Cara Mengganti Ikon Folder di Windows 10 Dengan Cepat

3 Likes Comment
Cara mengganti ikon Folder di Windows
Cara Mengganti Ikon Folder di Windows 10 Dengan Cepat – Di berbagai versi Windows, entah itu Windows 7, 8.1 dan 10, memungkinkan anda untuk mengganti ikon folder. Disini juga anda bisa menggunakan ikon folder khusus buatan anda sendiri yang disimpan di drive anda.

Dalam aritkel kali ini saya coba ulas bagaimana cara mengubah ikon folder di Windows. Pada tutorial ini, saya menggunakan Windows 10 sebagai contoh. Namun, model pembuataannya hampir sama dengan yang ada di versi windows sebelumnya.

Cara mengganti icon Folder di Windows 10

Sebelum membahas lebih jauh lagi, ada baiknya anda mengetahui cara ini hanya berlaku untuk satu folder saja yang telah anda tentutkan sebelumnya. Jadi, jika anda ingin mengganti sebagian besar folder yang anda gunakan, baiknya anda menggantinya satu per satu.

Nah berikut cara untuk mengubah salah satu ikon folder di Windows 10. Bagaimana caranya? Baca tutorial ini sampai habis. Namun sebelum lanjut ada baiknya anda tahu bahwa ikon folder yang anda ganti nantinya tergantung pada bentuk gambarnya sehingga ketika anda memilih gambar yang kecil, maka tampilannya akan seperti itu dan tidak bisa diubah menjadi lebih besar lagi.

Baca Juga : Cara Buat Catatan Kaki Di Microsoft Word

Jika anda ingin menggantinya dengan tampilan gambar yang besar, silahkan pilih gambar yang besar. Untuk mengubah ikon folder di Windows 10, ikut cara-cara dibawah ini:

1. Buka desktop PC  atau laptop> lalu klik File Exproler

Setelah itu, silahkan pilih folder mana yang ingin anda ganti iconnya. Disini anda bebas memilih icon folder yang ingin anda ganti, sebagian besar icon folder dapat diganti kecuali itu yang tidak dizinkan administrator. Untuk mengakses file Explorer anda bisa klik Win + E sebab ini adalah shortcut explorer di Windows.

2. Jika sudah, silahkan klik Kanan pada menu konteks yang muncul

Cara Mengganti Ikon Folder di Windows Dengan Cepat Mudah

3. Di jendela Properties> Costumize

4. Setelah itu klik Change Icon

Cara Mengganti Ikon Folder di Windows Dengan Cepat Mudah

5. Pada dialog berikutnya, pilih ikon baru yang ingin anda jadikan icon Windows sesuai dengan keinginan anda

Cara Mengganti Ikon Folder di Windows Dengan Cepat Mudah

Jika anda mempunya ikon sendiri, silahkan klik Browse lalu cari ikon yang hendak anda gunakan. Jika anda belum memilikinya, silahkan lihat daftar Icon disini. Anda juga bisa membuat icon folder sendiri menggunakan foto diri anda.

Langkah 5. Klik Save

Tips: sebenarnya ada banyak tersedia icon folder di Windows, semua icon tersebut tersedia di beberapa file berikut ini:

  • C:Windowssystem32shell32.dll
  • C:Windowssystem32imageres.dll
  • C:Windowssystem32moricons.dll
  • C:Windowsexplorer.exe

Nah itu dia cara mengubah icon di Windows 10 dengan cepat dan mudah. Tetapi, bagaimana dengan icon yang terdapat di library? Bukankah idak memiliki tab kostumisasi? Tenang, saya juga akan mengulas untuk anda tentang cara menrubah icon di menu Library.

Cara Mengubah Icon folder di Menu Library

Misalnya, jika anda mengklik salah satu folder yang terdapat di menu library ini mungkin anda akan terkejut bahwa di tab menu tersebut tidak ada menu kostumisasi. Tab Kostumisasi ini disembunyikan dan hanya tersedia untuk versi aslinya.

Baca Juga : Cara Mudah Sembunyikan File di Windows 10

Untuk mengubah icon folder yang termasuk dalam perpustakaan, lakukan hal dibawah ini:

  1. Buka Library
  2. Setelah itu klik pada  folder yang ingin diganti iconnya> Klik Kanan> lalu cari tulisan Open folder location di menu konteks tersebut
  3. Setelah mengkliknya, folder target akan terbuka di jendela explorer yang lain. Ini adalah lokasi fisik asli dari folder tadi, sehingga anda sudah bisa mengubah iconnya disini
  4. Untuk mengubah folder lakukan hal yang sama seperti yang dijelaskan dibagian atas

Lalu bagaimana jika ingin mengembalikan icon folder ke versi biasanya atau defaultnya? Untuk melakukan ini silahkan ikuti langkah-langkah ini.

Cara mengembalikan icon folder ke versi default

Untuk mengembalikan icon folder ke versi defaultnya anda tinggal masuk pada menu-menu yang sama seperti yang saya ulas diatas. Berikut cara-caranya.

1. Silahkan buka folder yang ingin anda kembalikan ke versi sebelumnya. Disini berarti anda memilih folder yang telah anda ganti iconnya

2. Setelah itu, klik kanan untuk membuka menu Konteks> klik Properties

Cara Mengganti Ikon Folder di Windows Dengan Cepat Mudah

3. Jika menu Properties telah terbuka, langkah selanjutnya masuk ke menu Costumize> lalu klik menu Change icon

4. Setelah masuk ke menu Change Icon> lalu klik tombol Restore Defaults untuk mengembalikan icon folder ke versi defaultnya

Cara Mengganti Ikon Folder di Windows Dengan Cepat Mudah

5. Klik OK

Nah sampai disini anda sudah bisa mengembalikan icon folder yang anda ubah tadi ke versi defaultnya. Demikian artikel tentang cara mengganti ikon folder di Windows 10 dengan cepat dan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *