Cara Mengetahui Tema Blogger dan WordPress Orang Lain

1 Like Comment
cara mengetahui template wordpress yang dipakai orang lain

Ada beberapa cara mengetahui tema Blogger dan WordPress orang lain. Cara ini bisa anda coba apalagi jika anda ingin menggunakan template yang sama dengan tema Blogger atau WordPress yang menurut anda keren.

Terkadang, karena desainnya yang baik banyak Blogger tertarik menggunakan template atau tema yang sama dengan orang lain baik untuk platform WordPress dan Blogger.

Setiap platform dibentuk dari berbagai kode CMS, CSS dan kode-kode lain yang terselip. Kode ini dapat dibaca oleh browser sehingga membuat tampilan website berbeda satu dengan yang lain.

Sebenarnya juga, ada banyak cara untuk mengetahui dan mengidentifikasi tema yang dipakai orang lain termasuk versi dan kode CSSnya.

Hanya saja, untu menghindari duplikasi karya dan hak cipta anda tidak bisa melihat kode secara utuh dikarenakan dikarenakan masalah hak cipta.

Hingga saat ini ada jutaan template yang siap dipakai. Ada tempate yang dibuat khusus dan ada juga template yang dijual dengan harga yang cukup murah.

Jika dibandingkan dengan WordPress, tema Blogger jauh lebih murah. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya yang cenderung lebih sederhana ketimbang WordPress.

Nah untuk anda yang ingin melihat atau mencari tema orang lain, baik itu untuk platform WordPress atau Blogger silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini.

Cara Mengetahui Tema Blogger dan WordPress Yang Dipakai Orang Lain

Seperti yang sudah dijelaskan dibagian atas, template atau tema orang lain bisa dilihat oleh anda. Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi atau bisa juga menggunakan berbagai metode khusus yang sederhana.

Dan ada beberapa tools yang tersedia di internet yang memungkinkan anda mengetahu nama, versi dan pembuat template Blogger dan WordPress yang dipakai orang lain.

Baca Juga : Berapa Lama Agar Viewers Blog Mencapai 100 Pengunjung Per Hari?

Meski ada beberapa tools hanya bisa mengidentifikasi nama templatenya namun setidaknya tujuan anda sudah terpenuhi.

Nah untuk anda yang ingin mengetahui template Blogger dan WordPress yang dipakai orang lain, anda bisa mengikuti beberapa metode yang saya ulas dibawah ini.

Cara mengetahui template Blogger orang lain

Template Blogger dibangun berdasarkan kode XHTML sederhana. Setiap template yang dibuat dengan kode ini menggunakan namespace [xhtmls] yang sudah ditentukan sebelumnya.

Beberapa pembuat template biasanya menyisihkan kredit pembuat template nama template dibagian atas sebelum kode </style> atau dibagian kaki tema atau footer.

Apalagi para pengguna template gratisan, kode-kode ini adalah sesuatu yang wajib dan tidak boleh dihilangkan karena berkaitan dengan hak cipta pengguna.

Saat di klik, kode itu akan mengarahkan anda ke website pembuat template. Nah untuk anda yang ingin mengetahui template Blogger yang dipakai oleh orang lain, anda bisa mengikuti langkah dibawah ini, antara lain:

  1. Silahkan buka website yang ingin anda lihat template yang digunakan
  2. Setelah itu silahkan klik kanan> Inspect Elemen atau jika anda kesulitan anda bisa klik Ctrl+U
  3. Jika sudah terbuka silahkan cari nama template dan pembuatnya yang biasanya terletak dibawah dari kode </style> atau terkadang penempatannya dibagian bawah Footer. Jika anda menggunakan inspect silahkan cari kode seperti gambar dibawah ini:cara mengetahui template blogger orang lain
  4. Jika sudah ketahui nama template silahkan cari saja di Google
  5. Selesai

Cara ini sangat mudah dan gampang sekali. Ada baiknya juga jika anda sudah mengetahui template yang digunakan oleh orang lain dan anda tertarik menggunakannya, belilah template yang asli. Ini bertujuan untuk menghargai hasil keringat developer yang sudah cape-cape buatin template tersebut.

Jika blog tersebut menggunakan template gratisan anda bisa langsung klik link kredit yang biasanya terletak dibagian footer.

Baca Juga : Tips Menulis Artikel Panjang Untuk Blog

Dalam beberapa kasus, nama pembuat template dan jenis tema dihilangkan oleh pemilik situs untuk alasan personal dan eksklusifitas.

Oleh karena itu, langkah paling bagus untuk mengetahui template orang lain sekaligus versi yang digunakan ada baiknya anda menghubungi admin blog.

Cara mengetahui template WordPress yang dipakai orang lain

Jika para pengguna WordPress, kode yang diberikan sangat sulit untuk mengetahui siapa pembuat template dan nama template. Oleh karena itu, dibutuhkan tools yang bisa membaca kode-kode dan url pembuatnya.

Sebagian besar tema WordPress memiliki template default dengan kode yang dibuat khusus untuk menghasilkan output HTML pada bagian tertentu dalam situs web.

Sehingga, anda bisa memasukan kode tambahan disetiap bagian template. Kode-kode tambahan ini seperti Plugin baik yang anda buat sendiri atau yang sudah tersedia di direktori plugin WordPress.

Baca Juga : 9 Cara Mengoptimalkan Konten Yang Terbukti Berhasil

WordPress juga memiliki hirarki template apabila suatu template tidak memiliki kode Single.php untuk alasan tertentu maka WordPress akan secara otomatis mengembalikan ke versi umum yakni index.php

Dengan kata lain, meskipun anda menggunakan Inspect Elemen kode tersebut mungkin tidak terlihat. Apalagi jika template tersebut adalah template premium.

Nah untuk mengetahui nama template WordPress yang digunakan orang lain anda bisa menggunakan beberapa dibawah ini. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Silahkan buka nama website yang ingin anda tahu templatenya
  2. Jika sudah, silahkan copy url blog yang ingin anda ketahui nama templatenya
  3. Setelah itu buka situs wpthemedetector atau klik saja pada tautan ini
  4. Disini silahkan masukan url di kolom yang tersedia
  5. Jika sudah silahkan klik pada tulisan Experience the magic of WPTD
  6. Jika sudah silahkan tunggu prosesnya sampai selesaicara mengetahui tema wordpress orang lain

Nah sampai disini anda sudah disajikan nama template plus pembuatannya dan dimana ia membelinya. Ada juga detail-detail lain yang ditampilkan seperti pembuat tema dan versinya.

Sebenarnya juga ada beberapa tools lain yang memungkinkan anda untuk mengecek template WordPress yang dipakai oleh orang lain mulai dari Satori Studio [WordPress theme Detector], Scan WP, WordPress theme Search, IsItWP dan juga What Theme.

Sama seperti cara mengetahui template Blogger orang lain yang sudah dijelaskan dibagian atas bahwasanya langkah paling akurat untuk mengetahui template WordPress yang dipakai orang lain adalah dengan menanyakannya langsung kepada admin.

Baca Juga : Perbedaan Menggunakan Template Gratisan dan Premium

Perlu anda ketahui juga, beberapa situs web besar seperti misalnya, alodokter.com dan lain sebagainya dibangun dengan tema khusus yang mandiri.

Sehingga anda tidak bisa mencari tahu nama pembuat template meskipu anda menggunakan tools diatas. Begitu juga terlebih situs-situs mapan yang namanya sudah dikenal banyak orang.

Penutup

Langkah-langkah diatas sebenarnya sangat sederhana. Dengan mengetahui nama template orang lain anda bisa menggunakan template yang sama.

Asalkan template tersebut dikomersialkan alias bisa dijual kepada orang lain. Untuk WordPress, rata-rata template dibeli lewat Themeforest dan beberapa toko template WordPress lain.

Sementara, jika anda menggunakan Blogger, ada baiknya anda membeli template yang premium. Selain support, ada banyak keuntungan lain jika menggunakan template premium Blogger.

Beberapa website juga tidak dibangun di dua platform tersebut, yang berarti templatenya dibuat sendiri dan tidak untuk di komersialkan alias eksklusif.

Jadi meskipun anda menggunakan tools manapun, ia tak akan bisa dideteksi kode-kode yang ada didalamnya. Biasanya, website-website tersebut adalah website besar. Jika di Indonesia template-template seperti alodokter, media seperti kompas serta liputan6.

Nah demikian artikel tentang cara mengetahui tema Blogger dan WordPress yang digunakan oleh orang lain. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *