saya sebutkan pada 11 poin diatas.

Saran: Sebelum membahas tentang Monetisasi blog, sebaiknya dibahas dulu tentang Pengunjung blog anda. Karena itu adalah poin Penting. Pengunjung Blog = Uang. Semakin besar pengunjung blog yang anda dapatkan semakin besar pendapatan yang anda peroleh.

Demikan artikel tentang cara Menghasilkan Uang Secara Online Hingga Puluhan Juta Rupiah Dari Blog. Jika anda punya masukan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *