Cara Mengganti Teks Tertentu Di Microsoft Word Dengan Cepat

1 Like Comment
Mengganti Teks Tertentu Di Microsoft Word
Mengganti teks tertentu Di Microsoft Word dapat meningkatkan proses pengeditan sebuah dokumen. Biasanya, proses pengeditan ini adalah sebuah proses yang cukup lama dilakukan sebab anda harus memeriksa satu per satu kata didalam artikel anda.

Nah biasanya kan saat kita mengetik ada kata-kata yang typo, kata-kata tertentu yang ketika kita tulis di dokumen Microsoft Word akan berganti dengan kata-kata yang asing seperti kata Cuma-Cuma dimana kata C-nya secara otomatis diganti dengan huruf besar.

Sebenarnya, ini juga dipengaruhi karena pengaturan bahasa di Microsoft Word. Pengaturan bahasa ini dapat disetel dibagian Review> Langugage> Set Proofing Languange dan Pilih Bahasa yang ingin anda gunakan untuk membantu pengetikan seperti Bahasa Indonesia.

Baca Juga : Cara Buat Catatan Kaki Di Microsoft Word Dengan Mudah Dan Berhasil

Selain itu, dengan pengaturan bahasa ini garis merah yang terletak dibagian bawah kata yang diketik akan menghilang. Garis merah ini biasanya untuk menggambarkan kesalahan kata dalam pengetikan. Namun banyak orang yang tidak ingin repot mengatur pengaturan bahasa ini, salah satu alasannya adalah karena setiap kali hendak membuka MS Word, atau membuat dokumen baru, pengaturan bahasa harus di setel.

Cara Mengganti Teks Tertentu Di Microsoft Word Dengan Cepat

Nah salah satu solusinya adalah tetap mempertahankan pengaturan bahasa default dan melakukan pengeditan nantinya. Pengeditan ini dapat dilakukan dengan manual atau bisa juga dengan memanfaatkan fitur Replace yang terdapat di Microsoft Word untuk mempercepat proses pengeditan.

Baca Juga : Cara Mengganti Ikon Folder di Windows 10 

Disini saya akan memberikan cara untuk mengedit dokumen di MS Word dengan cepat. Ada dua cara yang biasa saya gunakan. Dua cara ini adalah dua cara untuk memanfaatkan fitur Shortcut di MS Word. Sebenarnya juga, dua cara yang akan saya terangkan disini cara kerjannya sama hanya prosesesnya untuk penggunaan fiturnya saja yang berbeda. Lalu bagaimana caranya? Simak selengkapnya artikel ini.

Cara Pertama dengan Menggunana Fitur Replace

1. Silahkan buka Microsoft Word atau dokumen tertentu di MS Word yang ingin anda ganti teksnya dengan cepat

Cara Mengganti Teks Tertentu Di Microsoft Word Dengan Cepat

2. Setelah itu, dibagian bar Home, cari menu Replace yang terletak dibagian kiri bar Editing atau silahkan klik saja Ctrl + H

3. Disini anda akan diarahkan pada menu Find and Replace seperti pada gambar dibawah ini

Cara Mengganti Teks Tertentu Di Microsoft Word Dengan Cepat

4. Jika sudah silahkan masukan kata atau teks tertentu di Microsoft Word yang ingin diganti semuanya dengan cepat. Pertama-tama, masukan dulu kata yang ingin diganti lalu setelah itu masukan kata yang ingin diganti tadi dengan kata lain yang berbeda

5. Jika sudah silahkan klik Replace All maka secara otomatis kata yang ingin diganti itu sudah tergantikan

Nah sampai disini anda sudah mengganti keseluruhan kata atau teks tertentu di MS Word Dengan Cepat. Sebenarnya ada cara lain untuk mengakses fitur replace ini. Cara kedua ini diulas pada artikel dibawah ini

Cara mengganti Teks Tertentu Dengan Shortcut

Cara kedua ini menggunakan shortcut alias memanfaatkan fitur dari MS Word itu sendiri. Berikut cara mengganti teks tertentu di MS word menggunakan shortcut

1. Silahkan buka Microsoft Word atau dokumen apa saja yang dapat anda gunakan sebagai contoh. Usahakan, pilih dokumen yang ada isinya

2. Setelah itu, silahkan klik menu Navigasi atau Klik Saja Ctrl + F

3. Di Bar Search Dokumen, klik tombol Search For More Thing atau tombol yang terletak di sebelah kiri gambar pencairan. Lihat pada gambar dibawah ini

Cara Mengganti Teks Tertentu Di Microsoft Word Dengan Cepat

4. Setelah itu, klik submenu Replace

5. Setelah anda mengklik menu tersebut anda akan diarahkan pada menu Find and Replace

Cara Mengganti Teks Tertentu Di Microsoft Word Dengan Cepat

Silahkan masukan kata tertentu yang ingin diganti. Sebagai contoh, jika anda ingin mengganti artikel kata saya dan menggantinya dengan kata aku, silahkan masukan kata Saya Find What lalu masukan kata aku di kolom Replace With.

6. Jika sudah, klik Replace All

Sampai disini anda telah mengganti satu kata dengan cepat di Microsoft Word. Jika itu hanya sebagai contoh silahkan klik CTRL + Z untuk mengembalikan file ke bentuk sebelumnya.

Ada beberapa manfaat lain ketika menggunakan fitur Replace ini, antara lain anda dapat menemukan semua kata yang salah atau typo, bisa langsung mencari kata tertentu dan anda bisa menggantinya langsung dari sini tanpa harus menggantinya satu per satu. Nah demikiana demikian artikel tentang cara mengganti dokumen di Microsoft Word dengan Cepat. Semoga artikel ini bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *