Cara Menghapus URL Blog Di Hasil Penelusuran Google Secara Permanen

6 Likes Comment
cara menghapus url blog

Sebenarnya artikel tentang cara menghapus url blog merupakan bagian dari artikel saya sebelumnya tentang cara menghapus blog. Ada banyak alasan memang mengapa seseorang ingin menghapus akun blogger, salah satunya adalah karena ingin berhenti ngeblog.

Tetapi terkadang, meskipun kita sudah menghapus blog secara permanan, URL blog kita tetap saja muncul di hasil penelusuran Google.

Penyebabnya bisa beragam, salah satunya adalah karena kita tidak mengirim permintaan penghapusan di Search Console.

Ada banyak alasan mengapa blogger/webmaster ingin menghapus ULR Blog di hasil penelusuran Google.

Dengan menghapus URL blog berarti anda menghapus data-data url tersebut di hasil serp. Selain itu, menghapus url juga menghapus Salinan cache di data google seperti gambar dan juga teks.

Baca Juga : Tips Mengajukan Banding ke Google AdSense

Bukan hanya itu saja, menghapus url tersebut memungkinkan orang-orang tidak lagi menemui url tersebut di hasil penelusuran Google.

Berikut saya sertakan beberapa alasan mengapa orang-orang ingin menghapus URL blognya di penelusuran Gooogle antara lain:

a. Blog telah di hapus

Memang sih, jika blog telah di hapus, urlnya tetap ada di Google selama 3 bulan lebih atau kira-kira selama 90 hari.

Jika blog dihapus bukan saja ulr untuk konten yang dihapus tetapi juga artikel-artikelnya akan hilang dari indeks.

b. Permalink di ubah

Bagi para pengguna blogger, tidak memungkinkan untuk mengubah permalink karena memang telah diatur dalam teks servernya. Sementara, bagi para pengguna WordPress, mereka memiliki keluwesan untuk mengatur permalinknya.

Terkadang, apalagi jika blogger migrasi dari blogger ke wordpress, mereka ingin menghilangkan tanggal bulan dan tahun di permalink. Salah satu caranya adalah dengan mengubah permalink.

Baca Juga : Ingin Page One di Google? Terapkan Fungsi Readiblitas Ini

Tetapi, mengubah permalink membuat link lama tetap nongol di hasil indeks Google. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah menghapus url tersebut di Google

Penghapusan url ini begitu spesifit [dan menurut pengalaman sendiri] tidak akan menghapus url yang lain.

c. Duplikat url

Duplikat URL cukup berbahaya bagi blog. Selain membuat artikel kita down di mesin telusur juga membuat performa situs web kita berkurang.

Mengapa? Karena Google tidak dapat menentukan versi kanonis [asli] dari artikel tersebut sehingga mereka menggap dua artikel tersebut adalah duplikat.

d. Menghapus artikel

Terkadang, kita menghapus artikel didalam blog kita. Namun karena kita tidak menghapusnya juga dari hasil indeks Google membuat artikel tersebut tidak ditemukan [ditandai dengan kode 404].

Nah ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang [blogger] ingin menghapus url artikelnya didalam google

e. Dll

Nah itu dia beberapa alasan mengapa orang-orang ingin mengapus artikelnya di hasil penelusuran Google. Sementara, untuk diketahui juga, ada dua jenis hapus url yang suda dibahas disini

2 Jenis url

Ada dua kategori utama untuk meminta penghapusan URL di Search Console yakni:

1. URL Lengkap

URL lengkap adalah url untuk postingan kita sendiri yang muncul di hasil penelusuran Google. Dan biasanya terdiri dari beberapa karakter kata diakhir nama blog.

2. URL Blog

URL blog berarti hanya link dari blog kita sendiri tanpa menggunakan link lengkap diatas.

Dua hal ini sebenarnya sudah sangat cukup untuk menghapus hasil penelusuran kita di hasil penelusuran Google. Meski demikian, beberapa artikel kita sendiri mungkin masih dapat ditemui di arsip Internet seperti di Wayback Machine.

Apalagi jika blog kita itu sudah berusia lebih dari satu tahun, maka secara otomatis arsipnya tetap tersimpan. Dan biasanya arsip ini hanya tersimpan di beberapa bagian saja, diantaranya konten, umur blog, link share dan lain sebagainya.

Nah dalam artikel kali ini saya ingin membahas salah satu trik untuk menghapus URL blog di SERPS tanpa harus menghapus blog. Lalu apa saja tipsnya? Simak penjelasannya dibawah.

Cara Hapus URL Blog di Google Tanpa Menghapus Blog

Terkait dengan cara ini sebenarnya juga kita bisa membatalkan penghapusan, namun minimal pembatalan itu dilakukan dalam kurun waktu 1×24 jam untuk URL lengkap sementara untuk URL blog saja membutuhkan waktu sekitar 90 hari atau tiga bulan.

Sebenarnya ada juga opsi pembatalan penghapusan jika menggunakan metode ini. Karena itu, jika sewaktu-waktu anda ingin membatalkan penghapusan anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Lalu bagaimana cara hapus URL Blog di Google tanpa menghapus blog kita? Berikut caranya.

Baca Juga : 8 Jasa Yang Dapat Anda Buka Sebagai Blogger Untuk Meningkatkan Penghasilan

Tapi sebelum masuk ke cara-cara dibawah ini pastikan dulu apakah URL blog tersebut sudah terindeks di mesin pencari dan juga syarat utamanya adalah anda sudah menggunakan tools Google Search Con    sole. Karena disini kita menggunakan tools ini untuk penghapusan URL blog.

  1. Silahkan masuk ke Akun Google Search Console
  2. Setelah masuk, langkah selanjutnya adalah memilih blog yang ingin dihapus URLnya di Google tanpa harus menghapus blog
  3. Jika anda masuk ke Google Search Console yang baru, maka silahkan klik buka Google Search Console versi lama. Untuk membukanya silahkan scrool ke bawah seperti yang tampak pada gambar dibawah ini
  4. Setelah masuk ke Google search Console yang lama, langkah selanjutnya adalah masuk ke menu Index> Remove URL
  5. Silahkan ambil url blog lengkap lalu klik pada tulusan bersembunyi Sementara[bahasa indonesia] dan pastekan url yang ingin anda hapus tersebut
  6. Jika sudah klik Terus. Disini anda akan mendapatkan pemberitahuan, klik saja Kirim Permintaan.
  7. Jika sudah, maka tampilannya akan seperti pada gambar dibawah ini
  8. Selesai

 

Sampai disini anda sudah bisa menghapus url blog tanpa harus menghapus blog. Untuk model penghapusan permanen di Google saya sarankan agar anda hapus saja blog tersebut tapi jika tidak, kedepannya mungkin google akan tetap mengcrawling jika permintaan penghapusan sudah kadaluarsa.

Nah demikian artikel tentang Cara Menghapus URL Blog Di Hasil Penelusuran Google Secara Permanen. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *