Begini Cara Mengetahui Password Wifi Menggunakan CMD

5 Likes Comment
Cara Melihat Pasword Wifi Dengan CMD

Cara Mengetahui Password Wifi Menggunakan CMD – Untuk mengetahui password Wifi ada dua cara, pertama menggunakan CMD dan yang kedua menggunakan fitur bawaan dari Windows.

Jika anda ingin melihat password Wifi menggunakan fitur bawaan Windows maka anda bisa membaca artikel saya yang berjudul Cara Terbaru Melihat Pasword Wi-Fi dan Hotspot Di Windows 10.

Sebenarnya di artikel ini yang mengulas hal yang sama, namun caranya saja yang berbeda. Jika sebelumnya menggunakan property wireless kini menggunakan fitur command prompt.

Metode untuk melihat password wifi juga sama, yakni harus menggunakan password wifi yang sudah pernah terhubung ke laptop/PC sebelumnya. Jika tidak, maka mustahil untuk melihat password Wifi tersebut.

Sebab saat ini sebagian besar sistem keamanan WIfi sudah dilapisi dengan enskripsi ganda WPSKA sehingga terkadang akan sangat sulit untuk melihat password Wi-fi yang belum pernah terhubung.

Dan yang paling penting yang harus anda ketahui juga sebelum melihat password Wifi disini adalah usahakan password tersebut belum di ubah.

Kalau sudah ubah, maka anda hanya akan melihat password lama yang masih tersimpan pada sistem operasi windows, dan mungkin hasil yang muncul blank.

Lalu bagaimana cara melihat password Wifi menggunakan CMD? Sebelum lanjut, baiknya anda mengetahui apa itu CMD terlebih dahulu.

Apa itu CMD?

Command Prompt yang kemudian disingkat menjadi CMD adalah sebuah perintah dasar untuk mengakses fitur-fitur dasar windows atau untuk melakukan pembaharuan sistem.

Ada ribuan perintah CMD yang sudah dibuat oleh Microsoft namun sebagian besar perintah tersebut berupa protokol standar untuk mengakses dari dan ke suatu sistem. CMD juga ada di semua sistem komputer Windows.

Fungsi CMD sebenarnya sangat banyak namun masih banyak dari anda yang belum tahu. Selain itu fungsi ini bahkan bisa dimanfaatkan lebih jauh untuk melakukan peretasan, melihat patch keamanan suatu sistem, melihat data-data tertentu suatu komputer, melihat password Wifi dan lain sebagainya.

Dan benar, CMD memungkinkan anda untuk melihat Password Wifi atau hotspot yang sudah pernah terhubung ke perangkat anda sebelumnya.

Meskipun Wifi atau Hotspot sudah dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis namun ternyata masih terdapat celah yang memungkinkan anda untuk melihat password Wifinya.

Baca Juga : Cara Defrag Drive di Windows 10 Terbaru

Sebelumnya, kalau anda akrab dengan CMD mungkin untuk melihat password Wifi sangat gampang sebab anda tinggal memasukkan perintah-perintah dasar seperti netsh wlan, netsh wlan show profile sembari memasukkan nama Wifi yang sudah pernah terhubung sebelumnya.

Alasannya sederhana, karena cara tersebut terkadang tidak menunjukan password untuk beberapa perangkat karena alasan tertentu atau karena perubahan keamanan.

Nah, salah satu langkah yang pasti untuk melihat password Wifi di Windows 10 adalah dengan menggunakan CMD.

Cara Mengetahui Password Wifi Menggunakan CMD

Sebelum lanjut ke pembahasan, saya ingatkan sekali lagi, bahwa untuk melihat password Wifi menggunakan cara ini saya pastikan perangkat atau laptop yang anda gunakan sudah pernah terhubung ke Wifi yang hendak anda lihat passwordnya.

Yang berarti, password wifi tersebut tersimpan pada sistem perangkat. Selain itu, jika password Wifi itu telah di ubah, maka anda akan password lama dan bukan password yang baru.

Lalu bagaimana cara mengetahui password Wifi menggunakan CMD? Berikut langkah-langkahnya :

  1. Silahkan buka laptop/PC yang digunakan
  2. Setelah terbuka silahkan buka CMD atau masukan saja shortcut WIN + R lalu ketikan CMD untuk membuka Command Prompt seperti pada gambar dibawah iniCara Melihat Pasword Wifi Dengan CMD
  3. Setelah itu, ketikan kode ini didalam CMD netsh wlan show profile “Ngengo” key=clear. Tanda petik menunjukan nama Wifi, silahkan ganti saja sesuai dengan nama Wifi yang anda ingin lihat passwornya. Tetap sertakan tanda petik [“”]Cara Melihat Pasword Wifi Dengan CMD
  4. Tekan enter untuk eksekusi perintah di CMD
  5. Setelah itu silahkan scrool ke bawah lalu lihat pada tulisan Key Content [seperti pada gambar dibawah ini] karena di situlah passwordnya beradaCara Melihat Pasword Wifi Dengan CMD

Cara ini sangat gampang ketimbang menggunakan cara sebelumnya. Sebab kalau cara sebelumnya membutuhkan langkah-langkah mendasar dan umum.

Namun dengan CMD langkah-langkah itu jadi lebih mudah dan gampang apalagi jika anda ingin membagikan password Wifi tersebut kepada teman kantor, kawan dan orang lain.

Penutup

Banyak yang mengira bahwa melihat password wifi itu sulit. Sebenarnya gampang, asalkan password Wifi tersebut belum pernah diganti dan sudah pernah terhubung ke perangkat sebelumnya.

Disisi lain, banyak yang mengira, artikel ini akan memberikan tutorial tentang cara membobol Wifi menggunakan CMD.

Perlu anda ketahui, membobol keamanan Wifi untuk mengetahui passwordnya itu tidaklah mudah. Atau tidak semudah dengan tutorial-tutorial yang ada di internet.

Karena, patch keamanan wifi yang terus menerus ditingkatkan. Selain itu, anda harus membangun sistem untuk mencari celah pada Wifi demi mengetahui passwordnya.

Nah demikian artikel tentang cara melihat password Wifi menggunakan CMD. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *