13 Cara Menghasilkan Uang Dari Facebook Terbaru

10 Likes 2 Comments
cara dapat uang dari facebook

Ada banyak cara menghasilkan uang dari Facebook, asalkan anda bisa memaksimalkan potensi akun atau fanspage yang anda miliki.

Meski agak berat sih menurut saya. Apalagi untuk anda yang ingin cari duit dengan cepat. Karena rata-rata pendapatan atau penghasilan dari Facebook itu termasuk passive income.

Dengan demikian, ada baiknya, anda gak bergantung pada penghasilan Facebook saja dan menjadikan penghasilan dari jejaring sosial itu sebagai sampingan.

Seperti yang saya sebutkan diatas, banyak cara dapat uang dari Facebook dan di artikel kali ini saya hendak mengulas daftarnya.

Yang mungkin, salah satu daftar dibawah ini sesuai dan cocok dengan passion anda, sehingga anda bisa mengubah kebiasaan menggunakan Facebook menjadi duit. Yang terpenting anda konsisten dan terus berusaha niscaya akan berhasil.

13 Cara Menghasilkan Uang Dari Facebook Terbaru

Lantas, bagaimana cara menghasilkan uang dari Facebook? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan 13 cara mendapatkan uang dari Facebook terbaru. Ini daftarnya:

1. Facebook ad breaks

facebook ad break

Facebook Ad breaks adalah salah satu cara yang lagi tren untuk dapat uang dari halaman Facebook dan sudah banyak orang yang menggelutinya.

Sayangnya, syarat untuk dapat uang dari Facebook ad breaks ini agak sulit. Selain butuh manajemen konten yang matang, anda juga harus punya fanspage yang memenuhi syarat.

Meski berat, sudah banyak orang yang berhasil payout dari ad breaks ini. Dengan kata lain, cara dapat uang dari Facebook lewat ad break ini legal dan enggak scam.

Di Indonesia, Ad break secara resmi di luncurkan Facebook pada awal tahun 2018 lalu. Sistemnya hampir sama dengan periklanan di Youtube.

Baca Juga : Cara Dapat Uang Dari Youtube Terbaru

Jadi, anda tinggal buat halaman Facebook dan mulai memposting video. Apabila video anda sudah memenuhi syarat, anda tinggal daftarkan ke ad break.

Mengapa saya sebut syarat dapat uang dari Ad breaks itu berat? Sebab anda harus memenuhi dua kriteria kelayakan monetitasi yakni kelayakan halaman dan kelayakan konten sesuai dengan pedoman Facebook.

Apabila syarat tersebut sudah dipenuhi, maka iklan akan mulai tampil di video yang anda unggah di fanspage Facebook.

Semakin banyak orang yang menonton video anda, semakin besar impresi iklan maka semakin tinggi pula pendapatan yang anda peroleh.

Kalau anda mau dapat uang dari Facebook ad breaks ini, simak dulu deh syarat-syaratnya disini.

Oh iya, dengan ad break, anda juga bisa mendapatkan uang dari Facebook gaming, yang disiarkan secara live atau langsung.

2. Facebook Instan Article

instan article facebook

Selain ad breaks, anda juga bisa mendapatkan uang dari halaman Facebook tanpa modal dengan instant Articles.

Agar bisa dapat uang dari Instant Article Facebook, anda wajib punya website atau blog dan website atau blog anda itu harus support dengan fitur ini.

Untuk WordPress, anda bisa menginstal plugin instan Article for Facebook. Sementara, untuk anda yang menggunakan Blogger, saya belum tahu pasti caranya gimana.

Lantas, darimana saya mendapatkan penghasilan? Dari iklan yang tampil di instan article Facebook. Anda juga bisa leluasa mengatur penempatan iklan agar penghasilan anda meningkat.

Instant article Facebook itu mirip dengan Google AMP. Hanya saja, instan artikel enggak bisa di indeks oleh Google dan hanya tersedia untuk Facebook versi Android saja [tidak termasuk FB lite].

3. Audience network Facebook

dapat uang dari facebook

Anda juga bisa memonetisasi aplikasi Android atau iOS milik anda dengan Audience network Facebook. Caranya enggak jauh beda sama Google Admob.

Jadi, kalau anda punya aplikasi baik yang secara langsung terintegrasi dengan Facebook atau aplikasi pihak ketiga, yang enggak ada hubungannya sama Facebook, anda bisa mengiklankannya di ANF.

Format iklan yang disediakan cukup atraktif, sehingga tampilan dan impresi yang didapat oleh publisher cukup menjanjikan.

Dengan demikian, potensi penghasilan anda dari aplikasi yang anda buat sendiri bakalan terbuka lebar.

4. Link Affiliasi

affiliasi marketing di facebook

Anda juga bisa memanfaatkan fanspage Facebook memperoleh pendapatan dari link affiliasi produk berbayar atau produk digital lain.

Sebagai contoh, saya menggunakan link affiliasi dari Niagahoster lalu membagikannya ke halaman Facebook saya dengan pengikut 2k.

Saat ada orang yang mengklik tautan tersebut dan melakukan pembelian ke Niagahoster, saya akan memperoleh komisi.

Besaran komisi tergantung dari harga produk. Biasanya berkisar antara 20-30 persen dari total pembelian.

Dan apabila ada 5-10 orang yang melakukan pembelian untuk produk seharga 150k, pendapatan saya bisa sampai 100-250 ribu rupiah.

Dengan demikian, saya sudah bisa mendapatkan penghasilan dari link affiliasi Niagahoster lewat fanspage Facebook. Simple, kan?

Oh iya, kalau anda mau beli hosting dan domain dengan harga miring, buruan deh beli di Niagahoster dengan cara klik disini.

5. Ternak fanspage Facebook

cara dapat uang dari facebook

Tenak Facebook memang enggak secara langsung menghasilkan uang. Itu berarti, ada hal lain yang harus anda lakukan agar kegiatan ternak akun FB itu bisa menjadi uang.

Misalkan begini, anda ternak fanspage Facebook atau akun biasa. Setiap fanspage tersebut ada 10k orang yang like.

Dengan fanspage tersebut, anda bisa menjualnya, menawarkan layanan paid promoted like halaman facebook lain, menjadi influencer dan lain sebagainya.

Opsi terakhir adalah dengan menjualnya. Karena biasanya, orang-orang yang mau ternak FB itu untuk dijual.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Dengan Bayaran Tinggi

Atau juga, anda membuat 20 akun Facebook dengan teman 2k. Lalu anda mengetahui kalau akun tersebut bisa diubah menjadi fanspage.

Anda kemudian mengubah akun tersebut menjadi fanspage. Lagi-lagi, anda dapat informasi kalau setiap fanspage itu bisa disatukan.

Apabila ada 20 akun yang anda jadikan halaman dan anda menggabungkannya berarti semua halaman Facebook itu punya like atau pengikut sebanyak 40k.

Dengan like sebanyak itu, tentu anda bisa memaksimalkannya untuk dapat uang tambahan hanya dari fanspage Facebook saja.

6. Jualan fanspage

cara dapat uang dari fanspage facebook

Nah ini yang saya maksud pada poin sebelumnya. Jika anda ternak Facebook, setiap akun atau halaman itu bisa anda jual.

Harganya tergantung dari jumlah like. Misalnya, untuk halaman dengan 1k like atau followers untuk pasar saat ini dibandrol dengan harga 50-100k.

Coba bayangkan jika anda ternak 100 akun Facebook dengan rata-rata like 5k? penghasilan anda bisa sampai 10 juta rupiah.

7. Menjadi buzzer

buzzer media media sosial

Saat ini, banyak orang yang menggunakan halaman Facebook sebagai Buzzer. Buzzer, dalam pedanan bahasa Indonesia disebut sebagai pendengung.

Tugas pendengung ini untuk menggiring opini untuk satu isu dan isu tersebut adalah pesanan dari orang lain. Dan anda bisa dapat uang dari pesanan informasi semacam ini.

Sebagai contoh, saya punya fanspage dengan like 10k lalu dapat pesanan dari seorang Politikus yang akan menjadi Cawagub suatu daerah.

Untuk meningkatkan citranya, ia meminta saya mempromosikan visi dan misinya, prestasinya, isu-isu yang bakalan ia angkat saat jadi Gubernur, mengikuti aktivitasnya dan lain sebagainya.

Sebagai imbalan, sang politikus itu akan memberikan sejumlah uang yang telah disepakati pada awal kerjasama.

Dengan kata lain, menjadi buzzer juga cukup menjanjikan karena anda bisa dapat uang dengan mudah dan instan.

Hanya saja, anda harus tahan banting hadapi ocehan netizen yang mahatahu dan mahabenar. Apalagi ocehan kubu lawan si politikus.

8. Menjadi influencer

Ini mirip sih dengan buzzer atau pendengung yang sudah saya jelaskan diatas. Hanya saja, influencer lebih fokus ke produk atau bisnis tertentu.

Karena itu, mereka disebut sebagai pemengaruh media sosial. Ada banyak kok platform influencer marketing saat ini yang menghubungkan antara advertiser dan influencer.

Jika anda enggak mau menggunakan platform semacam ini, anda bisa kok tawarkan langsung jasa ini ke advertiser.

Dan dari sini anda bisa dapat duit. Bayarannya enggak jauh-jauh amat dengan buzzer atau link affiliasi.

Namun bergantung pada jumlah like halaman, followers dan orang-orang yang melihat endorse yang anda posting.

Dengan kata lain, semakin banyak orang yang mengikuti halaman anda, semakin besar pula pendapatan yang anda peroleh.

9. Promosi Fanspage lain

cara menghasilkan uang dari facebook

Cara ini termasuk sangat lazim digunakan terlebih oleh akun Facebook dengan followers bejibun yang bisa digunakan untuk mempromosikan fanspage lain.

Dan pemilik fanspage bisa mendapatkan penghasilan dari sini. Biayanya tergantung kesepakatan atau jumlah like pada Facebook yang mau dipromosikan.

Sebagai contoh, saya memiliki fanspage A dengan followers 100k. Lalu ada Fanspage C yang ingin meningkatkan jumlah like fanspage mereka [termasuk akun Instagram].

Lalu, pemilik Fanspage C menghubungi saya dengan tujuan untuk mempromosikan fanspage mereka. Maka disepakatilah kerjasama dan biayanya.

Saya pun mengerjakan tugas yang diberikan. Apabila tugas tersebut selesai, mereka akan mengirimkan sejumlah uang ke saya.

Dengan demikian, saya bisa memperoleh penghasilan hanya dengan mempromosikan halaman Facebook orang lain.

10. Jualan

cara hasilkan uang dari facebook

Misalnya, anda adalah seorang dropshire yang menjual pakaian-pakaian casual musim panas. Dan tempat jualan anda adalah fanspage Facebook.

Apabila ada orang yang tertarik dengan produk yang anda jual, mereka akan menghubungi anda. Lalu, terjadilah transaksi.

Dengan demikian, anda bisa dapat uang dari fanspage Facebook hanya dengan menjual barang-barang orang lain.

Sistemnya sih hampir mirip dengan link Affiliasi di atas. Namun, disini anda yang akan jadi perantara antara pembeli dan penjual.

Bisa jadi, anda adalah tangan ke-2, ke-3 atau ke-4. Komisinya juga berbeda-beda, sesuai dengan harga dan berapa orang yang terlibat dalam proses penjualan tersebut.

11. Menggunakan fanspage untuk promosi bisnis sendiri

cara dapat uang dari facebook terbaru

Ini hampir sama dengan jualan tadi. Namun disini yang anda jual adalah produk-produk buatan anda sendiri.

Misalkan begini, anda membuka jasa pembuatan baju. Lalu mempromosikan bisnis anda tersebut ke fanspage Facebook.

Apabila ada orang yang tertarik, mereka lalu meminta anda agar di desainkan baju tim olahraga basket plus celananya. Lalu terjadilah transaksi.

Sebagai uang muka, mereka akan mengirimkan setengah harga. Sisanya akan diberikan apabila pesanan sudah sampai.

12. Menggunakannya sebagai link referral

dapat uang dari facebook

Saat ini ada banyak sekali situs yang menyediakan link referal dengan imbalan berupa duit atau koin yang juga bisa ditukar dengan uang.

Dan anda bisa menjadikan halaman Facebook anda untuk membagikan link referral semacam ini.

Dan dari link referral ini anda bisa dapat duit dari fanspage Facebook. Kalau dipikir-pikir, sistemnya hampir sama dengan link Affiliasi diatas.

Bedanya, link reffreal mengajak orang untuk mengunduh suatu aplikasi sementara link affiliasi mengajak seseorang untuk membeli produk digital.

13. Berinvestasi di Facebook

cara dapat uang dari facebook

Yang paling terakhir adalah berinvest ke Facebook. Dengan cara ini, anda gak perlu repot-repot buat Fanspage atau jualan sana sini.

Anda hanya perlu siapkan duit yang banyak untuk beli saham di Facebook. Karena, sejak tahun 2012 lalu, saham Facebook secara resmi diluncurkan ke Publik.

Harga saham Facebook memang lagi anjlok sejak kasus cambridge analytica yang melanda mereka. Oleh karena itu, pastikan dulu saham Facebook bagus sebelum melakukan pembelian.

Penutup

Banyak cara kok dapat uang dari Facebook. Entah melalui fanspage atau akun biasa. Yang terpenting anda bisa melihat peluang yang ada.

Sebenarnya, anda juga bisa dapat uang dari Libra Bitcoin, yang akan dirilis oleh Facebook tahun 2020 ini. Namun karena dompet digital ini belum pasti, maka saya belum memasukkan dalam daftar ini.

Mudah-mudahan, beberapa waktu ke depan, mata uang Crypto ini sudah di rilis oleh Facebook untuk menambah daftar yang saya tulis diatas.

Demikian artikel tentang 13 cara menghasilkan uang dari Facebook. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

2 Comments

  1. Maf ni gan, utk poin no 5, sya cba link facebook.com/pages/create/migrate lalu muncul windows kecil yg menginfokan fb tdk bs mengubah akun personal menjadi fan page. Apa betul fitur itu sekarang sdh nggak bisa ya? Mohon infonya…

    Klo emang msh bs, sya tertarik bgt gan, 🙂

    1. Masih bisa kayaknya gan.. akan saya update postingan ini kedepan agar tutor seperti yang agan maksud bisa lebih lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *