Cara Mengecek Broken Link Didalam Postingan Blog

3 Likes Comment
cara mengecek broken link didalam postingan

Cara Mengecek Broken Link Didalam Postingan Blog – Tanpa anda sadari, broken link bisa mempengaruhi performa blog anda, termasuk soal SEO dan posisi anda di mesin telusur.

Walaupun anda sudah menerapkan SEO yang baik di blog anda, tapi kalau terlalu banyak link yang rusak di blog ada tetap saja mempengaruhi performa blog anda.

Jadi, salah satu upaya untuk terus menjaga kesehatan blog anda adalah dengan mengecek link-link apa saja yang sudah rusak di blog anda tersebut.

Apa itu broken Link?

Broken link adalah link-link yang rusak yang ada didalam blog anda. Link yang rusak itu muncul dengan kode 404 dan 505. Selain berdampak di mesin telusur, link yang rusak itu akan membuat posisi anda di mesin telusur anjlok.

Baca Juga : Cara Menempatkan iFrame Google Maps Didalam Postingan Blog

Link yang rusak ini terbagi menjadi dua macam, yang pertama adalah link internal dan yang kedua adalah link eksternal. Salah satu faktor kunci dari SEO adalah link-link tersebut. Jika blog ada menerapkan teknik SEO link internal dan eksternal, maka wajib bagi anda untuk memeriksa link-link tersebut.

Dan, kabar baiknya ada banyak sekali tools yang di internet yang memang khusus untuk memeriksa link rusak. Salah satu yang terbaik, yang akan dibahas disini adalah Link Broken Checker. Lalu bagaimana cara mengecek link Broken di Blog? Berikut caranya.

Cara Cek Broken Link

Untuk mengecek Broken Link, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Silahkan masuk ke Broken Link Checker atau klik saja tautan ini
  2. Langkah kedua, setelah masuk, silahkan anda memasukan URL blog anda yang terletak dibagian kiri atasCara Mengecek 'Broken Link' Didalam Postingan Blog
  3. Masukan kode kemananan yang berupa angka dan hurufCara Mengecek 'Broken Link' Didalam Postingan Blog
  4. Setelah memasukan kode keamanan, lalu tekan tombol Find Broken Link Now. Tunggu prosesnya sampai selesaiCara Mengecek 'Broken Link' Didalam Postingan Blog

Jika artikel anda sudah diatas seribu artikel, maka ini prosesnya akan sedikit lama. Tetapi jika artikel anda masih sedikit, maka prosesnya tidak terlalu lama. Jadi, anda bisa menunggu sambil minum kopi ataupun bisa sambal mengetik konten untuk blog anda.

Cara Memperbaiki

Setelah hasilnya selesai, anda akan disuguhkan daftar-daftar link yang rusak. Hebatnya lagi, broken link selain mendeteksi link yang rusak juga memberi petunjuk dimana link itu rusak.

Untuk mengecek halaman yang rusak, silahkan klik saja pada URL yang ada, atau jika anda ingin mengecek dimana link itu, silahkan klik saja pada urc.

Baca Juga : Idealnya, Satu Orang Punya Berapa Blog?

Jika anda sudah mengetahui link mana yang rusak, silahkan pergi ke dashboard blogger anda, lalu cari artikel yang didalamnya ada link yang rusak.

Setelah itu, check dan ganti dengan URL yang lain. Selain dapat mengecek link yang rusak, 404, Link Broken juga memberi tahu link-link keluar yang berdampak buruk bagi performa blog anda. Biasanya ditunjukan dengan kode Bad Host.

Jika ada link keluar dari blog anda yang memiliki Bad Host, maka ada dua kemungkinan: Website tersebut sudah mati, dan kedua, website tersembut berkualitas buruk. Silahkan ganti saja URL tersebut untuk menjaga kesehatan blog anda.

Baca Juga : 3 Jenis Broken Link Yang Berbahaya Untuk Blog

Nah demikian artikel tentang cara mengecek broken link didalam postingan. Menurut saya, tools Broken Link Checker adalah yang terbaik saat ini untuk mengecek link rusak di blog anda. Selain itu, tools ini dapat sepenuhnya gratis digunakan oleh siapa saja dan kapan saja.

Untuk anda yang ingin mengecek link broken, link berkualitas buruk, atau link yang sudah mati silahkan ikuti cara-cara diatas. Jika anda punya pertanyaan, masukan atau kritikan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *